Tuesday, June 7, 2016

Hubungan Antara Gaya dan Gerak Dalam Kegiatan Sehari-hari

Hubungan Antara Gaya dan Gerak Dalam Kegiatan Sehari-hari

Hubungan antara gaya dan gerak. Hampir dalam setiap hari kita banyak menggunakan kegiatan yang berkaitan dengan gaya dan gerak. Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang dapat mempengaruhi kedudukan suatu benda. Gaya ini dapat menimbulkan perubahan gerak. Misalnya meja yang didorong akan bergerak karena adanya gaya dorong. Jadi gaya dapat mempengaruhi gerak suatu benda yang awalnya diam. Gaya dapat mempengaruhi suatu benda yang menyebabkan :
  1. Benda diam menjadi bergerak. Benda diam menjadi bergerak, karena benda yang semua diam bila digerakkan akan bergerak. Contohnya : mendorong mobil yang mogok, mendorong meja, menendang bola dll.
  2. Benda bergerak menjadi diam. Benda bergerak menjadi diam, karena benda yang sewaktu bergerak dan tiba – tiba dihentikan sehingga benda tersebut menjadi diam. Contohnya : mengerem sepeda sehingga menjadi lambat dan berhenti.
  3. Perubahan bentuk benda. Perubahan bentuk benda, karena benda yang berubah bentuk akibat terjadi sesuatu. Contohnya : saat kita menggunakan lilin, setelah meleleh akan berubah bentuknya.
  4. Perubahan arah gerak benda. Contohnya : pada saat kita menyundul bola, bola akan berubah arah.

A. Contoh permainan yang dapat bergerak karena adanya gaya


Banyak sekali permainan yang dapat bergerak kerana adanya gaya. Gaya mampu mengubah gerak suatu benda. Jika memberikan gaya pada suatu benda maka benda tersebut akan bergerak. Contoh benda yang dapat bergerak karena adanya gaya yaitu sebagai berikut :

1. Jungkat – jungkit

Permainan ini adalah termasuk pesawat sederhana jenis pengungkit. Permainan ini sering dimainkan oleh anak yang berusia TK atau SD. Jungkat – jungkit memiliki 3 bagian yaitu titik tumpu, kuasa dan beban. Titik tumpu terletak di bagian tengah. Beban terletak disalah satu ujung. Dan ujung yang lainnya disebut kuasa. Jungkat – jungkit ini dapat mengangkat beban menggunakan gaya (kuasa) yang lebih kecil dari berat bendanya. Jungkat- jungkit ini dapat bergerak jika kaki bersentuhan dengan tanah.

2. Katapel

Katepel digunakan dengan untuk melempar batu. Katapel ini terbuat dari kayu dengan 2 karet lalu diikat pada kedua sisinya. Cara menggunakannya pun cukup mudah hanya dengan ambil kerikil lalu pasang kerikil pada karet dan tarik lalu lepas. Makin kuat nariknya maka makin jauh kerikil akan terlempar. Tapi menggunakannya harus hati – hati. Pada saat kita menarik karet berarti kita memberikan gaya pada karet.

3. Traktor pegas

Traktor pegas adalah traktor yang jika bergerak menggunakan gaya pegas. Traktor pegas ini sama halnya dengan katapel. Traktor bergerak karena adanya gaya pegas. Pada saat roda diputar ke belakang, karet akan menggulung pada bilah bambu. Sehingga karet menjadi kencang. Gaya pegas ini dapat menggerakkan traktor bergerak maju.

B. Macam – macam gaya yaitu sebagai berikut :

  1. Gaya pegas adalah gaya yang terjadi akibat adanya tarikan dan dorongan terhadap banda yang sifatnya lentur. Contohnya : karet gelang yang ditarik.
  2. Gaya listrik adalah gaya yang terjadi karena adanya aliran listrik di dalam benda tersebut. Contohnya : penggaris mika yang digosokkan pada rambut yang kering sehingga dapat menarik potongan kertas yang kecil – kecil.
  3. Gaya gravitasi adalah gaya yang terjadi karena adanya gaya tarik bumi. Jika kita melempar benda ke atas maka lebih cepat turun kebawah daripada kita melempar benda ke atas pasti akan bergerak lama. Contohnya : buah kelapa yang jatuh dari pohon.
  4. Gaya magnet adalah gaya yang terjadi karena adanya tarikan magnet terhadap benda – benda yang terbuat dari logam. Contohnya : magnet batang yang didekatkan pada sekumpulan paku maku paku akan menempel pada magnet tersebut.
  5. Gaya gesek adalah gaya yang terjadi karena dua permukaan saling bergesekan. Makin halus permukaan maka makin kecil gaya geseknya dan makin kasar permukaan maka makin besar gaya geseknya. Contohnya : gesekan antara ban sepeda dengan permukaan jalan.

C. Faktor yang mempengaruhi gerak benda

Gerak suatu benda dipengaruhi oleh besar kecilnya gaya diberikan pada benda tersebut. Jika makin besar benda yang diberikan maka makin cepat gerak bendanya atau sebaliknnya. Misalnya pada saat kita merentangkan katapel, maka makin besar gaya yang kita berikan sehingga jaraknya semakin jauh begitu pun sebaliknya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang hubungan antara gaya dan gerak. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system