Tuesday, May 31, 2016

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya


Penggolongan hewan berdasarkan jenisnya. Di dunia ini banyak berbagai jenis hewan. Ada hewan yang bertubuh kecil, sedang bahkan besar. Jenis makananpun juga berbeda-beda antara hewan satu dengan hewan yang lain. Sumber makanan hewan ada yang berasal dari tumbuhan dan ada juga yang berasal dari hewan. Hewan yang hidup di alam bebas makanannya berasal dari alam sekitarnya. Di kebun binatang juga terdapat berbagai jenis hewan dan tentunya makanannya di sesuaikan dengan jenisnya. 

Hewan juga di bagi dalam dua golongan yaitu hewan buas dan hewan jinak. Contoh hewan buas adalah macan, harimau, serigala dan sebagainya, sedangkan contoh hewan jinak adalah ayam, itik, bebek dan lain-lain. Umumnya sumber makanan hewan buas berasal dari hewan bahkan ada yang makan hewan sejenis. Sedangkan hewan yang jinak sumber makanannya berasal dari tumbuhan misalnya rumput dan biji-bijian. Biasanya jenis hewan jinak lebih banyak dimanfaatkan oleh manusia dibanding dengan hewan buas. 

Berdasarkan jenisnya hewan dapat dibedakan menjadi tiga golongan yaitu herbivora, karnivora dan omnivora. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Herbivora

Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora. Semua bagian tumbuhan dapat di makan oleh hewan jenis ini seperti daun, biji bahkan umbi-umbiannya. Contoh hewan jenis herbivora yaitu sapi, kambing, kelinci, kerbau, burung dan sebagainya. Herbivora termasuk hewan mamalia yaitu hewan yang menyusui anaknya. 

Ciri-ciri gigi hewan herbivora antara lain :
  • Tidak memiliki gigi taring
  • Memiliki gigi seri (digunakan untuk memotong-motong makanan sebelum di kunyah)
  • Memiliki gigi geraham (digunakan untuk menguyah makanan)

2. Karnivora

Hewan yang memakan hewan lain disebut karnivora. Biasanya hewan jenis ini mencari makanan dengan berburu. Bahkan hewan karnivora juga memakan hewan sama dengan jenisnya. Dalam berburu hewan karnivora memiliki senjata yaitu berupa gigi dan cakar yang tajam. Contoh hewan jenis karnivora adalah singa, macan, harimau, ular dan juga hiu. 

Ciri-ciri hewan karnivora antara lain :
  • Mempunyai indra penglihatan, penciuman, dan pendengar yang baik.
  • Memiliki taring yang dapat digunakan untuk merobek daging hewan yang di mangsanya.
  • Memiliki gigi taring dan geraham yang tajam. Gigi geraham digunakan untuk menguyah daging dan tulang.
  • Kakinya memiliki cakar yang tajam digunakan untuk mencengkram mangsanya.
  • Jenis burung yang termasuk hewan karnivora memiliki cakar dan kuku yang tajam.
  • Memilik racun (bisa) seperti ular.

3. Omnivora.

Hewan pemakan segala disebut dengan omnivora. Hewan omnivora juga dapat disebut hewan pemakan tumbuhan dan hewan. Contoh hewan omnivora yaitu ayam, bebek, tikus, ikan, babi, monyet dan lain-lain. 

Susunan gigi pada hewan omnivora yaitu :
  • Gigi seri digunakan untuk memotong. 
  • Gigi taring digunakan untuk mengerat. Biasanya saat memakan daging hewan lain, hewan omnivora sering menggunakan gigi jenis ini.
  • Gigi geraham digunakan untuk melumat. Biasanya saat memakan sayuran, hewan omnivora menggunakan gigi jenis ini. 


Jenis burung ada yang termasuk golongan hewan omnivora. Contohnya burung kutilang. Bentuk paruh burung kutilang adalah panjang, kecil dan sangat runcing. Paruh seperti itu dapat digunakan untuk mengambil makanan berupa tumbuhan dan hewan-hewan kecil yang berada di tempat yang susah di jangkau seperti makanan yang berada di dalam batang pohon. 

Demikianlah artikel tentang hewan berdasarkan jenis makananya. Semoga ilmu di atas memberikan tambahan informasi dan pengetahuan anda. 

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system