Tuesday, May 17, 2016

Inilah Manfaat Belimbing Wuluh yang Penting Untuk Kesehatan.

Inilah Manfaat Belimbing Wuluh yang Penting Untuk Kesehatan.


Manfaat Belimbing Wuluh. Belimbing wuluh di sebut juga belimbing asam. Karena belimbing ini terkenal dengan rasanya yang asam. Nama latin belimbing wuluh adalah Averrhoa bilimbi L. Belimbing ini sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Besar belimbing ini sekitar ibu jari orang dewasa. Tinggi pohonya sekitar 10 meter. Belimbing wuluh ini selain untuk bahan masakan juga dapat digunakan untuk pengobatan herbal. Bagian yang digunakan yaitu buah, daun bahkan bunganya juga dapat di gunakan. Belimbing wuluh ini dapat hidup dan tumbuh secara bebas. Daun belimbing berguna untuk mengobati sakit perut, gondongan, dan rematik. Bunga belimbing dapat digunakan untuk mengobati sariawan, dan batuk. Buahnya digunakan untuk mengobati sariawan, rejan, mencegah diabetes dan dapat menghilangkan jerawat. Belimbing wuluh sangat berfungsi untuk memenuhi zat – zat yang kurang di tubuh. Belimbing ini memiliki banyak kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh seperti vitamin C.

Manfaat belimbing wuluh antara lain :

  1. Mengobati jerawat. Jadi masalah tersendiri jika wajah seseorang timbul adanya jerawat. Bila kita memiliki jerawat kita tidak perlu susah – susah untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 3 buah belimbing wuluh lalu cuci sampai bersih. Kemudian parut dan beri sedikit garam. Tempelkan pada wajah yang terkena jerawat. Pakailah dua kali sehari.
  2. Mengobati sariawan. Bila kita memiliki sariawan yang tidak sembuh – sembuh. Cobalah dengan ramuan hebal belimbing wuluh dengan cara siapkan 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang masih muda, dan ¾ sendok the adas dan polasari. Tumbuk semua baha sampai halus. Ambil airnya dengan cara menghaluskan dan campur dengan sendok makan minyak kelapa. Saring dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan.
  3. Sebagai obat batuk. Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengobati batuk yaitu dengan cara ambillah bagian bunganya, buah dan daunya sekitas satu genggam tangan. Kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan 4 gelas air bersama gula batu. Setelah dingin airnya di saring dan minumlah dua kali sehari secara rutin.
  4. Obat sakit gigi. Untuk mengobati sakit gigi kita bisa menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan menyiapakan beberapa belimbing wuluh lalu cuci hingga bersih. Kemudian kunyah buah tersebut bersama dengan garam secukupnya. Lakukanlah kegiatan ini berulang ulang sampai sakit pada gigi hilang.
  5. Mengobati penyakit gondongan. Bila anda terkena penyakit gondongan tidak perlu cemas hanya dengan cara memerlukan 10 ranting muda belimbing wuluh dengan daunnya dan 4 butir bawang merah. Lalu cuci hingga bersih dan tumbuklah hingga halus. Balurkan ramuan tersebut pada tempat yang terkena gondongan.
  6. Mengobati darah tinggi. Selain diatas belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengatasi darah tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi kita perlu menyiapkan 3 buah belimbing wuluh kemudian potong menjadi 3 bagian. Rebus dengan air 3 gelas. Setelah dingin airnya, saringlah dan minum setelah sarapan pagi.
  7. Mengobati diabetes. Biasanya orang yang terkena diabetes yaitu kelebihan gula sehingga menimbulkan penyakit. Belimbing wuluh juga dapat di gunakan untuk menurunkan diabetes seseorang yaitu dengan cara menyiapkan 6 buah belimbing lalu cuci hingga bersih. Kemudian haluskan setelah itu rebus dengan segelas air. Setelah dingin airnya saring dan minumlah dua kali sehari. Kegiatan ini lakukanlah secara rutin dan hindari makanan serta minuman dengan kadar gula yang tinggi.

Demikianlah manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan sebagai obat tradisional. Semoga bermanfaat bagi semua.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system