Thursday, June 2, 2016

8 Tips Mudah Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

8 Tips Mudah Mengatasi Anak Kecanduan Gadget 

Tips mengatasi anak kecanduan gadget. Semakin berkembangnya zaman, gadget terkadang menjadi barang yang sangat penting. Apalagi sekarang ini, banyak anak-anak yang sering bermain gadget dan semakin lama anak tersebut akan kecanduan. Terkadang keberadaan gadget sangat membantu orang tua, misalnya ketika anak sedang rewel kemudian di kasih gadget untuk bermain kemudian anak tersebut lama kelamaan akan berhenti menangis. Tetapi jika sering melakukan hal tersebut akan berdampak buruk bagi anak, sebab anak akan terbiasa diberi gadget saat menangis. Jika anak sudah asik bermain gadget maka anak tersebut jarang memperhatikan lingkungan sekitarnya. Sehingga anak akan kurang bersosialisasi terhadap temannya. 

Memang dengan menggunakan gadget, kita akan lebih mengetahui tentang segala hal lewat internet. Tetapi jika yang menggunakannya anak-anak bisa di salah gunakan dengan membuka hal-hal yang negatif, ini sering terjadi pada anak yang sudah mulai menginjak bangku sekolah. Gadget akan bermanfaat dengan baik jika digunakan dengan baik, tetapi gadget juga tidak bermanfaat jika digunakan dengan tidak baik. Pada dasarnya internet sangat membantu dalam berbagai hal dan untuk pelajar bisa digunakan untuk membantu mengerjakan PR. Anak-anak yang sering menggunakan internet untuk mencari tugas, maka akan berdampak anak menjadi malas untuk berpikir maunya dengan instan. 

Tanpa di sadari oleh orang tua, banyak anak yang sudah kecanduan gadget. Hal tersebut masih di anggap sepele oleh orang tua, sebab orang tua menganggap bahwa zaman sekarang adalah zaman memakai gadget. Kalau belum memakai gadget berarti masih ketinggalan zaman. Orang tua belum mengerti saja bahwa kecanduan gadget sangat berbahaya bagi anak sebab kecanduan gadget dapat mengganggu psikis dan fisik anak. Anak-anak yang sudah kecanduan gadget, mereka rela menghabiskan waktunya hanya untuk bermain gadget. Mereka bahkan bisa bermain hingga berjam-jam tanpa mengenal rasa lelah. Jika semakin lama di layar monitor, maka hal tersebut tidak baik bagi mata. 

Kerugian yang di timbulkan akibat kecanduan gadget.
  • Kurang bersosialisasi dengan teman
  • Semakin malas untuk melakukan sesuatu apalagi belajar
  • Tidak peka terhadap lingkungan sekitar

Jika anak kecanduan gadget, anak akan selalu menyendiri dan lebih memilih bermain gadget dari pada bermain dengan temannya. Hal tersebut jangan selalu dibiarkan. Orang tua harus selalu mengawasi anak dan memberi pengertian kepada anak bahwa gadget tidak baik untuknya. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua. Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi anak kecanduan gadget.

  1. Ajak Anak Bersosialisasi dengan Temannya. Ketika anak sudah mulai bosan dengan temannya, anak akan lari ke gadget karena di anggap lebih menarik. Nah, di sini orang tua harus bisa mengalihkan perhatian anak terhadap gadget, misalnya anak disuruh untuk bermain dengan temannya. Jika anak tersebut tidak mau ke luar dan kumpul bersama temannya, orang tua bisa mengajak dan mengundang teman-temannya untuk bermain ke rumah. Dengan begitu anak tersebut akan mengalihkan perhatiannya ke teman-temannya. Berusahalah untuk mendorong mereka bermain dengan aktif, misalnya bermain bola. 
  2. Mengajak Anak Bermain di Luar Rumah. Sebelum anak mulai merengek meminta gadget, lebih baik di ajak bermain di luar rumah supaya anak-anak bisa bermain dengan temannya. Dengan berinteraksi dengan temannya, maka anak akan melupakan gadget. Suruhlah anak bermain dengan temannya secara aktif, agar anak lebih senang dan gembira. Sehingga gadget tidak terpikir lagi.
  3. Menjadi Panutan Orang Tua yang Baik. Jika akan menghilangkan kebiasaan anak terhadap gadget, lebih baik orang tua tidak bermain gadget saat di depan anaknya. Sebab, jika anak sudah melihat orang tuanya bermain gadget maka anak akan merengek meminta gadget. Oleh karena itu, kendalikan diri anda untuk tidak memegang gadget saat bersama anak dan jadilah panutan yang baik bagi anak.
  4. Membatasi Anak Bermain Gadget. Anak yang sudah kecanduan gadget akan merasa hidupnya tidak lengkap tanpa bermain gadget. Dalam hal ini, orang tua harus tegas dalam membatasi penggunaan gadget pada anak. Mungkin awal-awal pembatasan, anak akan menangis karena gadgetnya di ambil. Tetapi orang tua bisa melakukannya dengan bertahap, misalnya anak hanya boleh bermain gadget setelah mereka selesai belajar. Cara lain yaitu bisa dilakukan dengan anak hanya boleh bermain gadget selama satu jam sehari.
  5. Sering Berkomunikasi dengan Anak. Sering-seringlah berkomunikasi dengan anak, supaya anak merasa diperhatikan. Sehingga anak dapat menceritakan tentang semua hal kepada orang tuanya tanpa ada rasa takut. Jika anak sedang mengalami masalah bisa diceritakan kepada orang tuanya agar mendapatkan solusi yang tepat. Biasanya anak yang sedang memiliki masalah takut untuk bercerita kepada orang tua dan memilih menggunakan gadget sebagai solusi memecahkan masalahnya. Hal tersebut malah akan menambah masalah bukan menyelesaikan masalah.
  6. Memberi Kesibukan yang Menarik. Semakin anak memiliki waktu luang yang banyak akan membuat anak merasa bosan dan jenuh, kemudian mereka akan lari kepada gadget. Untuk itu, orang tua harus bisa mengalihkan anak kepada kegiatan yang menarik sehingga anak akan sibuk terhadap kegiatannya. Misalnya anak diberikan suatu mainan yang belum pernah dicoba. Anak akan penasaran sehingga dia mencoba mainan tersebut secara berulang-ulang. Disamping itu, anak juga bisa di leskan. Misalnya les menari, les menyanyi dan juga les mata pelajaran. Sehingga anak akan sibuk dengan jadwal les dan semakin lama anak akan lupa terhadap gadget.
  7. Jangan Membelikan Anak Gadget. Jangan pernah membelikan gadget kepada anak. Jika anak memiliki gadget sendiri maka anak akan lebih leluasa bermain gadget karena itu adalah miliknya sendiri. Sehingga anak akan lebih sulit di kontrol.
  8. Berilah Reward Pada Anak. Berikan hadiah kepada anak jika dia berhasil mengurangi kecanduan gadget. Hal tersebut akan membuat anak lebih bersemangat untuk menguranginya. 


Kunci utama dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah terletak pada diri orang tua. Jika orang tua mau mengurangi bermain gadget di depan anak, semakin lama anak juga akan mengurangi kecanduan gadget dengan sendirinya.
Selamat mencoba tips di atas, semoga berhasil..

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system