Tuesday, June 28, 2016

Lingkungan Hidup dan Upaya Dalam Pelestariannya

Lingkungan Hidup dan Upaya Dalam Pelestariannya

Lingkungan hidup dan upaya dalam pelestariannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada disekitar manusia dan mempengaruhi kehidupan manusia. Sedangkan Lingkungan Hidup adalah kumpulan kesatuan makhluk hidup baik benda mati atau pun hidup yang melangsungkan kehidupan guna mencapai kepuasan. Dalam mempelajari Lingkungan Hidup kita harus memperhatikan ilmu ekologi. Karena ilmu ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Lingkungan hidup tidak lepas dengan ekosistem makhluk hidup. Ekosistem adalah suatu kawasan alam yang didalamnya ada unsur – unsur biotik (hayati) dan abiotik (non – hayati) yang keduanya mempunyai hubungan timbal balik.

1. Unsur – unsur Lingkungan

Di dalam lingkungan hidup tedapat tiga komponen yang terpenting yaitu :
  • Unsur fisik (abiotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda – benda tak hidup. Contohnya tanah, udara, air dll. 
  • Unsur hayati (biotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup. Contohnya manusia, hewan, tumbuhan dll.
  • Unsur sosial budaya adalah unsur lingkungan sosial budaya  yang berwujud sistem norma, gagasan atau keyakinan dalam berperilaku. Unsur sosial budaya ini dibuat manusia itu sendiri dalam mencapai keteraturan kehidupan bermasyarakat.

2. Kegunaan lingkungan bagi kehidupan makhluk hidup

Lingkungan sangat berguna bagi kehidupan semua makhluk hidup terutama manusia. Kegunaanya yaitu sebagai berikut :
  1. Tempat tinggal ( habitat ).Lingkungan sangat berguna bagi makhluk hidup sebagai tempat tinggal. Karena tempat tinggal sangat diperlukan oleh makhluk hidup. Agar tercipta interaksi sesama makhluk hidup dan agar dapat berkembang biak. Tempat tinggal ini merupakan lingkungan yang paling nyaman dan aman untuk ditinggali makhluk hidup.
  2. Sebagai wahana untuk keberlanjutan kehidupan. Di dalam lingkungan hidup semua makhluk hidup akan saling berinteraksi sesama makhluk hidup lainnya. Sehingga akan membentuk suatu jaringan hidup. Dan juga terdapat berbagai siklus yang dapat menunjang kehidupan. Contohnya siklus energi, siklus air dan siklus udara. Semua siklus ini akan mengatur proses keberlanjutan kehidupan makhluk hidup.
  3. Tempat untuk mencari makan. Lingkungan selain untuk tempat tinggal juga untuk mencari makan guna melangsungkan kehidupannya. Di dalam lingkungan hidup telah tersedia berbagai makanan yang berguna bagi makhluk hidup.

3. Kerusakan lingkungan hidup

Kerusakan lingkungan hidup diakibatkan oleh alam dan manusia yaitu :

A. Kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh alam:
  1. Letusan gunung api. Letusan gunung api merupakan suatu aktivitas dari vulkanisme. Gunung api yang meletus akan mengeluarkan magma. Magma adalag cairan panas yang keluar dari dalam bumi. Jika gunung meletus akan mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Letusan gunung api akan mengeluarkan material padat yang ada didalam perut bumi.
  2. Gempa bumi. Gempa bumi adalah peristiwa yang terjadi karena adanya gempa dari dasar laut dan dapat mengakibatkan tsunami. Gempa bumi ini mnegakibatkan semua bangunan roboh.
  3. Badai siklon. Badai siklon adalah tekan udara yang rendah dan berupa angin. Jenis siklon ada 2 yaitu siklon didaerah sedang dan siklon didaerah tropik. Badai siklon ini akan merusak lingkungan tergantung dari lemah atau kuatnya kecepatan angin.
B. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia
  1. Kerusakan hutan. Hutan merupakan paru – paru dunia yang harus kita jaga agar dapat menyeimbangkan oksigen diudara yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Kerusakan hutan diakibatkan manusia karena sifatnya yang serakah guna memenuhi kebutuhannya tanpa memetingkan makhluk lain.
  2. Pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan merupakan masuknya limbah hasil kegiatan manusia kedalam suatu wilayah dan mengakibatkan kualitas lingkungan menjadi tidak baik.

4. Upaya pelestarian lingkungan hidup

Upaya pelestarian lingkungan hidup sangat berguna bagi makhluk hidup guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Upaya pelestariannya yaitu :
  1. Upaya pelestarian hutan. Upaya pelestarian hutan sangat perlu diperhatikan guna dapat melangsungkan hidup. Karena hutan merupakan paru – paru dunia. Caranya reboisasi, tebang pilih dan sistem tumpang sari.
  2. Upaya pelestarian tanah dan air. Pencegahan masalah air dilakukan dengan cara pencemaran, pengurangan perusakan air dan pengusahaan agar penggunaan air tidak boros. Selain itu, hutan disekitar sungai dan danau harus diamankan.
  3. Upaya pelestarian sumber daya udara. Pencegah terhadap sumber daya udara dengan cara pabrik – pabrik harus melakukan penyaringan terhadap pembuangan gas. Selain itu, juga penanaman pohon – pohon di tepi jalan raya.

Demikanlah yang dapat saya sampaikan tentang lingkungan hidup dan upaya dalam pelestariannya. Semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system