Sunday, June 5, 2016

Inilah 6 Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami

Inilah 6 Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami


Mengatasi rambut rontok dan berketombe secara alami. Rambut rontok dan berketombe merupakan suatu masalah yang terjadi di rambut. Dua masalah tersebut sering di alami oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Rambut rontok dan berketombe terkadang sering membuat orang merasa tidak percaya diri. Apalagi saat ketombe jatuh di bahu kita, pasti akan memalukan karena di lihat banyak orang. Mengatasi rambut rontok dan berketombe tidak hanya dapat diatasi dengan menggunakan shampoo saja tetapi dengan perawatan yang khusus misalnya dengan menggunakan bahan alami. Ketombe akan muncul ketika kondisi kulit kepala sedang kering sehingga terjadi pengelupasan kulit mati. 

Salah satu penyebab rambut rontok dan juga berketombe yaitu kurang menjaga kebersihan rambut. Rambut rontok sebagai pertanda bahwa rambut telah mengalami kerusakan. Ada sebagian orang yang menganggap rambut rontok adalah hal biasa, tetapi ada juga yang sangat perduli akan hal itu. Orang yang mempunyai ketombe akan merasakan gatal pada kepalanya. Jika rambut rontok dibiarkan, semakin lama rambut akan menipis dan dapat menyebabkan kebotakan. 

Menghindari warna-warna gelap merupakan salah satu cara untuk menutupi ketombe agar tidak terlihat oleh orang lain. Karena jika memakai pakaian dengan warna-warna gelap, maka ketombe akan terlihat dengan jelas di bahu kita. Hal itu akan membuat kita semakin malu di hadapan banyak orang. Banyak cara dan perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe. Ada yang menggunakan cara alami atau tradisional yang dianggap lebih aman bagi rambut. Tapi, banyak juga yang menggunakan cara modern yaitu dengan pergi ke salon. Cara modern dianggap lebih cepat dalam mengatasinya sehingga banyak juga orang yang menggunakan cara tersebut. 

Disamping itu, ada perawatan untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe yang dapat dilakukan dari dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, vitamin E dan zinc. Makanan tersebut antara lain daging dengan lemak rendah, kacang-kacangan, ikan salmon, gandum dan lain sebagainya. Dalam hal memakai shampoo, jangan menggunakan shampoo yang biasa agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Gunakanlah shampoo dengan pH rendah untuk mengurangi kerusakan rambut. 

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe

1. Mengkudu atau Pace

Mengkudu atau pace sering dijahui banyak orang karena memiliki bau yang tidak sedap. Walaupun demikian mengkudu atau pace sangat terkenal karena berkhasiat bagi kesehatan. Ternyata selain berkhasiat bagi kesehatan, mengkudu atau pace juga berkhasiat untuk merawat rambut terutama rambut rontok dan berketombe.

Caranya : Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah matang. Kemudian parut buah mengkudu hingga halus, lalu campurkan buah mengkudu dengan air hingga rata. Oleskan adonan tersebut ke kepala sambil di pijat lembut. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan hal tersebut seminggu sekali agar ketombe hilang. 

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk merawat rambut karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membersihkan kulit kepala, menghilangkan minyak berlebih dan juga menyegarkan kulit kepala. 

Caranya : Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat. Oleskan pada kulit kepala sambil dipijat dengan lembut. Kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan shampoo. Sisa air perasan jeruk nipis dijadikan air bilasan setelah keramas. 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memang sangat terkenal untuk perawatan rambut, apalagi untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe sangat cocok jika menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan aloe vera yang dapat berperan sebagai kondisioner alami bagi rambut yang mempunyai efek dingin dan menyegarkan. 

Caranya : Patahkan 1 batang lidah buaya dan pencet-pencet hingga gelnya keluar. Kemudian oleskan gel tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala. Lalu diamkan selama 40 menit. Bilas kepala dengan air hingga bersih. 

4. Nanas

Nanas merupakan buah yang sering dijadikan makanan rujak. Tetapi nanas juga dapat berkhasiat bagi perawatan rambut terutama untuk mengatasi rambut rontok. 

Caranya : Haluskan nanas, kemudian jadikan masker rambut sambil dipijat dengan lembut. Tambahkan madu ketika menggunakannya. Bilas kepala dengan air hingga bersih. 

5. Daun Pandan

Daun pandan merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai pewangi alami untuk sebuah masakan. Tidak hanya berkhasiat bagi masakan, daun pandan juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok dan menjadikan rambut kuat kembali.

Caranya : Haluskan daun pandan kemudian jadikan masker rambut. Bilas dengan air hingga bersih. Setelah itu, air rebusan daun pandan dijadikan bilasan setelah keramas. Gunakan masker daun pandan dua kali seminggu.

6. Cuka

Khasiat cuka selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe. Cuka memiliki fungsi sebagai penghilang sel kulit berlebih pada rambut. Selain itu juga dapat membuat rambut menjadi berkilau secara alami.

Caranya : Campurkan cuka dengan sedikit air. Kemudian oleskan cuka tersebut ke kulit kepala sebelum tidur. Biarkan semalaman dan jangan lupa tutup rambut dengan handuk. Lalu, paginya bersihkan rambut dengan berkeramas. 

Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe. Melakukan perawatan apapun itu sebenarnya sangat mudah asal kita mau berusaha dan bersabar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Lebih baik hindari membersihkan rambut dengan air hangat karena dapat mengeringkan kulit kepala dan dapat memicu timbulnya ketombe.
Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system