Saturday, June 4, 2016

Pengaruh Energi Dalam Kehidupan Sehari – hari

Pengaruh Energi Dalam Kehidupan Sehari – hari


Apakah kamu pernah merasakan udara pada saat pagi hari sebelum matahari terbit?.
Dan apa perbedaannya udara pada saat matahari sudah terbit ?.
Pasti pada pagi hari udaranya terasa dingin dan pada saat udara sudah terbit menjadi hangat, karena rasa dingin sudah dipengaruhi oleh panasnya matahari. Panas matahari merupakan salah satu energi yang kita butuhkan setiap harinya.

A.Macam – macam energi

Energi adalah kemampuan dalam melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan. Energi tidak dapat dilihat tetapi bisa kita rasanya yang ditimbulkan dari energi tersebut. Energi sangat dibutuhkan makhluk hidup terutama manusia. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Akan tetapi energi dapat berubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Macam – macam energi yaitu sebagai berikut :

1. Energi panas

Energi panas adalah energi yang dari suatu benda yang menghasilkan panas. Benda yang sifatnya panas akan menghasilkan suhu yang tinggi. Contohnya matahari yang dapat menghasilkan sumber panas untuk permukaan bumi. Manfaat dari energi panas dapat diperlukan sehari – hari. Contohnya mengeringkan pakaian dengan energi matahari, melicinkan pakaian dengan enegi panas dari setrika.

2. Energi cahaya

Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh pancaran sumber cahaya. Cahaya ini dapat berupa bintang yang memancarkan cahaya di waktu malam hari. Api, lampu mencarkan cahaya waktu dihidupkan.

3. Energi listrik

Energi listrik adalah energi yang timbul karena dihubungkan dengan arus listrik. Energi listrik ini digunakan untuk menyalakan sesuatu yang ada hubunganya dengan listrik. Contohnya kipas angin yang bisa digunakan dengan cara menghubungkannya dengan listrik, menyalakan lampu, setrika, blender dan alat rumah tangga lain yang dihubungkan dengan arus listrik.

4. Energi gerak

Energi gerak adalah energi yang timbul akibat benda bergerak. Energi gerak sering disebut juga energi kinetik. Contohnya, air mengalir, udara, angin dan roda yang berputar.

5. Energi bunyi

Energi bunyi adalah energi yang timbul akibat benda yang berbunyi. Energi ini tidak dapat dilihat, namun bisa kita ketahui bunyinya melalui telinga. Energi bunyi ini dapat kita dengar melalui benda – benda yang bergetar. Contohnya, senar gitar saat di petik.

6. Energi kimia

Energi kimia adalah energi yang terdapat dalam suatu benda yang mengandung zat kimia. Benda yang didalamnya terkandung zat kimia dapat dereaksikan dengan cara melepasnya. Contohnya kayu bkar dapat energi ketika dibakar. Ketika kayu dibakar akan terjadi reaksi oksigen dengan kayu bakar sehingga menghasilkan energi panas dan cahaya. Contoh dari energi kimia yaitu batu baterai, aki, bahan bakar.

B. Kegunaan energi dan sumbernya

1. Angin

Angin merupakan energi yang dapat bergerak. Kegunaan angin yaitu dapat menggerakkan layang – layang, bisa dapat berolahraga, dapat mengerakkan perahu layar dll.

2. Air

Air adalah sumber energi yang bergerak menyimpan suatu energi. Energi yang bergerak berguna untuk pembangit listrik, untuk olahraga dll.

3. Matahari

Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi. Manfaat energi matahari yaitu untuk mengerikngkan pakaian, fotosintesis, mengeringkan bahan makanan.

4. Makanan

Makanan adalah energi  yang di butuhkan manusia dalam memenuhi kebutuhan pokonya. Makanan berguna untuk mengganti sel – sel yang telah rusak, memenuhi keperluan hidup, mempertahankan kelangsungan hidup dll.

5. Listrik

Listrik adalah sumber energi yang paling sering digunakan manusia setiap harinya. Energi listrik ini berguna untuk penerangan rumah atau gedung atau lainnya, menyetrika, mencuci dll.

C. Cara menghemat energi

Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi sangat pentin untuk kebutuhan manusia sehari – harinya. Maka dari itu kita harus menghematnya agar energy tetap ada dan akan selalu ada. Dengan cara menggunakan air secukupnya, mematikan lampu jika tidak digunakan, tidak menggunakan motor jika pergi dengan jarak yang dekat.

Energi sangat kita perlukan dalam melangsungkan kehidupan sehari – harinya. Maka dari itu kita harus menghematnya agar tetap ada dan selalu ada. Demikianlah tentang pengaruh energi dalam kehidupan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system