Saturday, June 4, 2016

Keselamatan Kerja Dalam Menggunakan Komputer

Keselamatan Kerja Dalam Menggunakan Komputer


Keselamatan kerja komputer. Keselamatan kerja dalam menggunakan komputer sangat penting bagi kita, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Dalam menggunakan komputer kita harus berhati – hati, untuk menghindari dampak buruk bagi kesehatan atau keselamatan kita. Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan hal yang terpenting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan komputer. Mungkin semua orang tidak tahu bahwa dalam menggunakan komputer itu perlu memperhatikan K3.

Keselamatan kerja dalam menggunakan Komputer banyak manfaat yang kita peroleh dan dapat terhindar dari efek negatif yang ditimbulkan komputer. Yang harus diperhatikan dalam menggunakan komputer yaitu contohnya pada kepala, leher, punggung, kaki dan lengan. Komputer dihubungkan pada arus listrik, maka kita harus tahu dan jangan sampai tubuh kita tersengat arus listrik. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk terhindar dari resiko kinerja komputer yaitu sebagai berikut :

  1. Aturlah posisi tubuh kita dalam menggunakan komputer sehingga kita merasa aman dan nyaman dalam menggunakannya.
  2. Aturlah posisi perangkat dan pastikan lebih jauh dari tubuh kita agar menjadi aman.
  3. Jangan terlalu asyik bermain computer sehingga sampai lupa waktu.
  4. Sesekali gerakanlah tubuh agar terhindar dari ketegangan otot.
  5. Sesekali alihkan pandangan keluar untuk merelaksasikan mata

Setelah kita mengetahui hal yang perlu diperhatikan untuk terhindar dari resiko kinerja komputer, kita harus mengatur posisi tubuh yang tepat dan terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Posisi tubuh dalam menggunakan komputer sangatlah penting agar selamat dari bahaya yang ditimbulkan. Posisi tubuh yang perlu diperhatikan dalam menggunakan komputer yaitu sebagai komputer :

a. Posisi kepala dan leher

Pastikan kepala dan leher tegak lurus dengan layar monitor. Jangan sampai leher kita membungkuk karena bisa menyebabkan leher bisa sakit. 

b. Posisi pundak

Pastikan pundak kita dalam keadaan yang nyaman dengan cara tidak terlalu terangkat ke atas. Karena bisa membuat otot – otot menjadi tegang.

c. Posisi punggung

Pastikan punggung kita dalam posisi yang benar agar merasa nyaman. Dengan cara punggung tegak dan tidak terlalu menyandar ke belakang.

d. Posisi kaki

Pastikan kaki kita aman dalam bekerja computer dan jangan sampai kaki bersentuhan dengan arus listrik di CPU. Dan letakkan dilantai membentuk sudut kurang lebih 90 derajat.

e. Posisi lengan dan siku

Pastikan lengan dan siku kita berada di tempat yang nyaman dan baik. Posisi yang baik yaitu lengan berada di samping badan membentuk sudut lebih dari 90 derajat.

Selain posisi tubuh kita harus memperhatikan bagian – bagian komputer yang berbahaya bagi tubuh kita yaitu sebgai berikut :

1. Monitor

Monitor biasanya memiliki intensitas cahaya yang tinggi yang diterima oleh mata. Sehingga mata cepat lelah dan membuat sakit pada mata kita. Maka dari itu letakkanlah monitor yang tidak dapat memantulkan cahaya dan letakkan monitor lebih rendah dari garis horizontal, agar mata tidak menunduk.
2. CPU

CPU adalah  bagian yang tidak boleh disentuh atau dipegang dengan tangan dan jangan sampai kaki kita terkena CPU. Karena CPU memiliki aliran arus listrik yang dapat menyengat jika disentuh oleh tangan atau kaki. Maka dari itu berhati – hatilah dalam menggunakan komputer.

3. Kabel komputer

Kabel computer harus kita hindari dari air, karena bisa menyebabkan konsleting. Dan bisa menyebabkan kebakaran.

4. Keyboard

Bahwa posisi keyboard dalam menggunakan computer sangatlah penting karena bisa menghindari dari ketegangan pada otot. Letakkan posisi keyboard ditempat yang mudah dijangkaudan jangan sampai punggung kita menunduk.

Dalam bertindak kita harus hati – hati karena dalam suatu perbuatan pasti ada akibatnya. Seperti dalam menggunkan komputer harus bersikap yang baik dan buatlah yang nyaman. Dan juga jangan sampai lama – lama dalam menggunakan komputer.

Demikianlah kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system