Saturday, June 4, 2016

Sistem Perangkat Lunak Program Aplikasi

Sistem Perangkat Lunak Program Aplikasi


Sistem perangkat lunak program aplikasi. Sistem perangkat lunak atau software yaitu suatu perangkat yang dapat bekerja di dalam perangkat keras. Software merupakan satu bagian terpenting dari komputer, tanpa adanya software perangkat keras tidak akan berfungsi. Software ini bisa menyimpan perintah atau dokumen kita. Perangkat lunak juga penerjemah bahasa pemprograman komputer. 

Software dapat diartikan semua jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan computer dan juga peralatannya. Software berfungsi untuk mengoperasikan data atau perintah dan menjalankan semua perintah kita. Selain itu software juga berfungsi sebagai interaksi antara pengguna computer dengan perangkat keras.

Macam – macam perangkat lunak :

Software dapat digunakan untuk mempermudahkan kita dalam mengoperasikan hardware. Software ini berhubungan langsung dengan hardware. Macam – macam software yaitu :

1. Sistem Operasi

Sistem operasi yaitu suatu program yang dapat berinteraksi langsung dengan bahasa computer. System operasi ini berfungsi untuk dapat menghubungkan manusia dengan hardware. Contoh system operasi yaitu :
Produk Microsoft : Windows 95, Windows 98, Windows 2000
Produk novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu
Produk apple : Macintosh
Produk IBM : DOS, UNIX

2. Program Aplikasi

Program aplikasi adalah program yang mempunyai fungsi atau tujuan yang bersifat khusus. Program aplikasi ini sering digunakan untuk penjualan disupermarket, untuk pengelolaan data rumah sakit dan sebagainya.

3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dipakai untuk membuat suatu aplikasi yang berguna untuk membantu kita. Dengan adanya bahasa pemrograman bisa memudahkan kita untuk menyusun sustu perintah sesuai dengan keinginan kita.

Ada 4 tingkatan bahasa pemrograman yaitu :
  1. Low Languange Program yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah. Contohnya Assembly machine
  2. Middle Languange Program yaitu bahasa pemrograman tingkat menengah. Contohnya bahasa C++.
  3. High Languange Program yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi. Contohnya Pascal, Borland
  4. 4GL yaitu bahasa tingkat ke 4. Contohnya Visual Basic, visual Foxpro.

4. Program bantu (utility)

Program bantu adalah program yang digunakan untuk menjaga computer dari serangan virus dan untuk menyelamatkan data dari virus. Contohnya anti virus, backup

5. Program Paket

Program paket adalah gabungan dari beberapa aplikasi yang dipaket menjadi satu. Contohnya Microsoft word (program pengolah kata), Microsoft excel (program pengolah angka), Microsoft power point (program presentasi).

6. Program Permainan

Program permainan adalah program yang dibuat untuk permainan pada computer. Contohnya solitaire, counter, kurusentra yang merupakan game asli dari Indonesia.

7. Program Multimedia

Program multimedia adalah program yang digunakan untuk memutar suatu film atau video. Selain daptelevisi dan program lainnya. Contoh program multimedia yaitu :
a.Winamp, berguna untuk memutar lagu.
b.JetAudio, berguna untuk memainkan berbagai format lagu.
c.Real Player, berguna menangkap siaran televise melalui internet.

Demikianlah penjelasan sistem perangkat lunak program aplikasi dan macam – macamnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan dan juga wawasan anda semua.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system