Saturday, June 25, 2016

Jejak – Jejak peninggalan Sejarah Pada Masa Lampau

Jejak – Jejak peninggalan Sejarah Pada Masa Lampau

Jejak peninggalan sejarah pada masa lampau. Jejak – jejak peninggalan sejarah pada masa yang lampau di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Maka kita perlu menggetahuinya guna menambah pengetahuan dan wawasan tentang peninggalan – peninggalan sejarah pada masa lampau. Jika kita mengetahui peristiwa atau peninggalan – peninggalan sejarah pada masa lampau maka kita bisa menyampaikan pada generasi – generasi berikutnya. Jejak – jejak masa lampau ini bisanya dapat berupa benda atau non benda, monument, peringatan, foklor, mitologi, legenda, upacara dan lagu daerah. Semua jejak – jejak tersebut kita harus mengetahui walau hanya sebagiannya saja dan harus tahu cara membedakannya. Jejak – jejak peninggalan sejarah yaitu sebagai berikut :

1. Peninggalan sejarah

Peninggalan sejarah merupakan benda – benda hasil kebudayaan manusia pada masa yang lampau. Peninggalan sejarah pada masa lampau sangatlah banyak dan beragam. Wujud peninggalan sejarah ini dapat berupa bangunan, peralatan rumah tangga, perhiasan, tempat pemujaan dll. Di Indonesia peninggalan sejarah berupa fosil, lukisan pada dinding gua, alat – alat dari batu dan tulang. Pada zaman pengaruh Hindu – Budha di Indonesia banyak peninggalan sejarah yang berupa candi dan prasasti. Sedangkan pada zaman pengaruh islam di Indonesia banyak peninggalan sejarah yang berupa makam orang – orang yang telah menyebarkan agama islam seperti walisanga dan bagunan masjid yang dibangun oleh para wali. Contoh benda peninggalan sejraah di Indonesia yaitu :
  • Menara Kudus yang dibangun oleh sunan Kudus sebagai peninggalan wali sangga.
  • Candi Borobudur, prambanan, kalasan dll merupakan peniggalan zaman Mataram kuno.
2. Peristiwa sejarah.

Peristiwa sejarah yang terjadi pada kehidupan masyarakat akan memberikan dampak bagi masyarakat baik itu positif maupun negatif. Dampak positif yaitu akan membawa perubahan menuju kerah yang lebih baik. Contohnya, peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia memberikan dampak positif bagi Indonesia karena menyatakan bahwa bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan.  Sedangkan dampak negatif yaitu akan menimbulkan kegelisahan dalam kehidupan masyarakat.  Contohnya, jatuhnya rezim orde baru pada tahun1998 memberikan dmapak negatif bagi Indonesia karena kehidupan bangsa Indonesia menjadi tidak menentu.

3. Monumen peringatan peristiwa sejarah

Monumen juga termasuk jejak peninggalan sejarah. Di Indonesia peninggalan sejarah berupa monument sangatlah banyak. Monumen merupakan sebuah bangunan yang berbentuk tugu. Monumen ini sengaja dibangun sebagai tanda bahwa tempat tersebut pernah terjadi peristiwa sejarah yang penting. Contoh monumen yaitu : Monumen Pacasila Sakti Lubang Buaya yang ada di Jakarta dibangun untuk menganang para pahlawan pada saat mempertahankan ideologi Pancasila. Dan Tugu Muda di Semarang yang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran Lima Hari di Semarang

4. Folklore, Mitologi, Legenda dan Upacara Adat
  • Folklore, yaitu bagian dari suatu kebudayaan yang diwariskan secraa turun - temurun dalam bentuk lisan maupun tertulis. Ciri – ciri folklore yaitu diwariskan pada generasi muda secara lisan, bersifat tradisional namun relative tetap, bersifat anonym dan memilki bnetuk yang sama.
  • Mitologi, yaitu cerita rakyat tentang makhluk halus dan dianggap benar – benar ada. Mitologi ini juga dapat berupa cerita tentang asal mula manusia yang diungkapkan dengan cara – cara gaib. Ciri – ciri mitologi yaitu : berupa cerita prosa rakyat, ceritannya dianggap benar – benar terjadi dan dianggap suci.
  • Legenda, yaitu cerita rakyat pada masa lampau yang disampaikan secara turun – temurun tentang terbentuknya suatu wilayah, daerah dsb. Cerita legenda ini dianggap benar – benar ada tetapi tidak dianggap suci.
  • Dongeng, yaitu cerita rakyat yang tidak dianggap benar – benar terjadi hanya untuk melukiskan kebenarannya saja.
  • Upacara adat, yaitu upacara yang ditujukan untuk mencari hubungan dengan tuhan, para dewa, atau makhluk – makhluk yang gaib atau telah mati.
Demikanlah yang dapat saya sampakan tentang jejak – jejak peninggalan sejarah pada masa lampau. Semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system