Saturday, May 28, 2016

Macam-Macam Sandi Dalam Pramuka

Macam-Macam Sandi Dalam Pramuka

Kata sandi berasal dari bahasa sanskerta yang artinya rahasia. Jadi, sandi merupakan kode rahasia yang sangat pribadi. Tidak semua orang mengetahui isi sebuah sandi, kecuali orang tersebut sudah mengetahui cara-cara membaca sandi. Sandi sangat beragam jenisnya. Umumnya sandi digunakan untuk menjaga rahasia sebuah surat atau pesan. Pada zaman yang semakin maju ini, pengguna internet semakin membludak. Orang-orang yang mempunyai media sosial, mereka menggunakan sandi untuk merahasiakan media sosialnya. Sebab jika sebuah media sosial tidak memiliki sandi, maka bisa dibuka atau dibajak oleh orang dengan menggunakan nama kita. 

Sebenarnya sandi sudah ada sejak zaman penjajahan. Para pejuang menggunakan sandi untuk mengirimkan pesan kepada pejuang lain yang berada di tempat yang berbeda. Tujuan menggunakan sandi yaitu untuk menipu atau mengecoh para penjajah. 

Ada banyak macam-macam sandi dalam dunia pramuka. Setiap sandi, memiliki kunci yang berbeda-beda cara membacanya. Jika belum mengetahui, pasti akan mengalami kesulitan membaca sebuah sandi. Karena sandi merupakan sebuah rahasia, jadi tujuan pembuatan sandi untuk mengecoh seseorang agar sebuah sandi tidak mudah dibaca oleh seseorang.

Macam-macam sandi, diantaranya :

  1. Sandi Kotak I. Cara menulisnya seperti bentuk kotaknya.
    Sandi Kotak I
    Sandi Kotak I
  2. Sandi Kotak II (Rangkap)
    Sandi Kotak II
    Sandi Kotak II
  3. Sandi Angka
    Sandi Angka
    Sandi Angka
          Artinya : A = 1
                 Z = 26
          Contoh :
          P – R – A – M – U – K – A
         16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1 

     4. Sandi Arab. Sandi yang cara membacanya dari belakang atau dari kanan.
         Contoh : Alum agais
         Dibaca : Siaga mula

    5. Sandi Ular

Sandi Ular
Sandi Ular
         Dibaca : Kumpulkan bahan obat obatan tradisional.


Sandi-sandi di atas sangat cocok bagi siaga mula, sebab ini membahas macam-macam sandi yang masih umum. Cara membacanya juga sangat mudah, asal para pramuka siaga mau untuk belajar membaca sandi.

Demikian artikel tentang macam-macam sandi….semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system