Saturday, July 23, 2016

Mengenal Berbagai Macam Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Mengenal Berbagai Macam Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia



Mengenal berbagai macam kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia. Nah setelah kemarin sudah membahas tentang sistem reproduksi manusia, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi. Alat reproduksi dapat mengalami kelainan dan gangguan baik yang dialami laki-laki saja maupun perempuan saja.  Terkadang ada kelainan dan penyakit yang menyerang keduanya baik laki-laki dan perempuan. Alat reproduksi manusia sangat penting dijaga karena dengan alat reproduksi tersebut akan dihasilkan generasi penerus dari zaman ke zaman. Oleh karena itu kita harus mengetahui berbagai macam kelainan dan penyakit yang menyerangnya agar kita dapat mencegahnya. Dibawah ini akan dibahas tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan dibawah ini.


1. Epididimitis

Epididimitis merupakan suatu penyakit yang dapat menyerang alat reproduksi laki-laki. Organisme penyebab epididimitis adalah E. coli dan Chlamydia. Penyakit jenis ini disebabkan oleh infeksi atau bisa karena terserang penyakit menular seksual. Gejala penyakit epididimitis yaitu adanya rasa nyeri disertai pembengkakan pada salah satu testis.

2. Hipogonadisme

Hipogonadisme merupakan suatu penyakit yang menyerang alat reproduksi laki-laki dan ditandai dengan penurunan fungsi testis. Hal tersebut dapat disebabkan oleh gangguan interaksi hormon. Penyebab yang ditimbulkan hipogonadisme adalah infertilasi, impotensi serta tidak adanya tanda-tanda kepriaan. Penanganannya dapat dilakukan dengan cara terapi hormon.

3. Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan sebuah kanker yang dapat berkembang dibagian kelenjar prostat pada laki-laki. Kanker tersebut disebabkan oleh bakteri. Ciri-cirinya yaitu kesulitan buang air kecil, impotensi, dan rasa sakit dibagian prostat.

4. Sifilis 

Sifilis merupakan suatu penyakit yang menyerang alat reproduksi laki-laki. Sifilis ini disebabkan oleh bakteri Treponemapallidium yang dapat ditularkan melalui kontakseksual. Gejala dari sifilis antara lain.
  • Bercak-bercak diseluruh tubuh
  • Luka pada bagian alat kelamin, rektum, lidah dan bibir
  • Pembengkakan getah bening pada bagian paha
Penyakit jenis ini sangat berbahaya karena jika tidak segera diobati maka bakteri tersebut akan merusak sel otak, merusak jantung, pembuluh darah serta dapat mengalami kebutaan.

5. AIDS

AIDS salah satu penyakit yang dapat menyerang baik laki-laki maupun perempuan. AIDS merupakan suatu penyakit yang merusak sistem imun manusia dengan menyerang sel darah putih. Penyebabnya yaitu adanya virus HIV yang dapat menular melalui transfusi darah, jarum suntik, jarum infuse, ASI serta melalui hubungan seksual.

6. Gonorrehea

Gonorrehea merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseriagonorrhoeae. Bakteri jenis ini dapat menular melalui kontak seksual. Gejalanya yaitu merasakan rasa sakit ketika urinasi dan terkadang urine mengeluarkan nanah. Jika hal tersebut tidak segera diobati maka akan dapat merusak alat reproduksi yaitu saluran sperma pada laki-laki dan saluran tuba falopi pada perempuan yang dapat mengakibatkan kemandulan. Cara mengatasinya yaitu dengan memberikan obat antibiotik secara cepat.

7. Kanker Vagina

Kanker vagina merupakan suatu penyakit yang menyerang perempuan. Penyebab kanker vagina sampai saat ini belum diketahui tetapi kemungkinan disebabkan oleh virus sehingga menyebabkan iritasi. Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan kemoterapi dan bedah laser.

8. Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan sebuah kanker yang menyerang ovarium pada alat reproduksi perempuan. Gejala kanker ovarium sangat tidak jelas dapat berupa rasa berat pada panggul, perubahan fungsi saluran pencernaan, dan pendarahan abnormal pada vagina. Cara mengatasi kanker ovarium yaitu dengan kemoterapi dan pembedahan.

9. Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan suatu penyakit yang menyerang perempuan. Kanker jenis ini terjadi pada serviks (leher rahim) yang dapat disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Gejala awalnya yaitu berupa pendarahan pada vagina yang baru muncul saat memasuki stadium lebih jauh. Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara mengangkat uterus, oviduk, ovarium, sepertiga bagian atas vagina dan kelenjar linfe pinggul.

10. Kanker Rahim

Kanker rahim merupakan sebuah penyakit yang menyerang perempuan. Kanker rahim yaitu kanker yang sering terjadi di endometrium. Endometrium sendiri merupakan sebuah tempat untuk pertumbuhan janin. Umumnya, penyakit ini menyerang perempuan yang sudah berusia 60 – 70 tahun.

11. Candidiasis

Cabdidiasis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh jamur Candida albican. Penyakit jenis ini dapat menyerang alat reproduksi perempuan. Gejalanya ditandai dengan keluarnya banyak lender pada vagina yang memiliki warna hingga kekuningan serta gatal-gatal pada bagian alat kelamin. Penyakit candidiasis ini sering disebut keputihan. Cara mengatasi penyakit candidiasis adalah dengan memberikan obat anti jamur.


Demikianlah penjelasan tentang kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi manusia. Nah, setelah membaca artikel ini diharapkan pembaca selalu menjaga kebersihan alat reproduksi agar terhindar dari berbagai penyakit.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system