Thursday, June 23, 2016

Kenampakan Permukaan Bumi di Lingkungan Alam Sekitar

Kenampakan Permukaan Bumi di Lingkungan Alam Sekitar


Kenampakan permukaan bumi. Kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar sangatlah beragam. Bentuk permukaan daerah pantai tentu berbeda dengan daerah pngunungan. Didaerah pantai permukannya lebih datar dibandingkan didaerah pegunungan yang permukaan jalan cenderung menanjak dan berliku–liku.

A. Bentuk permukaan bumi

Bentuk permukaan bumi sangatlah tidak rata. Adanya gunung, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, bukit, laut dll. Membuktikan bahwa permukaan bumi tidak rata. Perbedaan tinggi rendahnya suatu permukaan bumi disebut relief. Banyak macam-macam bentuk permukaan bumi yang dapat kita lihat dengan peta. Peta adalah gambaran permukaan bumi. Permukaan bumi dibagi menjadi 2 yaitu daratan dan perairan.

1. Daratan

Daratan adalah permukaan bumi yang tidak digenangi air. Daratan yang sangat luas disebut benua. Sedangkan daratan yang lebih kecil dari benua disebut pulau. Contoh daratan yaitu gunung, bukit, padang rumput, padang pasir dll.
  • Gunung adalah permukaan bumi yang menonjol ke atas. Gunung merupakan permukaan yang paling tinggi dari daerah lain. Gunung dibagi menjadi 2 yaitu gunung mati dan gunung berapi. Gunung mati yaitu gunung yang sudah tidak aktif lagi dan sudah tidak mengeluarkan asap. Sedangkan gunung berapi yaitu gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus. Kumpulan dari beberapa gunung yang saling menyambungkan disebut dengan pegunungan.
  • Bukit adalah permukaan bumi yang lebih rendah dari gunung. Contoh bukit yaitu bukit tinggi yang berada di Sumatra Barat. Suatu daerah yang memiliki banyak bukit disebut perbukitan.
  • Dataran adalah bagian permukaan bumi yang tingginya hampir sama dengan daratan. Dataran dibagi menjadi 2 yaitu dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi yaitu daerah yang datar dimana letak ketinggiannya lebih dari 400 meter yang terdapat di daerah pegunungan. Sedangkan dataran rendah yaitu daerah yang datar dimana letak ketinggiannya antara 0 – 200 meter yang terdapat di daerah pantai.
  • Lembah adalah wilayah daratan yang letaknya lebih rendah daripada dataran rendah. Lembah ada 2 yaitu jurang dan ngarai. Jurang yaitu lembah yang letaknya lebih dalam, sempit dan dindingnya curam. Sedangkan ngurai yaitu lembah yang letaknya dalam namun luas dan dindingnya juga curam.
  • Padang pasir adalah wilayah daratan yang sangat luas dan terdapat pasir. Padang pasir ini sering disebut gurun. Didaerah ini bersuhu panas dan tidak ada tumbuhan selain tumbuhan kaktus.

2. Perairan

Perairan adalah permukaan bumi yang digenangi oleh air. Bumi kita terdapat lebih banyak perairan daripada daratannya.
  1. Lautan adalah wilayah perairan yang sangat luas. Lautan terdiri dari samudra, laut, selat dan teluk.
  • Laut yaitu daerah yang membentuk cekungan yang sangat dalam dan berisi air. Contoh, laut Jawa
  • Samudra yaitu daerah lautan yang sangat luas dan dalam. Contoh, samudar Atlantik.
  • Teluk yaitu bagian permukaan laut yang menjorok ke daratan. Contoh, teluk Jakarta.
  • Selat yaitu bagian laut yang letaknya sempit diantara beberapa pulau. Contoh, selat Sunda.

     2. Sungai adalah kumpulan air yang berada di daratan dimana alirannya besar. Sungai terbentuk secara              alami tanpa campur tangan manusia. Air sungai mengalir dari daerah yang tinggi menuju daerah yang 
         rendah. Sungai memiliki beberapa bagian yaitu :
  • Hulu yaitu bagian yang sangat tinggi dari sungai.
  • Hilir yaitu bagian yang sangat rendah dari sungai.
  • Muara yaitu tempat berakhirnya sungai mengalir.

     3.  Danau adalah daratan yang berbentuk cekungan sangat luas dan terdapat genangan air. Danau ini ada           yang alami dan buatan. Danau alami terjadi karena akibat letusan gunung berapi. Sedangkan buatan               terjadi karena sengaja dibuat manusia untuk kepentingan umum.

B.Bentuk permukan dasar laut

Bentuk permukaan dasar laut juga tidak rata seperti halnya daratan. Bentuk permukaan bumi ada 4 yaitu sebagai berikut :
  1. Paparan adalah bentuk dasar laut yang berada ditepi benua yang memiliki kedalaman 200 meter. Contoh, paparan sunda.
  2. Cekungan adalah bentuk lembah laut yang memilki kedalaman sekitar 5000 meter. Contoh, cekungan banda.
  3. Palung adalah lembah laut yang sempit, dalam dan memiliki dinding yang curam. Contoh, palung laut Mindanau di Philipina.
  4. Gunung laut adalah gunung yang tidak sampai ke permukaan laut.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang kenampakan permukaan bumi di lingkungan alam sekitar. Semoga 

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system