Saturday, June 4, 2016

Upaya dalam Melestarikan Makhluk Hidup

Upaya dalam Melestarikan Makhluk Hidup


Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan perlu kita lestarikan agar jumlahnya tidak berkurang atau punah. Upaya melestarikan makhluk hidup ini sangatlah penting karena untuk melindunginya agar tidak punah. Makhluk hidup bisa punah karena disebabkan faktor alam contohnya, bencana alam dan juga ulah tangan manusia yang jahil. Ulah manusia karena ingin memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup.

Jika hewan dan tumbuhan punah keseimbangan ekosistem akan berkurangnya keharmonisan di dalam ekosistem tersebut. Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Dan kita harus mengusahakan agar tumbuhan atau hewan tidak punah. Maka dari itu kita harus sadar bahwa tumbuhan dan hewan tidak boleh kita musnahkan dan juga kita harus menjaganya dari kepunahan.

Cara melestarikan makhluk hidup yaitu sebagai berikut :

  1. Membuat peraturan perundangan yang berkaitan dengan pelestarian makhluk hidup.
  2. Membuatkan tanam nasional yang berfungsi untuk melindungi makhluk hidup dari kepunahan.
  3. Membuat cagar alam yang berfungsi untuk menjaga tumbuhan agar dalam keadaan alami.
  4. Menerapkan hutan lindung yang berfungsi untuk mencegah erosi dan menjadi dari daerah resapan air.
  5. Membuat kebun raya yang berfungsi untuk tempat menyimpan tanaman dari berbagai wilayah agar tetap lestari dan sebagai ilmu pengetahuan.

Tumbuhan dan hewan perlu kita lestarikan agar tidak punah dan tetap ada. Contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah yaitu sebagai berikut :

1. Contoh hewan yang hampir punah

Hewan hampir punah karena banyak tangan manusia yang jahil dengan cara memburunya dan diambil kulitnya untuk dibuat sesuatu yang berharga. Jika setiap hari hewan diburu maka jumlah hewan akan berkurang dan menjadi langka. Hewan – hewan yang hampir punah yaitu sebagai berikut :
a. Komodo

Komodo adalah seekor kadal yang besar yang dianggap dari dinosaurus yang telah lalu dan sudah punah. Komodo kebanyakan hidup di pulau Komodo. Keadaan alam yang semakin tidak baik membuat perkembangan komodo menjadi punah.

b. Burung cendrawasih

Burung cendrawasih ini hidup di papua. Burung cendrawasih sering diburu orang karena bulunya yang cantik sehingga banyak orang yang ingn menangkapnya. Jika burung ini sering diburu maka jumlah burung ini berkurang, oleh karena itu para pemburu harus sadar dan pemerintaha harus mengingatkannya dengan undang – undang yang berlaku.

c. Anoa

Hewan ini adalah ciri khas pulau Sulawesi dan hanya hidup di sana. Jumlah hewan ini berkurang karena tempatnya yang rusak. Akibat penebangan hutan secara liar.

d. Badak bercula satu

Badak bercula satu ini hidup di  Ujung Kulon, Banten, Jawa barat. Badak ini memiliki cula satu. Dan badak ini hampir punah karena sering diburu dan diambil culanya.

e. Burung jalak bali

Burung jalak bali ini hidup di Bali. Banyak orang yang memburu burung ini karena bulunya yang putih dan jambul yang dikepalanya yang merupakan ciri khas burung ini. Sehingga jumlah burung ini berkurang.

2. Contoh tumbuhan yang hampir punah

Selain hewan, tumbuhan pun bisa punah. Karena banyak yang mengambilnya untuk dijadikan tanaman hias atau barang – barang berguna yang bermanfaat bagi mereka tanpa melihat kebelakang. Pelindungan pada tumbuhan yang langka agar tidak punah dilakukan konservasi. Tumbuhan – tumbuhan yang hampir punah yaitu sebagai berikut :
  1. Bunga Rafflesia arnoldii, bunga ini berbentuk raksasa yang tumbuh di Bengkulu. Bunga ini hampir punah karena diburu manusia.
  2. Pohon Cendana,  pohon cendana ini baunya yang khas membuat orang menjadi tertarik sehingga banyak orang yang mengambilnya untuk souvenir.
  3. Kayu jati, kayu jati bisa dibuat untuk perabotan rumah tangga. Banyak orang yang mengambil sehingga jumlah pohon jati berkurang.
  4. Anggrek sandal, banyak oaring yang mengambilnya karena bunganya sangat indah. Sehingga jumlahnya berkurang.

kita sebagai umat manusia harus sadar bahwa hewan dan tumbuhan sangatlah berharga bagi kita. Maka dari itu kita harus menjaganya agar tidak punah dan melestarikannya. Dengan cara membuat Cagar Alam dan Suaka Margasatwa.

Demikianlah upaya dalam melestarikan makhluk hidup dan hewan – hewan atau tumbuhan – tumbuhan yang hampir punah. Dan semoga bermanfaat.

SELAMAT BELAJAR

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system