Tuesday, May 17, 2016

Apa Sajakah Penggunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa Sajakah Penggunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari


Penggunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, internet sangat penting bagi yang benar-benar membutuhkan. Tetapi pada zaman semakin maju ini, internet serasa dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Internet merupakan  jaringan komputer yang sangat luas dan dapat menghubungakan komputer satu dengan komputer lainnya tidak hanya mencakup satu negara tetapi seluruh dunia. Dengan internet banyak informasi yang di dapatkan.  

Layanan-layanan di Internet :

  1. Browsing yaitu proses mencari data atau informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan      internet.
  2. Electronic Mail (E-Mail) yaitu fasilitas internet yang digunakan untuk mengirim pesan kepada orang lain dengan menggunakan internet. Dalam mengirim dan menerima pesan para pengguna tidak dibatasi oleh jarak, waktu bahkan ruang.
  3. Word Wide Web atau sering disebut (WWW) dapat digunakan untuk mengambil, mengformat bahkan menampilkan sebuah informasi dengan menggunakan hypertext links.
  4. Download yaitu proses mengambil data atau file dari komputer lain ke komputer kita. Fasilitas ini dapat digunakan untuk mendownload gambar, foto, lagu bahkan video. 
  5. Upload yaitu proses meletakkan data atau file dari komputer lain ke komputer kita dengan internet. Biasanya fasilitas ini digunakan untuk mengupload foto atau video ke media sosial kita.
  6. Chatting yaitu fasilitas internet yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet tanpa mengenal jarak.
  7. Mailing List yaitu fasilitas yang digunakan untuk berdiskusi dengan orang lain secara elektronik dengan menggunakan e-mail.
Dengan begitu banyak fasilitas di dalam internet, tentunya ada kelebihan dan kelemahan yang dimiliki internet. Sebuah internet tidak akan berjalan mulus tanpa hambatan, karena itu merupakan sebuah alat. 

  1. Kelebihan Menggunakan Internet :

  • Akses 24 jam. Akses internet tidak dibatasi oleh waktu. Kapanpun ingin menggunakan internet bisa bahkan dengan lancar, sebab internet atau sering disebut dunia maya tidak pernah tidur walaupun tengah malam sekalipun.  
  • Kecepatan. Kecepatan untuk mendapatkan informasi atau berkomunikasi sangat dibutuhkan. Karena memperoleh informasi dengan menggunakan  teknologi internet sangat cepat diperoleh dibanding dengan mencari di buku. 
  • Konektivitas dan Jangkauan Global. Jaringan internet bersifat global tanpa mengenal ruang dan waktu dan dapat mengakses di seluruh dunia tanpa ada batasan. 

2. Kelemahan Menggunakan Internet :

  • Ancaman virus. Ancaman paling serius dalam pemakaian internet adalah virus. Virus dapat berkembang secara bervariatif. Biasanya virus berkembang lewat file-file atau data yang telah di download. Virus juga dapat mempengaruhi proses kerja komputer yang dapat menyebabkan komputer menjadi lemot. 
  • Tidak ada jaringan. Jaringan merupakan salah satu hal terpenting dalam penggunaan internet. Sebab tanpa ada jaringan, internet tidak dapat mengakses dengan baik. 
Walaupun ada beberapa kelemahan, internet dapat memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Internet tetap dibutuhkan oleh semua orang. Karena internet masih diminati oleh banyak orang untuk mencari informasi atau hanya sekedar untuk chattingan.

Manfaat Menggunakan Internet :

  • Lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
  • Menambah wawasan dan pengetahuan.
  • Sebagai media sosial yang dapat menghubungkan orang tanpa mengenal jarak.
  • Untuk mengetahui tempat-tempat rekreasi maupun tempat sejarah.
  • Untuk menjalin kerjasama dengan kota maupun negara lain.
Demikianlah pembahasan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, semoga ilmu di atas bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system