Friday, October 21, 2016

Mengenal Persebaran Flora di Seluruh Indonesia

Mengenal Persebaran Flora di Seluruh Indonesia 


Mengenal persebaran flora di seluruh Indonesia. Indonesia termasuk negara yang sangat luas dan kaya akan keanekaragaman baik di darat maupun di udara. Negara Indonesia juga sering disebut dengan megadivercity country sebab Indonesia memiliki keanekaragam hayati yang tinggi dengan keunikan tersendiri. Keanekaragaman yang sangat tinggi tersebut dapat ditemukan atau dijumpai dalam hutan hujan tropis. Di dalam hutan hujan tropis banyak ditemukan berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Namun untuk artikel kali ini kita hanya membahas tentang flora yang di dalamnya akan membahas tentang berbagai macam tumbuhan. Nah, untuk lebih jelasnya tentang persebaran flora di Indonesia, simaklah artikel ini hingga selesai.

Persebaran Flora di Indonesia 

Sebuah tumbuhan yang dapat hidup di suatu tempat ada yang dapat tumbuh sendiri secara alami dan ada juga yang dibudidayakan manusia. Sehingga tumbuhan atau flora di setiap daerah memiliki jenis yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan flora tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain :
  • Iklim
  • Tinggi rendahnya permukaan bumi
  • Jenis tanah 
  • Pengaruh makhluk hidup
Faktor iklim merupakan faktor paling utama bagi flora untuk dapat bertumbuh dan berkembangbiak. Iklim yang dimiliki pada suatu daerah memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap suhu udara serta curah hujan. Jika suatu daerah memiliki curah hujan yang sangat tinggi maka daerah tersebut memiliki hutan yang lebat dan juga mempunyai berbagai jenis tanaman yang sangat bervariasi. Jenis flora yang dapat dipengaruhi oleh iklim adalah :

1. Hutan Hujan Tropis

Umumnya hutan hujan tropis terdapat di daerah yang mempunyai curah hujan yang sangat tinggi. Indonesia memiliki iklim tropis dan juga dilalui oleh garis khatulistiwa sehingga Indonesia mempunyai banyak sinar matahari sepanjang tahun dan curah hujan yang tinggi serta memiliki temperatur udara yang tinggi pula. Ciri-ciri hutan hujan tropis di Indonesia adalah adanya tumbuhan berkanopi rapat dan juga banyak tumbuhan memanjat atau liana. Letak hutan hujan tropis di Indonesia yaitu di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan serta Papua.

2. Hutan Musim

Hutan musim yang ada di Indonesia memiliki suhu udara yang sangat tinggi. Di samping itu, tumbuhan yang hidup di hutan musim ini memiliki perbedaan kondisi yang dapat terjadi pada saat musim hujan dan musim kemarau. Pada saat musim kemarau, pohonnya akan meranggas tetapi setelah musim hujan tiba, tumbuhan atau pepohonan tersebut kembali tumbuh menjadi hijau kembali. Contoh dari hutan musim adalah hutan jati dan kapuk randu. Umumnya hutan musim paling banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

3. Hutan Bakau

Hutan bakau sering disebut dengan Mangrove. Hutan bakau merupakan sebuah hutan yang hanya dapat tumbuh di pantai yang berlumpur. Di Indonesia hutan bakau banyak terdapat di daerah Papua, Kalimantan Barat, Sumatera bagian timur dan Kalimantan Selatan.

4. Sabana

Sabana merupakan sebuah padang rumput yang dikelilingi oleh berbagai pohon yang bergerombol. Sabana dapat hidup di sebuah daerah yang memiliki curah hujan sedikit. Di Indonesia, sabana banyak ditemukan di NTT dan NTB.

5. Stepa

Stepa merupakan sebuah padang rumput yang sangat luas. Stepa hanya dapat tumbuh di suatu daerah dengan curah hujan yang sangat sedikit. Di Indonesia, stepa banyak ditemukan di NTT.

Persebaran flora di Indonesia meliputi tiga bagian dengan ciri-ciri yang berbeda-beda. Ketiga bagian tersebut antara lain :

1. Flora di Bagian Barat

Flora di Indonesia bagian barat meliputi daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Umumnya, flora di bagian barat ini mempunyai kesamaan dengan tumbuh-tumbuhan yang ada di seluruh Asia. Flora bagian barat ini memiliki sebuah kawasan mangrove atau hutan bakau yang banyak tumbuh di sekitar pantai. Jenis tumbuhan pada flora bagian barat ini memiliki berbagai jenis yang sangat beragam atau heterogen.

Ciri-ciri flora di bagian barat yaitu :
  • Memiliki ketinggian pohon 60 meter
  • Tidak memiliki hutan kayu putih
  • Memiliki tumbuhan sagu yang sedikit
  • Banyak tumbuhan yang berjenis meranti-merantian
  • Banyak macam-macam tumbuhan rotan
Contoh flora di berbagai daerah :
  • Jawa         : Jati meranti, bunga anggrek, bugenvil, beringin, pinang dan mahoni
  • Sumatera         : Kayu manis, beringin, pinus, raflesia dan kayu besi
  • Kalimantan : Pinus, rotan, jelutung, ramin, kamper dan bakau
2. Flora di Bagian Tengah

Flora di Indonesia bagian tengah meliputi Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara dan Maluku. Di flora bagian tengah ini, memiliki jenis hutan yang seragam atau sering disebut hutan homogen yang artinya hanya ada tumbuhan satu jenis. Di Nusa Tenggara terdapat padang rumput yang luas dan alami sehingga baik untuk peternakan karena daerah tersebut mempunyai curah hujan yang rendah. Di samping itu juga terdapat banyak pegunungan kapur.

Ciri-ciri flora di bagian tengah yaitu :
  • Banyak tumbuh berbagai macam tumbuhan palem
  • Banyak tumbuhan anggrek dan paku 
Contoh flora di berbagai daerah :
  • Sulawesi : Kayu besi, kayu hitam, berbagai jenis bunga anggrek, pinus dan rotan
  • Nusa Tenggara : Berbagai jenis bunga anggrek, akasia, jati dan cendana
  • Maluku : Lenggua, jati, sagu, anggrek, gotasa dan kayu putih
3. Flora di Bagian Timur

Flora di Indonesia bagian timur meliputi pulau Papua dan pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Umumnya, flora di bagian timur ini memiliki kemiripan dengan flora yang ada di benua Australia.

Ciri-ciri flora di bagian timur yaitu :
  • Memiliki ketinggian pohon yang lebih rendah dari pada flora bagian barat
  • Banyak tumbuh tumbuhan semak belukar
  • Pepohonan masih jarang ditemui
  • Memiliki banyak tumbuhan sagu
  • Tidak memiliki tumbuhan rotan

Jenis flora yang tumbuh di bagian timur yaitu pohon matoa, tanaman berjenis conifer seperti agatis alba dan obi, serta tanaman ficus family beringin.

Demikianlah artikel tentang mengenal persebaran flora di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat membaca

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system