Sunday, June 5, 2016

Macam-macam Alat Pernapasan Pada Manusia

Macam-macam Alat Pernapasan Pada Manusia


Macam-macam alat pernapasan pada manusia. Pernapasan adalah proses dimana saat kita menghirup oksigen yang berupa udara dan mengelurkan sisa – sisa karbon dioksida. Oksigen ini yang paling utama dalam pernapasan pada manusia. Tanpa adanya oksigen manusia tidak bisa bernapas dengan baik. Pernapasan disebut juga respirasi. Alat – alat perrnapasan berfungsi untuk proses memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbon diaksida. Tujuan bernapas adalah untuk memperoleh energi dan agar bisa melangsungkan kehidupan. Organ pernapasan pada manusia yaitu sebagai berikut :

1. Hidung

Hidung adalah salah satu organ yang sangat penting dalam proses pernapasan. Didalam hidung terdapat selaput lendir dan rambut – rambut halus yang berfungsi untuk menyaring debu yang masuk bersama oksigen. Dan untuk menyesuaikan suhu udara dengan badan.
2. Faring

Faring merupakan pertemuan antara jalan masuknya udara pernapasan dengan jalan pencernaan. Belakang faring terdapat laring, yang dimana terdapat pita suara dan epiglotis. Epiglotis akan menutup jika kita menelan makanan dan pada saat kita bernapas epiglotis akan membuka.

3. Tenggorokan

Tenggorokan akan selalu terbuka pada saat bernapas. Tenggorokan ini bentuknya seperti pipa. Tenggorokan memiliki 3 lapisan yaitu lapisan luar terdiri atas jaringan ikat, lapisan tengah terdiri atas otot polos dan cicin tulang rawan, sedangkan lapisan terdalam terdiri atas ajaringan epitelium bersilia.

4. Laring ( pangkal tenggorokan ) 

Laring merupakan pangkal tenggorokan, yang berfungsi untuk tempat melekatnya pita suara. Pada laring terdapat katup epiglotis yang selalu tetutup pada saat menelan makanan, tetapi akan membuka pada saat bernapas.

5. Bronkus

Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan. Bronkus berfungsi untuk membawa udara menuju ke paru – paru baik kiri maupun kanan. Percabangan pada bronkus di paru – paru disebut Bronkiolus.

6. Paru – paru ( Pulmo )

Paru – paru merupakan organ pernapasan yang terdapat didalam rongga dada. Paru – paru memiliki 2 bagian yaitu paru – paru kanan dan paru – paru kiri. Didalam paru – paru terdapat bronkus dan bronkiolus. Bronkiolus mengalami percabangan yang di mana pada ujungnya ada gelembung alveolus. Alveolus adalah gelembung – gelembung kecil yang sangat banyak.

Macam-macam penyakit pada sistem pernapasan 

Sistem pernapasan juga bisa menimbulkan penyakit dari mulai yang biasa menjadi yang sangat bahaya. Biasanya penyakit pada sistem pernapasan disebabkan karena kelainan, penyakit atau ulah manusia sendiri. Maka dari itu kita harus menjaga sistem pernapasan kita agar tidak terkena penyakit. Penyakit yang disebabkan terganggunya sistem pernapasan yaitu sebagai berikut :

1. Asma 

Asma adalah gangguan pada pernapasan yang disebabkan saluran pernapasan tersumbat rambut atau kotoran. Hal – hal yang dapat memicu timbulnya serangan asma yaitu contohnya : bulu binatang, asap, udara dll.

2. Influenza ( flu )

Influenza adalah penyakit dapat disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini cepat menular pada tubuh yang kurang fit. Penyakit ini dapat menular melalui udara dengan cara bersin. Penyakit ini tidak hanya menyerang manusia saja tetapi hewan pun bisa terkena penyakit influenza.

3. TBC ( Tuberculosis )

Penyakit TBC yaitu penyakit yang menyerang paru – paru karena disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini timbul berupa bintik – bintik kecil pada dinding alveolus.

4. Pneumonia

Pneumonia yaitu penyakit akibat robeknya dinding alveolus. Penyakit ini disebabkan infeksi pada jaringan paru – paru oleh bakteri, virus atau pun jamur. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu batuk berdahak kental, sakit daa, sesak napas dan demam tinggi.

5. Bronkhitis

Bronkhitis adalah penyakit yang terjadi karena peradangan pada bronkus. Penyakit ini bersifat ringan dan kadang akan hilang dengan sendirinya. Serangan bronkhitis berulang terjadi pada perokok.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang alat pernpasan manusia. Semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system