Tuesday, May 31, 2016

8 Tips Mudah Melatih Anak Untuk Belajar Puasa Sejak Dini

8 Tips Mudah Melatih Anak Untuk Belajar Puasa Sejak Dini


Tips melatih anak belajar puasa. Puasa bukanlah suatu kewajiban bagi anak-anak yang belum baligh. Tetapi alangkah baiknya jika anak dilatih puasa sejak dini. Karena sebagai orang tua mempunyai tugas untuk mendorong anak untuk berpuasa. Melatih anak untuk belajar berpuasa adalah sebagai pendidikan keagamaan dalam lingkungan keluarga. Keluarga merupakan tempat yang paling tepat dalam tumbuh kembang anak-anak misalnya dalam hal meniru berpuasa. Menanamkan kesadaran anak berpuasa dimulai secara bertahap dan menyenangkan. Dengan puasa, juga dapat memberikan manfaat kepada anak terutama untuk kesehatan dan kecerdasan spiritual anak di masa mendatang. 

Usia tujuh tahun merupakan usia yang ideal bagi anak untuk berlatih puasa. Dalam melatih puasa, sebagai orang tua harus memperhatikan kondisi anaknya. Melatih anak untuk belajar puasa jangan sampai ada unsur paksaan karena akan menyebabkan anak tertekan. Melatih anak untuk berpuasa juga dengan sabar, jika anak mulai lapar beri dia kesempatan untuk makan tetapi setelah ada adzan dhuhur jadi puasanya setengah hari. Biasanya anak-anak yang sedang berlatih puasa melakukan puasa setengah hari tidak membebani anak untuk puasa sehari penuh karena dia sedang belajar.

Puasa merupakan kewajiban setiap orang muslim. Oleh karena itu jika anak sudah mampu untuk berpuasa sebaiknya dilatih agar kelak kalau dewasa akan terbiasa untuk puasa. Orang tua merupakan contoh utama bagi anak-anak. Jika orang tuanya puasa, maka anaknya juga ikut berpuasa. Puasa dapat mengajarkan anak untuk merasakan kelaparan sama seperti yang dialami orang miskin yang tidak mampu untuk makan. Puasa juga dapat dijadikan solidaritas antara orang satu dengan orang lain. 

Ada banyak cara dalam melatih anak untuk berpuasa. Tetapi kunci utama yang harus dimiliki oleh orang tua yaitu menjadi contoh yang baik dan berperilaku sesuai ajaran agama. Jika orang tua memiliki kedua hal tersebut, maka sebagai orang tua sudah boleh untuk melatih anak berpuasa karena yang akan dijadikan contoh sudah sesuai ajaran agama. Lama kelamaan seorang anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Berikut tips dalam melatih anak untuk berpuasa, yaitu :

  1. Selalu mendorong anak untuk tetap berpuasa. Mulailah untuk melatih anak berpuasa satu minggu jika sudah terbiasa bisa dilanjutkan hingga dua minggu bahkan satu bulan.
  2. Jangan paksakan anak. Jika anak masih di usia 7-8 tahun mungkin belajar berpuasanya sampai setengah hari saja, jangan meminta anak untuk puasa sehari penuh.
  3. Ajarkan anak untuk berdo’a ketika sahur dan berbuka puasa.
  4. Jika belum mampu untuk berpuasa, ajaklah anak-anak untuk berbuka puasa dengan keluarga supaya anak-anak tahu bahwa lingkungan keluarganya sedang berpuasa.
  5. Walaupun anak tidak puasa, tetap bangunkan anak-anak untuk sahur bersama dan ajak anak untuk sholat subuh berjama’ah.
  6. Luruskan anak-anak jika sedang berperilaku salah atau mengucapkan kata-kata yang kurang baik dan ingatkan mereka bahwa dia sedang berpuasa. Beri penjelasan juga bahwa dengan berperilaku tidak baik dapat mengurangi pahala kita di bulan Ramadhan.
  7. Latihlah anak untuk memberi makanan kepada orang lain dan memberitahu pahala yang di dapat jika melakukan hal tersebut.
  8. Jika anak sudah mau belajar berpuasa, alangkah baiknya jika anak diberi hadiah agar anak menjadi semangat dan memiliki motivasi yang lebih tinggi.


Begitu mudahkan tips di atas. Pokoknya inti dari melatih anak belajar berpuasa yaitu harus selalu sabar dan jangan paksakan anak-anak. Jika orang tua memiliki kedua hal tersebut maka usaha melatih anak belajar berpuasa akan berhasil.

Selamat mencoba tips diatas, semoga berhasil…




No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system