Saturday, July 30, 2016

[Artikel Lengkap] Seleksi Alam Pada Makhluk Hidup

[Artikel Lengkap] Seleksi Alam Pada Makhluk Hidup 


Seleksi alam pada makhluk hidup. Setelah kemarin sudah membahas tentang adaptasi makhluk hidup, pada kesempatan ini akan membahas tentang seleksi alam. Sebelum makhluk hidup melakukan adaptasi terlebih dahulu mereka menyeleksi alam yang akan dijadikan tempat tinggalnya. Melakukan seleksi alam sangat penting dilakukan agar makhluk hidup dapat bertahan hidup sehingga mampu menghasilkan keturunan. Pada manusia dan hewan jika mereka tinggal di tempat atau lingkungan baru yang dirasa tidak aman dan tidak nyaman maka mereka langsung berpindah tempat karena bisa bergerak sendiri. Lain halnya dengan tumbuhan, mereka tidak bisa langsung pindah sendiri karena tidak bisa bergerak. Jadi jika tumbuhan tidak bisa beradaptasi maka tumbuhan tersebut akan mati. Nah, untuk lebih jelasnya tentang seleksi alam pada makhluk hidup, bacalah terus artikel ini sampai habis.

Pengertian Seleksi Alam

Jika mendengar kata “seleksi” pasti akan terpikir tentang “pemilihan”. Jadi seleksi alam merupakan alam yang melakukan seleksi terhadap makhluk hidup yang tinggal di lingkungan tersebut sehingga hanya ada beberapa makhluk hidup saja yang sesuai dan dapat bertahan serta dapat menghasilkan keturunan. Intinya jika makhluk hidup dapat beradaptasi maka makhluk hidup tersebut akan bertahan hidup sedangkan makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi maka kemungkinan akan mengalami kepunahan. Umumnya, makhluk hidup yang beradaptasi dengan lingkungan baru penuh dengan perjuangan dan harus mendapatkan semua kebutuhan hidup agar dapat bertahan hidup. Misalnya mendapatkan makanan, cahaya, air dan tempat tinggal. Antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya harus saling bersaing untuk mendapatkan kebutuhan hidup sebab jika kalah bersaing maka akan kelaparan sehingga menyebabkan kematian. Jika keadaan tersebut sudah mampu dilalui maka makhluk hidup dapat meneruskan perjuangan yaitu mendapatkan keturunan. Di bawah ini ada beberapa bukti yang menunjukkan adanya seleksi alam yaitu :
  1. Organisme  menghasilkan keturunan lebih banyak dari pada yang hanya bertahan hidup
  2. Adanya sebuah variasi antara individu-individu dalam satu spesies
  3. Beberapa variasi dari anggota populasi berhasil bertahan dan menghasilkan keturunan lebih baik
  4. Dengan berjalannya sebuah waktu, individu-individu anak yang memiliki variasi yang menguntungkan akan mendukung pertumbuhan populasi

Faktor - Faktor Seleksi Alam

Dalam seleksi alam ditentukan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain.

1. Suhu Lingkungan

Suhu lingkungan sangat mempengaruhi faktor seleksi alam sebab tidak semua makhluk hidup memiliki suhu tubuh yang sama dengan suhu lingkungan. Misalnya jika berada di daerah dingin atau kutub pasti hewan-hewannya memiliki bulu yang sangat tebal. Bulu tebal digunakan untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin. Sedangkan hewan-hewan yang tinggal di daerah tropis umumnya memiliki bulu yang tipis. Jika hewan yang memiliki bulu tipis berada di daerah dingin atau kutub maka hewan tersebut akan kedinginan karena suhunya sangat rendah sehingga gagal beradaptasi dan mengakibatkan kepunahan.

2. Cahaya Matahari

Pada faktor cahaya matahari ini umumnya digunakan untuk menyeleksi tumbuhan tingkat tinggi yang berklorofil. Hal tersebut dapat terjadi karena tumbuhan yang berklorofil membutuhkan cahaya matahari dalam hal pembentukan makanan. Jadi, cahaya matahari sangat penting bagi tumbuhan. Jika tidak ada sinar matahari maka tumbuhan tidak dapat bertahan hidup sebab tumbuhan tersebut tidak dapat membuat makanan.

3. Makanan

Makanan merupakan kebutuhan primer bagi makhluk hidup, jadi semua makhluk hidup yang berada di bumi ini membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Semua makhluk hidup harus memiliki tubuh yang kuat untuk melakukan persaingan dalam mendapatkan makanan jika ingin bertahan hidup. Sebaliknya jika makhluk hidup itu lemah sehingga  kalah bersaing maka makhluk hidup tersebut akan punah.

Contoh Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah

Hewan dan tumbuhan yang tidak dapat bertahan hidup dengan lingkungan akan mengalami kepunahan. Berikut ada beberapa contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah, di antaranya adalah :
  1. Di daerah kawasan industri, jumlah kupu-kupu yang memiliki warna mencolok lebih sedikit jika di bandingkan dengan kupu-kupu berwarna gelap
  2. Punahnya Dinosaurus karena tidak dapat menyesuaikan dengan iklim
  3. Punahnya burung puyuh liar
  4. Jari kaki kuda yang semula memiliki lima buah untuk menyesuaikan diri dengan tanah yang lunak sekarang berubah menjadi jari satu
  5. Langkanya bunga bangkai

Demikianlah artikel tentang seleksi alam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system