Wednesday, October 5, 2016

8 Manfaat Danau Bagi Makhluk Hidup Terutama Manusia

8 Manfaat Danau Bagi Makhluk Hidup Terutama Manusia


8 manfaat danau bagi makhluk hidup terutama manusia. Danau adalah salah satu sumber mata air yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Danau merupakan sebuah cekungan yang digenangi oleh air tawar dalam jumlah yang sangat banyak dan luas dan dikelilingi oleh daratan. Air yang terdapat di danau dapat berasal dari mata air, air tanah, air sungai yang bermuara di danau atau dapat juga berasal dari air hujan. Jika dilihat danau memiliki bentuk seperti kolam yang memiliki ukuran sangat besar. Danau dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu danau alami (danau yang terbentuk secara alami) dan danau buatan (danau yang dibuat dengan campur tangan manusia). Danau sangat penting bagi kehidupan organisme di dalam danau maupun bagi kehidupan di sekitarnya. Nah untuk lebih jelasnya tentang manfaat danau, simaklah artikel di bawah ini.

Manfaat Danau

Sebenarnya danau memiliki banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup terutama manusia. Manfaat danau tersebut antara lain :

1. Memenuhi Kebutuhan Air Sehari-hari

Danau sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup dalam kebutuhan sehari-hari, apalagi kalau musim kemarau melanda. Di saat itulah peran danau sangat penting karena danau dapat digunakan sebagai sumber mata air yang dimanfaatkan untuk minum, memasak, mencuci dan lain-lain.

2. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Kekuatan air yang dimiliki danau ini, energinya dapat dirubah menjadi salah satu jenis pembangkit listrik. Hal tersebut justru akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia sebagai pengguna listrik karena listrik nantinya akan disalurkan ke rumah-rumah. Listrik akan membuat kehidupan manusia lebih modern dan terarah. Adanya listrik juga dapat membantu kehidupan manusia sehari-hari dalam segala bidang.

3. Sebagai Sarana Irigasi

Danau juga dapat dimanfaatkan sebagai irigasi untuk mengairi area pertanian. Danau merupakan tempat untuk menampung banyak air tawar sehingga sangat cocok dan sangat membantu untuk pertanian. Oleh karena itu, area pertanian mendapatkan cukup air untuk mengairi tanaman-tanaman yang ada di area tersebut. Sehingga tanaman-tanaman pertanian tersebut akan tumbuh menjadi subur.

4. Sebagai Tempat Memelihara Ikan Tawar

Danau juga sangat bermanfaat sebagai tempat memelihara ikan tawar karena kebanyakan danau berisi air tawar. Danau berbentuk cekungan yang sangat besar sehingga dapat memudahkan untuk memelihara atau membudidayakan ikan air tawar pada danau tersebut. Jika dimanfaatkan sebagai tempat memelihara ikan, danau harus ditanami tumbuh-tumbuhan yang dapat tumbuh di air tawar seperti enceng gondok. Gunanya enceng gondok di danau yaitu sebagai makanan ikan secara alami karena berasal dari alam. Sebuah danau yang dimanfaatkan untuk memelihara ikan lama kelamaan dapat menunjang perekonomian penduduk sekitar danau.

5. Sebagai Tempat untuk Pengembangan Nilai Budaya

Sebuah danau juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengembangkan nilai budaya lokal yang umumnya masih bersifat tradisional. Contohnya danau dapat digunakan untuk upacara-upacara adat pada daerah tertentu. Secara tidak langsung hal tersebut justru dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk melestarikan nilai budaya agar tradisi tersebut tidak hilang oleh zaman. Di samping itu, upacara-upacara adat juga dapat digunakan untuk merekatkan persaudaraan dan kerukunan antar warga masyarakat.

6. Membantu Proses Produksi Barang

Danau dapat dimanfaatkan untuk membantu proses produksi barang. Biasanya hal ini dapat terjadi di pabrik-pabrik besar yang kegiatan produksinya membutuhkan supplay air yang sangat banyak. Sehingga pabrik-pabrik tersebut membutuhkan air pada danau untuk memenuhi kebutuhannya. Karena air danau dapat digunakan untuk melancarkan proses produksi barang pada sebuah pabrik besar.

7. Membantu Proses Penyuburan Tanah

Danau yang terdapat di tengah-tengah daratan akan membuat tanah di sekitar danau menjadi lebih subur. Karena air danau akan meresap ke dalam tanah-tanah yang ada di sekitarnya secara otomatis tanah di sekitar danau akan selalu basah dan lama kelamaan akan menjadi subur. Tidak heran jika tanaman di sekitar danau tampak lebih segar, subur dan tentunya sangat hijau. Hal tersebut akan membawa keuntungan bagi para penduduk di sekitar danau untuk menanam tanaman tertentu yang akan dijual kepada masyarakat luas.

8. Sebagai Sarana Rekreasi atau Wisata

Danau dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk rekreasi atau wisata bersama keluarga. Di sekitar danau di kelilingi banyak pohon sehingga udaranya sangat sejuk sehingga cocok untuk membuat pikiran menjadi segar kembali setelah sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Danau terkenal akan pemandangannya yang sangat bagus sehingga sayang kalau di lewatkan. Di samping itu, banyak danau yang menawarkan wahana atau permainan untuk memanjakan para pengunjung.


Demikianlah artikel tentang 8 manfaat danau bagi makhluk hidup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat membaca..

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system