Tuesday, June 28, 2016

Hubungan Antara Kelangkaan Sumber Daya Dengan Kebutuhan Manusia

Hubungan Antara Kelangkaan Sumber Daya Dengan Kebutuhan Manusia

I. Kelangkaan

Kelangkaan adalah suatu kesenjangan antara kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas dengan sumber – sumber ekonomi yang sifatnya terbatas. Manusia dihadapkan pada suatu konflik antara keinginan manusia yang tak terbatas dengan sumber daya yang terbatas. Kelangkaan ini berbentuk barang atau jasa. Kelangkaan sangat berkaitan dengan penyediaan sumber daya. Sumber daya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan barang atau jasa yang digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan.

A. Kelangkaan sumber daya yaitu sebagai berikut :
  1. Kelangkaan sumber daya alam. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam. Contohnya hutan, air dll.
  2. Kelangkaan sumber daya manusia. Orang yang pandai dan memiliki modal saat ini masih langka. 
  3. Kelangkaan sumber daya modal. Sumber daya modal ini dapat berupa uang dan barang yang digunakan untuk kegiatan produksi. Saat ini masih kekurangan modal di Indonesia.
  4. Kelangkaan sumber daya pengusaha. Pengusaha merupakan orang yang dapat mengelola sumber daya lain untuk menghasilkan barang atau jasa.

B. Faktor – faktor penyebab kelangkaan
  1. Keterbatasan sumber daya produksi. Di lingkungan alam ini sudah tersedia sumber daya yang melimpah bagi kebutuhan manusia. Akan tetapi, jumlah sumber daya alam semakin berkurang akibat sifat manusia yang serakah.
  2. Perbedaan letak geografis. Letak geografis setiap negara didunia tidak sama sehingga persebaran sumber daya menjadi tidak merata. Perbedaan geografis ini dapat menimbulkan kelangkaan sumber daya.
  3. Perkembangan teknologi yang tidak rata. Di negara maju perkembangan teknologi berlangsung cukup cepat. Sedangkan dinegara berkembang perkembangan kebutuhan akan barang atau jasa lebih cepat daripada teknologi.
  4. Keterbatasan produsen dalam memproduksi. Keterbatasan produsen dalam memproduksi disebabkan sumber daya manusia masih rendah dan pemakaian teknologi yang masih sederhana.
  5. Bencana alam. Bencana alam menyebabkan sumber daya rusak dan tidak ada.

C. Faktor penyebab kebutuhan manusia tak terbatas
  1. Usia
  2. Pendidikan
  3. Teknologi
  4. Pendapatan
  5. Jumlah penduduk

II. Kebutuhan

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia guna dalam rangka mempertahankan hidupnya. Permasalah ekonomi yang dihadapi manusia yaitu kerana jumlah alat kebutuhan manusia yang terbatas, sementara jumlah kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Maka, manusia harus bisa mengoptimalkannya dalam upaya memenuhi kebutuhannya.

A. Macam – macam kebutuhan


Kebutuhan manusia sangat beraneka ragam, kebutuhan manusia yaitu sebagai berikut :

  1. Kebutuhan manusia menurut tingkat kegunaan
  • Kebutuhan pokok (primer) merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi guna melangsungkan hidupnya. Misalnya makan & minum, tempat tinggal dll.
  • Kebutuhan tambahan (sekunder) merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi setelah kebutuhan pokok. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi manusia akan tetap bisa hidup. Misalnya kebutuhan informasi.
  • Kebutuhan barang mewah (tersier) merupakan tuntutan akan barang mewah yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Misalnya perhiasan.
  • Kebutuhan kuarter adalah kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi oleh orang – orang tertentu saja. Misalnya lukisan antik

     2.  Kebutuhan menurut waktu pemenuhan
  • Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang dan sifatnya yang rutin. Kebanyakan barang yang diperlukan merupakan kebutuhan pokok. Misalnya makan & minum.
  • Kebutuhan masa depan adalah pemenuhan kebutuhan yang sudah disiapkan jauh dari hari sebelumnya. Misalnya pendidikan anak.
  • Kebutuhan tidak terduga adalah kebutuhan yang pemenuhannya tidak diduga atau secara tiba – tiba. Misalnya biaya perawatan kecelakaan.
  • Kebutuhan sepanjang waktu adalah kebutuhan yang diperlukan sepanjang waktu dan lama atau sepanjang waktu. Misalnya kebutuhan menuntut ilmu.
     3.  Kebutuhan menurut bentuk dan sifatnya
  • Kebutuhan jasmani (materiil) adalah kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi keperluan jasmani manusia. Misalnya makan dan bertempat tinggal.
  • Kebutuhan rohani (spiritual) adalah kebutuhan yang sifatnya tidak berwujud dan diperlukan untuk memenuhi keperluaan jiwa. Misalnya pendidikan.

     4.  Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkan
  • Kebutuhan individu (perorangan) adalah kebutuhan antara orang yang satu dengan orang yang lainya berbeda. Misalnya pekerjaaan.
  • Kebutuhan kolompok (kolektif) adalah kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok orang secara bersamaan. Misalnya jalan raya.

B. Macam – macam barang
  1. Cara memperoleh
  • Barang ekonomi adalah barang yang jumlahnya terbatas dan cara memperolehnya  memerlukan pengorbanan. Misalnya pakaian, makanan, minuman dll.
  • Barang bebas adalah barang yang tersedia dalam jumlah yang benyak melebihi jumlah yang dibutuhkan manusia, sehingga dapat diperoleh tanpa pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara, angin dll.
  • Barang illith adalah barang yang jika jumlahnya berlebihan akan merugikan manusia atau bahkan membahayakannya. Misalnya api dan air.

     2.  Cara penggunaannya
  • Barang konsumsi adalah barang yang bisa langsung digunakan manusia guna memebuhi kebutuhannya. Misalnya pakaian.
  • Barang produksi adalah barang yang digunakan manusia secara tidak langsung guna memenuhi kebutuhannya. Misalnya barang baku.

     3. Segi kegunaannya
  • Barang substitusi adalah barang yang dapat dipakai sebagai pengganti fungsi barang lainnya. Misalnya singkok pengganti beras.
  • Barang komplementer adalah barang yang penggunaannya harus dengan barang lainnya. Misalnya mobil dengan bensin.

     4. Proses pembuatannya
  • Barang mentah adalah barang yang belum bisa digunakan tanpa harus diproses terlebih dahulu. Misalnya bijih besi.
  • Barang setengah jadi adalah barang yang masih memerlukan proses produksi untuk dijadikan bahan yang siap pakai. Misalnya benang.
  • Barang jadi adalah barang yang sudah siap dikonsumsi. Misalnya pakaian.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia. Semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system