Tuesday, May 31, 2016

5 Tips Tepat Mendidik Anak Agar Tidak Malas Belajar

5 Tips Tepat Mendidik Anak Agar Tidak Malas Belajar

Tips mendidik anak agar tidak malas belajar. Karakter setiap anak berbeda-beda, ada yang senang belajar dan ada juga yang malas untuk belajar. Apalagi bagi anak yang tinggal di lingkungan teman yang jarang belajar, mereka hanya mau bermain saja. Mendidik anak yang malas belajar memang sangat sulit, perlu bantuan semua keluarga tidak hanya di bebankan kepada orang tuanya saja. Biasanya anak yang malas belajar paling takut kalau di suruh belajar, mereka akan merasa ketakutan tersendiri sehingga akan menjadi beban. Jika di rumah malas belajar, maka di lingkungan sekolahpun juga akan malas dalam menerima pelajaran. Dan pada akhirnya nilai yang di dapat sangat buruk sehingga akan merugikan diri sendiri.

Orang tua terkadang di buat kesal oleh anaknya karena terkadang anaknya tidak mau belajar. Memang mengurus anak yang malas belajar sangat merepotkan. Biasanya anak malas belajar khususnya pelajaran matematika yang banyak hitung-hitungan. Bagi sebagian orang terutama anak yang malas belajar matematika merupakan pelajaran yang menakutkan. Seorang anak jangan selalu ditekan untuk belajar lebih keras karena akan mengganggu psikologi anak. Anak menjadi malas juga bisa di sebabkan oleh faktor di bawah ini :
  • Kurang perhatian dari orang tua
  • Tidak memahami materi
  • Pengaruh lingkungan sekitar
  • Memiliki kebebasan tanpa batas

Jika orang tua sibuk juga bisa meminta bantuan guru les untuk mengelesi anaknya sehingga rasa malas belajar sedikit demi sedikit hilang. Jika di sekolahan mereka tidak berani bertanya kepada gurunya, mungkin dengan les privat anak bisa memanfaatkan untuk berani bertanya tentang soal yang belum di ketahui. Tetapi bagi orang tua yang memilik banyak waktu, lebih baik mengajari anaknya sendiri, karena anak akan jauh lebih senang kalau orang tuanya mau terlibat dalam menjaga anaknya saat belajar. Bagi orang tua yang bingung cara mendidik anak, gak usah khawatir. Nah, kali ini akan memberikan tips mendidik anak agar tidak malas belajar. Sehingga anak akan memiliki motivasi yang tinggi untuk selalu belajar. Orang tua harus perhatikan penjelasan di bawah ini dan ikuti caranya.

1.Orang tua harus menjadi contoh yang baik

Jika orang tua memiliki waktu luang, alangkah baiknya jika orang tua menunggui anaknya yang sedang belajar. Jika perlu orang tua juga bisa membaca majalah atau buku saat di depan anaknya yang sedang belajar agar anaknya tetap memiliki motivasi untuk belajar. Jangan sekali-kali orang tua bermain handphone ketika berada di depan anaknya terlebih jika anaknya sedang belajar. Hal tersebut dapat memberikan contoh tidak baik kepada anaknya. Lama kelamaan anak tersebut menjadi malas untuk belajar dan memilih untuk ikut bermain handphone. 

2.Orang tua harus memiliki kesabaran yang tinggi

Kunci utama yang harus dimiliki oleh orang tua adalah memiliki kesabaran yang tinggi. Bagaimanapun sikap anaknya, orang tua harus selalu sabar dalam menghadapinya. Terlebih jika mendidik anak dalam hal belajar, orang tua harus selalu sabar dan bersikap tenang. Kendalikan emosi anda saat menyuruh anak untuk belajar, jangan sekali-kali menyuruh anak untuk belajar dengan cara memarahi bahkan mengancam yang dapat merugikan diri sendiri dan anaknya. Jika selalu menjadi orang tua yang sabar, lama kelamaan anak juga akan menuruti anda.

3.Atur jam belajar

Mulai sekarang aturlah jam belajar anak. Jika anak memiliki jam belajar, maka lama kelaman anak juga akan melakukan rutinitas belajar dengan sendirinya. Walaupun sudah memiliki jam belajar, anak tetap boleh bermain jangan sampai anak di larang bermain sama sekali. Anak harus memiliki jam belajar dan bermain yang seimbang agar anak tetap memiliki motivasi untuk tetap belajar sehingga anak tidak mudah malas.

4.Membuat suasana belajar yang menyenangkan

Banyak cara untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan. Bisa dari tempat belajar di ganti agar anak tidak merasa bosan. Sebenarnya belajar bisa dilakukan di mana saja asal tempat tersebut nyaman bagi anak. Di samping tempat belajar, orang tua dapat menciptakan suasana belajar dengan cara orang tua memberikan pertanyaan sesuai pelajaran yang sedang di pelajari agar anak bisa aktif. Cara ini juga efektif untuk meningkatkan daya ingat anak. 

5.Menjadi orang tua yang terbuka dengan anaknya

Jadilah orang tua yang selalu mendengarkan cerita anaknya agar anak merasa nyaman di lingkungan keluarga. Sering-seringlah berkomunikasi dengan anak dan juga membagi kasih sayang kepadanya. Dengan melakukan hal tersebut, lama kelamaan hubungan antara orang tua dan anak akan semakin erat sehingga anak akan mudah mendengarkan apa yang di bilang oleh orang tua. Orang tua juga bisa bertanya kepada anaknya mengapa malas untuk belajar, barangkali anak mau menceritakan kenapa dia malas belajar. 


Begitu mudahkan tips mendidik anak agar tidak malas belajar. Kunci utama yang harus di miliki oleh orang tua adalah selalu bersabar dalam menghadi anaknya, bagaimanapun kondisinya. Jangan sekali-kali memakai kekerasan dalam mendidik anak, agar tidak fatal di kemudian hari.
Selamat mencoba tips di atas, semoga berhasil..


No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system