Tuesday, June 14, 2016

Tips Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa Secara Alami

Tips Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa Secara Alami



Mengatasi bibir kering saat berpuasa. Saat berpuasa pasti semua orang mengalami bibir kering baik laki-laki maupun perempuan. Bibir kering sangat mengganggu penampilan karena wajah akan terlihat lesu dan pucat. Tetapi orang yang mempunyai bibir segar, wajah akan terlihat segar pula dan semangat. Bibir kering bisa terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Mempunyai bibir kering terkadang membuat orang yang mengalaminya sangat terganggu. Jika ingin pergi banyak cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk menutupi bibirnya yang kering tetapi hal tersebut tidak bias bertahan lama pasti bibir mengalami kering lagi.


Terlalu lama di bawah sinar matahari langsung akan membuat timbulnya bibir kering semakin cepat terjadi. Banyak cairan yang di keluarkan oleh tubuh, sehingga kulit apalagi wajah dan bibir akan cepat kering. Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh banyak orang ketika bibirnya kering yaitu membasahi bibir dengan air liur. Hal tersebut sebenarnya salah malah justru akan membuat bibir lebih kering karena kandungan air yang terdapat di air liur tidak sebanyak ketika kita tidak berpuasa.

Saat berpuasa tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bibir kering karena tubuh boleh menerima cairan ketika sudah waktunya berbuka. Sehingga selama puasa tubuh akan terlihat kering. Sebenarnya ada banyak cara alami untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa tanpa harus membatalkan puasa kita. Mungkin ada sebagian orang yang sudah tahu caranya, tetapi ada juga yang belum tahu sama sekali. Mereka yang sedang mengalami bibir kering hanya bisa berpasrah dan tidak perduli kalau bibirnya kering.

Tips Mengatasi Bibir Kering

1. Perbanyak Minum Air putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, jika mengalami bibir kering perbanyaklah minum air putih karena dapat berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga bibir akan terlihat segar, lembab dan cerah kembali. Minumlah air putih yang cukup banyak ketika sahur dan berbuka puasa.

2. Membuat Scrub Bibir

Membuat scrub bibir sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Caranya buat campuran antara gula dan sedikit air. Kemudian gosokkan pada bibir sampai terasa halus. Scrub bibir ini memiliki manfaat untuk membuat kulit mati pada bibir kering akan terangkat sehingga kulit bibir akan terganti dengan yang baru yang lebih lembab.

3. Menggunakan Madu

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering yaitu dengan menggunakan madu. Karena madu memiliki manfaat untuk melembabkan dan melembutkan bibir. Selama puasa, oleskan madu ke seluruh permukaan bibir ketika malam hendak tidur. Ketika sahur minumlah tiga sendok madu

4. Hindari Makanan Pedas dan Asin

Selama berpuasa usahakan menghindari makanan dengan rasa pedas dan asin. Makanan pedas yang telah dikonsumsi akan membuat rasa haus sepanjang hari, sehingga dapat membuat bibir semakin kering. Rasa asin akan menyerap kandungan air dalam tubuh, sehingga makanan asin dapat menimbulkan bibir menjadi kering.

5. Pengelupasan Kulit Bibir

Lakukanlah perawatan bibir dengan cara pengelupasan kulit bibir secara rutin minimal seminggu sekali. Cara tersebut sangan efektif dalam mengatasi bibir kering karena kulit bibir yang mati atau kering akan terganti dengan kulit bibir yang baru. Caranya yaitu basahi bibir dengan air hangat kemudian gosoklah bibir menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut.

6. Menggunakan Lip Balm

Selalu gunakan lip balm pada waktu siang hari terlebih jika ingin berpergian karena lip balm akan menjaga bibir agar tetap lembab dan lembut. Pilihlah lip balm yang kaya pelembab dan mengandung minyak alami.

7. Menggunakan Timun

Timun sangat terkenal akan kandungan air yang banyak sehingga dapat menjaga kelembaban kulit bibir. Oleh karena itu, timun sangat cocok untuk mengatasi bibir kering. Caranya tinggal potong-potong timun, kemudian tempelkan dibibir dengan sedikit tekanan sehingga sarinya akan keluar.

8. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sangat terkenal akan kandungan vitamin yang banyak. Sehingga dapat menutrisi kulit bibir dari dalam. Oleh karena itu, buah dan sayur sangat cocok untuk mengatasi bibir kering.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah tips di atas secara rutin. Karena kunci utama untuk melakukan perawatan yaitu dilakukan secara rutin. Jika hanya melakukan satu kali dalam seminggu maka hal tersebut dapat dikatakan sia-sia dan harus melakukan secara ulang.
Selamat mencoba, semoga berhasil…

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system