Wednesday, June 15, 2016

Materi Besaran dan Satuan Dalam Fisika

Materi Besaran dan Satuan Dalam Fisika


Besaran dan Satuan dalam fisika. Besaran dan satuan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran fisika yang tidak asing di telinga kita. Besaran biasanya digunakan untuk mengukur. Besaran dan satuan tidak bisa dipisahkan karena sebuah besaran memerlukan satuan yang dapat digunakan untuk mempermudah perhitungan.

A. Besaran

Sesuatu yang bisa dikatakan sebagai besaran harus mempunyai 3 syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut antara lain :
  • Dapat diukur atau dihitung
  • Dapat dinyatakan dengan angka-angka atau nilai
  • Mempunyai satuan.
Jadi, berdasarkan syarat di atas besaran memiliki arti yaitu sesuatu yang bisa diukur dan memiliki nilai atau angka serta memiliki sebuah satuan.

Dalam fisika besaran dapat di bedakan menjadi 2 yaitu :


1. Besaran Pokok


Besaran pokok yaitu besaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu oleh para ahli fisika dan tidak dapat dijabarkan oleh besaran lain. Umumnya besaran pokok terdiri dari 7 macam besaran.
besaran pokok
Besaran Pokok
2. Besaran Turunan

Besaran turunan yaitu besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Suatu besaran turunan merupakan sebuah perkalian dari besaran pokok. Satuan besaran turunan juga merupakan sebuah perkalian dari satuan besaran pokok. Contohnya luas diartikan sebagai hasil kali dua besaran panjang (panjang x lebar). Jika satuan panjang dan lebar sama-sama meter maka besaran luas adalah besaran turunan yang memiliki satuan meter x meter atau disingkat m2. Sekarang ganti mencari besaran kecepatan. Besaran kecepatan didapat dari hasil bagi jarak dan waktu. Jarak termasuk besaran panjang yang memiliki satuan meter, sedangkan waktu memiliki satuan sekon. Jadi, besaran kecepatan merupakan besaran turunan dari besaran pokok panjang dibagi besaran pokok waktu. Sehingga diperoleh satuan meter/sekon atau disingkat m/s.
Besaran Turunan
Besaran Turunan

B. Sistem Satuan

Satuan merupakan sesuatu yang dipakai sebagai pembanding dalam suatu pengukuran. Sedangkan pengukuran sendiri artinya membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang digunakan sebagai satuan. Tujuan melakukan pengukuran yaitu untuk mendapatkan nilai agar sesuatu yang diukur bias dinyatakan dengan angka. Satuan harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
  • Satuan yang ditetapkan tidak akan mengalami perubahan oleh pengaruh apapun
  • Satuan yang ditetapkan harus berlaku di semua tempat dan setiap saat
  • Satuan yang ditetapkan harus mudah ditiru
Sistem Satuan Internasional (SI) merupakan sebuah sistem satuan yang berlaku secara internasional serta mempunyai standar yang sudah baku. Satuan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. Satuan baku adalah standar satuan baku yang telah ditetapkan sama di setiap tempat. Sedangkan satuan tidak baku adalah standar satuan tidak baku tidak sama di setiap tempat, contohnya jengkal.

Sistem Satuan Internasional (SI) dapat dibagi menjadi dua macam yaitu :
  1. Sistem MKS (Meter, Kilogram, Sekon)
  2. Sistem CGS (Centimeter, Gram, Sekon)
Satuan Internasional
Satuan Internasional (SI)


Demikianlah artikel tentang besaran dan satuan dalam fisika. Semoga memberikan manfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system