Saturday, May 28, 2016

Inilah 8 Tips Mengatasi Susah Tidur Di Malam Hari

Inilah 8 Tips Mengatasi Susah Tidur Di Malam Hari


Tips mengatasi susah tidur. Mungkin kebanyakan orang tidur merupakan perkara yang mudah, asal mendapatkan tempat tidur. Tetapi sebagian orang tidur akan susah sekali, mungkin karena sesuatu hal ataupun adanya penyakit. Kata lain dari susah tidur sering disebut insomnia. Jika kita kurang tidur biasanya tubuh kita cenderung kurang sehat. Susah tidur juga akan menganggu kita, sebab jika badan kita terasa capek akibat aktivitas sehari-hari dan malamnya susah tidur maka akan membuat badan kita semakin bertambah pegal-pegal.

Susah tidur atau insomnia bukanlah suatu penyakit tetapi gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur. Tetapi jika gejala tersebut sudah berkepanjangan dan berlangsung sangat lama maka susah tidur akan menjadi suatu penyakit. Umumnya seorang penderita susah tidur atau insomnia sering mengeluh merasa cemas, tegang dan terlalu banyak pikiran. Susah tidur dapat di alami oleh semua orang bahkan seorang lansia pun dapat mengalaminya. 

Ada beberapa gejala susah tidur atau insomnia yang terkadang kita tidak menyadari bahwa hal-hal tersebut merupakan suatu gejala insomnia. Maka dari itu, kita harus mengetahui gejala-gejalanya agar kita dapat melakukan tindakan yang tepat. Gejala tersebut antara lain : Sering terbangun pada saat tengah malam, Sulit untuk menutup mata dan Terkadang bisa mudah tidur, tetapi bangun terlalu awal dan tidur lagi tidak bisa.

Umumnya penyebab insomnia sangat beragam, di antaranya :
  • Stress di rumah maupun di tempat kerja
  • Salah minum obat atau pengaruh obat tertentu
  • Perubahan pola hidup
  • Makan malam tidak teratur
  • Kebiasaan minum kopi
  • Memuncaknya kecemasan dan depresi
  • Faktor usia

Itulah gejala dan penyebab susah tidur atau insomnia yang sering di alami oleh sebagian orang. Mengatasi susah tidur tidak mudah dan mungkin bagi sebagian orang mengatasinya sangat sulit. Terkadang jika sudah mulai agak sembuh, gejala susah tidur akan muncul kembali. Biasanya akan muncul kalau kita merasa cemas akan sesuatu hal atau terhadap masalah yang sedang di hadapi. Tapi jangan khawatir, di bawah ini saya akan memberikan tips untuk mengatasi susah tidur yang sangat ampuh. 

  1. Kurangi cahaya. Bagi penderita insomnia sebaiknya kurangi cahaya lampu yang terdapat di kamar. Kalau perlu lampu kamar di matikan saja. Dengan matinya lampu akan membuat suasana kamar lebih tenang sebab kamar dalam keadaan gelap. Sehingga mata akan lebih cepat terpejam dan tidurpun akan nyenyak.
  2. Hindari mengkonsumsi kafein. Jauhi minum kafein seperti kopi sebelum tidur malam, sebab kopi dapat membuat kita sulit untuk tidur. Biasanya orang yang ingin tidur lebih larut malam mereka meminum kopi agar tidak merasa mengantuk. Tetapi bagi penderita insomnia lebih baik jauhi minum kopi sebelum tidur.
  3. Tidak mengkonsumsi makanan berat terlalu malam. Jangan pernah makan malam seperti makan nasi terlalu malam sebab jika perut masih kenyang maka tidur pun akan menjadi sulit. Lebih baik makan berat minimal 2 sampai 3 jam sebelum tidur. 
  4. Menjaga kesegaran udara di kamar. Biasakan buka jendela setiap pagi agar udara yang kotor di dalam kamar dapat diganti dengan udara yang sejuk. Karena udara yang sejuk dapat mempermudah kita untuk dapat tidur lebih cepat. 
  5. Menjaga kebersihan kamar. Selalu menjaga kebersihan kamar setiap hari sangat penting untuk mengatasi insomnia. Karena kamar yang bersih membuat suasana nyaman dan tidur pun akan mudah. Sehingga tidur bisa nyenyak. 
  6. Mengatur jam tidur. Aturlah jam tidur agar paginya badan terasa segar. Umumnya tidur maksimal 7 jam perhari, jika kurang atau lebih dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Kebanyakan penderita insomnia tidak pernah memperhatikan jam tidur. Jadi, mulai sekarang aturlah jam tidur supaya gejala insomnia berangsur sembuh.
  7. Mendengarkan musik. Mendengarkan alunan musik juga dapat membantu para insomnia. Dengarkan musik secara pelan-pelan sebagai pengantar tidur anda. Lama kelamaan mata akan terasa mengantuk dan akhirnya tidur. Cara ini sangat ampuh untuk membantu para penderita insomnia.
  8. Minum susu. Biasakan minum susu hangat sebelum tidur karena air hangat membuat badan menjadi  rileks dan nyaman. Jika takut gemuk, minumlah susu yang memiliki lemak rendah. 


Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi susah tidur atau insomnia. Jika tips di atas tidak cocok dengan anda, maka segeralah menghubungi dokter agar diberi tindakan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat…



No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system