Tuesday, October 11, 2016

6 Manfaat Perairan Laut dan Cara Menjaga Kelestariannya

6 Manfaat Perairan Laut dan Cara Menjaga Kelestariannya


6 manfaat perairan laut dan cara menjaga kelestariannya. Bumi ini terdiri dari daratan dan lautan. Laut merupakan bagian dari permukaan bumi yang tertutup oleh air dan mempunyai kadar garam yang cukup tinggi. Sebenarnya luas permukaan bumi (perairan darat) adalah 510 juta Km2 dan tiga perempatnya (75%) merupakan laut. Hal ini malah justru memberikan keuntungan tersendiri terhadap negara yang sedang berkembang. Jika sebuah negara dapat dan mampu memanfaatkan perairan laut maka secara langsung dapat mendongkrak kemakmuran rakyat Indonesia. Negara Indonesia terkenal akan julukan negara maritime sebab Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas jika dibandingkan dengan wilayah daratan. Nah, langsung saja kita simak tentang manfaat perairan laut dan cara menjaganya.

Manfaat Perairan Laut

Telah kita ketahui bahwa perairan laut memberikan banyak manfaat khususnya bagi kehidupan manusia. Manfaat-manfaat perairan laut tersebut antara lain :

1. Sebagai Sumber Kehidupan Nelayan

Manfaat perairan laut yang pertama yaitu sebagai sumber kehidupan bagi nelayan. Di dalam laut terdapat banyak jenis ikan, kerang, kepiting, udang dan sebagainya. Dari hasil laut tersebut, para nelayan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sehingga para nelayan saling berlomba-lomba untuk mendapatkan ikan yang banyak. Tetapi semakin ketatnya persaingan banyak nelayan yang melakukan percurangan seperti menangkap ikan dengan bom. Hal tersebut akan mengakibatkan langkanya beberapa jenis ikan dan hewan laut lainnya.

2. Sebagai Pengendali Iklim Dunia

Perbedaan antara sifat fisik air laut dengan sifat fisik daratan yang berbeda dapat menimbulkan gerakan udara (angin). Bersama dengan angin tersebut, uap air laut akan terbawa dan dapat menyejukkan atau memanaskan tempat yang dilaluinya serta dapat menimbulkan turunnya hujan. Arus panas dan arus dingin dapat mempengaruhi klimatologi suatu daerah.

3. Sebagai Tempat Perhubungan dan Transportasi

Laut merupakan sarana transportasi murah yang dapat menghubungkan satu pulau ke pulau lainnya serta sarana perhubungan seperti sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya. Transportasi laut dapat berupa kapal penumpang, kapal barang dan kapal pesiar.

4. Sebagai Sumber Pembangkit Listrik

Pergerakan air laut yang terjadi setiap harinya baik itu ombak atau arus laut maupun pergerakan pasang atau surut air laut dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik sebab pergerakan air tersebut dapat menimbulkan sebuah sumber energi listrik.

5. Sebagai Sumber Minyak Bumi

Kita pasti pernah melihat bangunan yang tinggi dan besar di tengah laut lepas. Bangunan tersebut dibuat oleh perusahaan-perusahaan minyak untuk membangun kilang minyak. Hal tersebut dikarenakan banyak sumber minyak bumi maupun gas alam yang berguna bagi kehidupan manusia. Setelah para ahli melakukan penelitian, mereka memperkirakan bahwa kandungan minyak bumi dan gas alam yang terdapat di laut jauh lebih besar jika dibandingkan dengan yang ada di daratan.

6. Sebagai Tempat Sarana Rekreasi

Laut merupakan sarana rekreasi yang paling murah dan menyenangkan. Pemandangan di laut seperti air laut berwarna biru dan angin yang semilir akan menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari sehingga setelah dari laut pikiran dan badan akan kembali segar dan siap untuk melakukan aktivitas lagi.

Cara Menjaga Kelestarian Laut

Jika kita pergi ke laut atau pantai pasti pemandangan akan terganggu oleh adanya sampah di mana-mana. Sehingga laut akan terlihat sangat kotor dan semakin terekploitasi. Banyak dampak yang ditimbulkan akibat laut kotor seperti perubahan suhu, naiknya permukaan laut serta langkanya bahkan hilangnya biota laut yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan manusia. Oleh karena itu jagalah laut kita agar tetap indah. Menjaga kelestarian laut tidak hanya pemerintah atau petugas laut saja melainkan tanggung jawab kita semua karena kita sendiri yang akan menikmatinya. Menjaga kelestarian laut dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :

1. Kurangi Konsumsi Makanan Laut

Pada zaman sekarang ini sudah banyak orang yang menyukai makanan seafood (makanan laut). Jika setiap hari para pengusaha makanan seafood mengambil ikan atau biota laut secara berlebihan karena memenuhi permintaan konsumen maka lama kelamaan ikan atau biota laut tersebut akan semakin berkurang jumlahnya bahkan dapat mengalami kepunahan. Jadi sebaiknya boleh makan seafood dengan bijak-bijak dan tidak berlebihan. Hal tersebut sudah membantu dan menjaga para biodata laut agar tidak punah.

2. Kurangi Penggunaan Energi

Penggunaan energi sering dilakukan setiap hari tanpa kita menyadarinya. Contohnya selalu menggunakan motor walaupun jaraknya dekat. Hal tersebut dapat merusak udara lingkungan akibat asap dari motor tersebut. Oleh karena itu kurangilah dalam penggunaan motor agar udara tetap segar dan sejuk. Selalu mematikan lampu jika tidak digunakan juga salah satu contoh dari penghematan energi.

3. Kurangi Pemakaian Produk Berbahan Plastik

Sampai saat ini ada sebagian orang yang belum sadar akan menjaga laut. jika kita ke pantai atau laut banyak ditemukan plastik-plastik yang sudah mengapung di air laut. hal tersebut dapat membuat pantai menjadi kotor. Plastik juga bisa mempunyai andil dalam perusakan ekosistem laut.

Demikianlah artikel tentang 6 manfaat perairan laut dan cara menjaga kelestariannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system