Tuesday, June 7, 2016

8 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Praktis dan Alami

8 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Praktis dan Alami


Cara mengatasi wajah berminyak secara praktis dan alami. Memiliki kulit yang normal merupakan dambaan bagi semua wanita. Tetapi jika mempunyai masalah terutama pada wajah sangat mengganggu penampilan. Salah satu masalah yang terjadi di wajah adalah adanya minyak yang berlebih di muka. Penyebab wajah berminyak adalah kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak secara berlebihan. Orang yang memiliki wajah berminyak terkadang tidak percaya diri, karena wajah akan terlihat mengkilat. Wajah berminyak dapat terjadi di semua orang baik laki-laki maupun wanita, tetapi wanita lebih sering mengalami wajah berminyak dari pada laki-laki. Pengaruh hormon juga terkadang akan membuat wajah mengeluarkan minyak yang berlebih. 

Memiliki wajah berminyak jangan sembarang memakai sabun pembersih muka. Pililah sabun yang cocok dengan kulit anda agar tidak terjadi infeksi. Kulit manusia dapat dibagi menjadi tiga yaitu wajah kering, wajah berminyak, dan wajah nomal. Di banding ketiganya, wajah berminyak sering mengahantui kaum wanita sebab jika seorang memakai make-up yang berlebih dalam kurun waktu yang lama, wajah juga akan mengeluarkan minyak. Jika tidak mau wajahnya berminyak, jangan lama-lama berada di bawah sinar matahari secara langsung karena berjemur juga dapat menimbulkan wajah menjadi berminyak. 

Banyak cara yang dilakukan kaum wanita agar wajahnya terhindar dari minyak yang berlebih. Sebab adanya minyak yang berlebih, dapat membuat wajah terlihat kurang segar dan kelihatan lebih tua. Menghilangkan wajah berminyak tidak bisa secara instan, perlu ketelatenan dan yang pastinya sabar agar memperoleh hasil yang diinginkan. Bagi kaum wanita yang memiliki penghasilan yang lebih, mereka lebih senang pergi ke salon atau dokter kecantikan untuk mengatasi wajahnya. Tetapi bagi yang berpengahasilan berkecukupan, alangkah baiknya mencoba dulu dengan menggunakan bahan alami yang pastinya aman bagi anda. 

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

1. Membersihkan wajah secara teratur

Hal yang paling penting dalam mengatasi wajah berminyak yaitu dengan membersihkan wajah secara teratur. Dengan melakukan hal tersebut, maka wajah akan terasa bersih sehingga debu tidak akan menempel. Pada waktu malam hari yang akan beranjak tidur jangan lupa membersihkan wajah jangan langsung tidur dan wajah masih bermake-up, hal tersebut dapat memicu timbulnya jerawat dan wajah berminyak. Alangkah baiknya dalam membersihkan wajah menggunakan air hangat karena dapat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah pada kulit dan juga dapat menjadi terapi alami untuk menghilangkan wajah berminyak. 

2. Hindari strees

Stress merupakan hal penting yang harus dijahui karena stress dapat memicu lebih banyak kelenjar sebaceous dalam memproduksi minyak. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki wajah berminyak, sebisa mungkin harus menghindari strees. 

3. Menggunakan buah pisang

Buah pisang memang sangat terkenal untuk mengatasi masalah pencernaan. Disamping itu, buah pisang juga sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri saat haid karena buah pisang mengandung vitamin A, B dan E. Selain bermanfaat buat kesehatan, buah pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi wajah yang berminyak. 

Caranya : Haluskan 1 buah pisang yang sudah matang. Kemudian oleskan pisang ke wajah dan leher sebagai masker. Tunggu hingga 20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dulu setelah bersih baru bilas lagi dengan air dingin. Lakukanlah secara rutin 2-3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan daun seledri

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun seledri juga bermanfaat untuk mengatasi wajah yang berminyak.

Caranya : Ambil beberapa daun seledri lalu cuci bersih. Potong daun seledri kecil-kecil. Rendam potongan daun seledri ke dalam air yang mendidih. Tunggu selama 15-20 menit sampai airnya dingin. Saring air rendaman seledri tadi. Diamkan kembali selama 10 menit. Setelah itu oleskan air daun seledri ke wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah mengering bilas wajah dengan air hingga bersih. Lakukanlah 2 kali sehari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan putih telur

Telur sangat terkenal akan gizinya yang tinggi. Tetapi disamping itu, telur juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Caranya : Pisahkan terlebih dahulu putih telur dengan kuningnya. Kemudian oleskan putih telur ke wajah. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukanlah setiap malam secara rutin.  

6. Menggunakan buah lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga lemon mempunyai manfaat untuk membuat kulit tampak cerah. Bagi yang mempunyai jerawat, lemon sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Caranya : Peras 1 buah lemon, lalu tambahkan sedikit madu. Kemudian oleskan campuran air lemon dan madu ke wajah dan leher. Tunggu hingga 20 menit, setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih. Perawatan dari dalam tubuh juga bisa menggunakan buah lemon. Tinggal seduh saja air lemon dengan air hangat, kemudian tambahkan madu ke dalamnya. Minumlah setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menggunakan bengkuang

Bengkuang memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit dan mengecilkan pori-pori. Sehingga bengkuang sangat cocok untuk mengatasi wajah yang berminyak.

Caranya : Cuci bersih 1 buah bengkuang. Kemudian haluskan bengkuang dengan cara di blender sehingga tekstur bengkuang menjadi lembut. Setelah itu gunakan bengkuang sebagai masker. Pakailah masker sebelum tidur agar masker bengkuang dapat meresap ke kulit lebih lama. Paginya bersihkan wajah dengan air hangat.

8. Menggunakan mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Sehingga cocok untuk mengatasi wajah yang berminyak.

Caranya : Haluskan 1 buah mentimun dengan cara di blender. Oleskan mentimun tadi ke wajah sebagai masker. Diamkan selama 30 menit hingga kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cukup praktiskan cara mengatasi wajah berminyak. Anda juga dapat melakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba… 

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system