Tuesday, June 14, 2016

Nilai dan Norma Sosial yang Berlaku Dalam Lingkungan Masyarakat

Nilai dan Norma Sosial yang Berlaku Dalam Lingkungan Masyarakat


Nilai dan norma sosial yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Dalam suatu masyarakat pasti memilki nilai dan norma yang berlaku di dalamnya. Nilai dan norma ini berfungsi untuk menaatkan masyarakat agar bertindak sesuai dengan nilai norma yang berlaku didalamnya. Dan sebagai pedoman dalam hidup bermasyarakat. Nilai dan norma ini memiliki sanksi bagi yang melanggarkan. 

I. Nilai sosial

Nilai mengarahkan masyarakat agar sesuai dengan perilaku yang benar. Nilai merupakan suatu yang paling penting dalam kebudayaan. Sedangkan nilai sosial adalah suatu yang ukuran, patokan, dan keyakinan yang dianggap baik dan juga dianggap penting yang harus dilakukan oleh anggota suatu masyarakat.

A. Jenis – jenis nilai sosial
Nilai sosial memilki banyak jenis – jenisnya. Ada 3 jenis nilai sosial yaitu :
  1. Nilai Material adalah nilai yang berguna untuk kebutuhan jasmani manusia. Contohnya : makan dan minum dll.
  2. Nilai Vital adalah nilai yang berguna bagi manusia dalam mengadakan kegiatan aktivitas. Contohnya : buku bagi siswa, komputer bagi sekretaris dll.
  3. Nilai Kerohanian adalah nilai yang berguna bagi rohani manusia. 4 macam yaitu :
  • Nilai kebenaran yaitu nilai yang sumbernya dari akal manusia.
  • Nilai keindahan yaitu nilai yang sumbernya dari perasaan manusia.
  • Nilai kebaikan yaitu nilai yang sumbernya dari kehendak manusia.
  • Nilai agama yaitu nilai yang sumbernya dari tuhan yang sifatnya mutlak.

B. Klasifikasi nilai sosial
Nilai sosial dibagi menjadi 2 yaitu nilai dominan dan nilai mendarah daging.
  1. Nilai dominan adalah nilai yang dianggap sangat penting dari nilai lainnya. Banyak orang yang menganut nilai ini. Contohnya banyak anggota masyarakat ingin merubah hidupnya kea rah yang lebih baik dari segala bidang.
  2. Nilai mendarah daging adalah nilai yang menjadi kepribadian dan kebiasaan seseorang sehingga seseorang bila melakukan hal tanpa proses berpikir lagi.

C. Ciri – ciri nilai sosial
Ciri – ciri nilai sosial yaitu sebagai berikut :
  • Disebar luaskan diantara semua warga masyarakat
  • Dapat mempengaruhi kepribadian seorang individu dalam masyarakat
  • Dapat mempengaruhi perkembangan seseorang
  • Berbeda – beda pada tiap kelompok manusia
  • Nilai mempunyai efek yang berbeda – beda

D. Fungsi nilai sosial
  • Sebagai alat kontrol perilaku masyarakat
  • Sebagai penentu dalam memenuhi peranan sosial
  • Sebagai alat untuk menetapkan harga sosial dalam kelompok
  • Untuk mengarahkan masyarakat dalam bertingkah laku

II. Norma sosial

Dalam kehidupan masyarakat tentu kita terikat dengan norma yang sebelumnya telah disepakati bersama dalam masyarakat. Sehingga individu berkewajiban untuk menaatinya. Dan membuat masyarakat menjadi tertib. Dan juga memilki sanksi bagi yang melanggarnya.

Norma sosial adalah seperangkat aturan yang dilengkapi dengan sanksi – sanksi yang tegas bagi yang melanggarnya. Norma memilki wujud tertulis dan tidak tertulis norma merupakan pedoman dalam kehidupan sehari – hari dan sebagai pengendali semua individu dalam masyarakat.

A. Fungsi norma
Fungsi norma yaitu untuk mengatur individu agar bertindak sesuai yang baik dalam masyarakat. Selain itu fungsi norma yaitu sebagai berikut :
  • Untuk mengatur tingkah laku individu agar sesuai dengan nilai yang berlaku
  • Untuk menciptakan ketertiban dalam masyarakat
  • Untuk mencapai tujuan bersama dalam masyarakat
  • Sebagai pedoman hidup dalam masyarakat

B. Tingkat norma sosial
Norma sosial memilki tingkatan agar kita bisa membedakannya. Tingkat norma dibagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut :
  1. Norma cara (usage) adalah pola interaksi yang dilakukan terus menerus sehingga melahirkan pola – pola yang tertentu. Jika melanggar norma tersebut yaitu berupa celaan. Contohnya, makan mendesak.
  2. Norma kebiasaan (folkways) adalah perbuatan yang dilakukan berulang – ulang dalam hal yang sama. Jika melanggar norma tersebut yaitu berupa teguran atau sindiran. Contohya, bertutur kata yang tidak sopan.
  3. Norma kesusilaan (mores) adalah aturan yang didasarkan pada hal yang baik dan memuat aturan ajaran agama atau kebudayaan. Jika melanggar norma tersebut yaitu akan dikucilkan dari masyarakat. Contohnya : berzina, membuang air kecil di sembarang tempat. Fungsi norma ini yaitu untuk membatasi perbuatan – perbuatan anggota masyarakat.
  4. Norma adat istiadat (cutom) adalah tata kelakuan yang kekal dengan pola – pola perilaku masyarakat. Contohnya, upacara adat dalam memasuki fase kehidupan, sepeti, kelahiran, kematian. Bila upacara ini tidak dilakukan akan terasa ada yang kurang.
C. Macam – macam norma sosial
  1. Norma hukum (laws) adalah suatu kewajiban atau larangan bagi masyarakat agar bertindak sesuai norma yang berlaku. Jika melanggar norma tersebut yaitu akan dipenjara atau didenda dll. Norma hukum dibagi menjadi 2 yaitu tertulis (pidana dan perdata) misalnya, UU. Tidak tertulis (hokum adat) misalnya, keputusan hokum pengadilan adat.
  2. Norma agama adalah suatu aturan sebagai petunjuk manusia yang berasal dari tuhan. Contoh : mode pakaian, rambut, gaya hidup dll.
  3. Norma mode adalah gaya hidup seseorang yang sering berubah – ubah seiringnya dengan perkembangan zaman.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang nilai dan norma sosial yang berlaku dalam suatu masyarakat. Semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system