Tuesday, June 7, 2016

Faktor Pembentuk Kepribadian Seorang Individu

Faktor Pembentuk Kepribadian Seorang Individu


Faktor pembentuk kepribadian seorang individu. Faktor pembentuk kepribadian manusia dipengaruhi dengan kebudayaan sekitarnya. Selain itu agama yang dianut, profesi, cara hidup yang berbeda (antara kota dan desa) juga akan mempengaruhi kepribadian seseorang. Kepribadian merupakan suatu yang individu lakukan setiap harinya atau kebiasan individu dan menjadi karakteristik seseorang.

1. Pengertian

Setiap individu pasti memiliki pasti memiliki sifat yang berbeda – beda dari individu satu dengan yang lainnya. Kepribadian tumbuh jika seorang individu memiliki pengalaman sosial. Karena kepribadian sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Kepribadian adalah suatu kebiasaan seseorang yang bersifat tetap dan menjadi karakteristik seseorang. Dan pasti semua individu memiliki kepribadian yang berbeda.

2. Faktor yang menjadi dasar perilaku individu

Faktor yang menjadi dasar perilaku individu yaitu faktor biologis, faktor psikologis, dan faktor sosiologis. Setiap individu pasti memilki faktor tersebut dan saling berbeda dengan individu lainnya. Penjelasan faktor – faktor tersebut yaitu sebagai berikut :
  • Faktor Biologis, faktor yang langsung mempengaruhi kepribadian atau disebut faktor keturunan. Faktor ini dapat memudahakan dalam pergaulan dan agar individu menjadi mandiri.
  • Faktor Psikologis, faktor yang membentuk kepribadian melalui unsur – unsur perasaan dan kemampuan dalam belajar. Faktor ini sering bersifat kejiwaan. Contohya emosi yang diturunkan orang tua dan diwarisi oleh anaknya.
  • Faktor Sosiologis, faktor yang membentuk kepribadian dengan sikap dan perilaku agar sesuai dengan perilaku kelompoknya. 

3. Faktor yang menentukan kepribadian

Selain faktor yang menjadi dasar perilaku individu, faktor yang menentukan kepribadian juga menjadi dasar kepribadian. Kepribadian terbentuk sejalan dengan proses sosialisasi. Ada 4 faktor yang menentukan kepribadian yaitu sebagai berikut :

a. Warisan Biologis

Warisan biologis adalah warisan yang sangat berpengaruh dalam pergaulan sosial. Warisan biologis disebut juga faktor keturunan. Warisan biologis ini memudahkan dalam menyalurkan bakat dan minat seseorang. Misalnya : seseorang bakat menari, belum tentu ia bisa menjadi penari. Jika dia tidak mengembangkan bakatnya.

b. Warisan Lingkungan Alam

Warisan lingkungan alam adalah kebudayaan yang dipengaruhi oleh lingkungan alam. Contohnya perbedaan iklim, topografi dan sumber daya alam. Dan mengakibatkan manusia menyesuaikan diri dengan lingkungan alam. Misalnya : seorang yang hidup dipantai memilki watak yang keras karena untuk mempertahankan hidupnya. Berbeda dengan orang yang hidup dipegunungan.

c. Warisan sosial

Waisan sosial juga akan mempengaruhi proses kepribadian seseorang. Manusia berusaha mengubah alam sesuai dengan kebudayaannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya : teknologi yang dimilki masyarakat akan diserap individu yang mengalami proses sosialisasi.

d. Kelompok manusia

Dalam hidup manusia pasti memiliki kelompok masyarakat. Setiap anggota pasti memiliki peranan yang diwariskan kepada anggota kelompoknya. Kelompok manusia sama halnya agen sosialisasi. Misalnya : dalam suatu keluarga tentu tidak ada yang sama. Pasti memiliki perbedaan dari fisik, pikiran, perasaan dan emosi.

4. Faktor yang menjadi dasar perkembangan kepribadian

Faktor yang menjadi dasar kepribadian seseorang ada 5 yaitu sebagai berikut :
  1. Sifat Dasar adalah sifat yang mendasari seseorang yang diwarisi oleh orang tuanya. Faktor ini terbentuk pada saat proses perkawinan.
  2. Lingkungan Prenatal adalah lingkungan pada saat individu masih dalam kandungan seorang ibu. Jika ibu menderita penyakit, maka dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi dalma kandungan.
  3. Perbedaan Individual. Setiap individu pasti memiliki perbedaan antara individu satu dengan yang lainnya. Contohnya warna kulit yang individu satu dengan yang lainnya mungkin berbeda.
  4. Lingkungan Hidup. Kondisi yang ada disekeliling individu yang dapat mempengaruhi proses sosialisanya. Misalya : nilai – nilai pandangan hidup.
  5. Motivasi. Kekuatan seorang dalam diri individu untuk melakukan sesuatu yang berhargaa. Dan didasari dengan dorongan dan juga kebutuhan.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang faktor pembentuk kepribadian manusia. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system