Wednesday, May 18, 2016

Cara Mudah Menghilangkan Sariawan Secara Aman dan Alami

Cara Mudah Menghilangkan Sariawan Secara Aman dan Alami.

Menghilangkan Sariawan Secara Alami. Salah satu penyakit pada mulut kita adalah sariawan. Sariawan merupakan radang yang terjadi pada pipi bagian dalam mulut dan berbentuk bercak keputihan. Semua orang pasti akan mengalami sariawan. Seorang bayi pun juga bisa mengalaminya. Sariawan dapat mengganggu aktivitas kita apalagi pada saat kita bicara kepada orang karena sariawan rasanya sangat perih. Saat makan seseorang juga akan merasa tidak selera, sebab saat makanan masuk ke mulut dan terkena sariawan pasti rasanya sangat perih. 

Penyebab sariawan antara lain :

  • Kekurangan vitamin C
  • Luka akibat tergigit
  • Daya tahan tubuh rendah
  • Infeksi bakteri
  • Stress
Jenis sariawan tidak hanya satu saja tetapi ada beberapa jenis dan juga timbulnya pun berbeda-beda. Penyebab munculnya sariawan dari beberapa jenis sariawan juga berbeda. 

Jenis – jenis sariawan :

  1. Stomatitis Afthosa yaitu sariawan yang dapat terjadi karena tergigit atau luka akibat sodokan sikat gigi. Ciri-ciri lukanya adalah berwarna kuning dengan pinggiran luka berwarna merah. Sariawan jenis ini sering terjadi di dinding mulut bagian pinggir dan bibir. 
  2. Oral Thrush yaitu sariawan yang disebabkan oleh jamur. Sariawan jenis ini banyak dijumpai di lidah.
  3. Stomatitis Herpetic yaitu sariawan yang disebabkan oleh virus herpes. Ciri-cirinya adalah timbulnya sariawan secara bersamaan sehingga akan banyak sariawan di mulut. Biasanya sebelum muncul sariawan mulut akan terasa panas. Umumnya sariawan ini terjadi di bagian belakang tenggorokan.

Sariawan dapat timbul dari berbagai cara salah satunya adalah kebersihan mulut. Sariawan juga dapat menimbulkan bau mulut. Penyembuhan sariawan biasanya sangat lama. Dengan adanya sariawan mulut juga bisa berdarah. Oleh karena itu kita harus berusaha untuk selalu menjaga mulut kita agar tidak mudah muncul sariawan.

Pencegahan sariawan antara lain :

  1. Gunakan sikat gigi yang bagus. Paling banyak penyebab sariawan yaitu karena mulut kita terkena sodokan sikat gigi ketika sedang menggosok gigi. Sebaiknya cari sikat gigi yang lembut dan aman bagi mulut kita.
  2. Tidak terlalu banyak makan makanan yang pedas. Makanan yang terlalu pedas dapat menimbulkan munculnya sariawan. Cabai memiliki vitamin C sehingga baik untuk mencegah sariawan. Tetapi jika makan makanan pedas terlalu banyak dapat menimbulkan sariawan dan juga dapat mengakibatkan perut sakit. 
  3. Perbanyak mengkonsumsi buah. Buah memiliki banyak kandungan vitamin yang bagus untuk tubuh kita. Sehingga cara mudah mencegah sariawan yaitu dengan mengkonsumsi buah terutama buah yang banyak mengandung vitamin C.
  4. Perbanyak minum air putih. Air putih sangat baik bagi tubuh kita, karena tidak mengandung bahan yang berbahaya. Dengan air putih, dapat membantu mulut kita agar mulut tidak kering terus sebab mulut kering juga dapat memicu timbulnya sariawan.
  5. Hindari merokok. Merokok dapat merusak mulut kita, sebab merokok merupakan kegiatan memasukkan tembakau ke mulut. Jika lama kelaman maka akan memicu timbulnya sariawan.  

Terkadang kita sudah mencegah agar tidak timbul sariawan, tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya bisa. Sebab sebuah penyakit bisa saja muncul tiba-tiba tanpa direncanakan. Jika sudah terkena sariawan lebih baik menghilangkan dengan cara alami dulu, dikit-dikit sakit jangan langsung minum obat. Ramuan alami juga baik untuk tubuh sebab tidak ada efek sampingnya. 

Cara alami menghilangkan sariawan :

  1. Menggunakan bawang putih. Kupas dulu bawang putih kemudian haluskan. Caranya yaitu dengan menempelkan langsung bawang putih yang telah dihaluskan ke mulut atau bibir yang terkena sariawan.
  2. Menggunakan tomat. Tomat sangat ampuh untuk menghilangkan sariawan. Caranya yaitu tinggal makan saja tomat itu, jika tidak suka langsung dimakan boleh di jus terlebih dahulu. Makanlah atau minumlah tomat selama masih sariawan.
  3. Menggunakan buah pepaya. Pepaya terlebih dahulu dikupas kemudian dihaluskan. Oleskan pepaya tersebut ke luka sariawan. Lakukanlah secara rutin agar sariawan cepat hilang.
  4. Menggunakan pisang dan madu. Caranya yaitu haluskan pisang terlebih dahulu kemudian campur dengan sedikit madu. Oleskan kedua bahan tersebut pada luka sariawan. Buah pisang dan madu baik untuk menghilangkan sariawan sebab kedua bahan tersebut dapat mengurangi peradangan pada sariawan. 
  5. Menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki banyak manfaat selain dapat mengobati sakit perut juga dapat mengobati sariawan. Caranya yaitu kunyahlah beberapa daun jambu biji yang masih muda, kemudian berkumurlah dengan air. 
Dalam mencoba menggunakan ramuan tradisional, jangan cuma memakai sekali harus berulang kali sampai sariawan hilang. Sebab ramuan tradisonal membutuhkan banyak waktu dan kesabaran.
Selamat mencoba, semoga berhasil..

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system