Saturday, May 28, 2016

Cara Membuat Tempe Mendoan Yang Gurih Dan Renyah

Cara Membuat Tempe Mendoan Yang Gurih Dan Renyah


Cara membuat tempe mendoan. Kata tempe tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Banyak makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe salah satunya tempe mendoan. Makanan jenis ini banyak di temukan di mana-mana, di rumah, di warung-warung bahkan di pinggir jalan. Tempe mendoan yaitu jenis makanan yang berbahan dasar tempe yang dicelupkan ke dalam adonan tepung kemudian di goreng. Semua orang mulai dari anak-anak hingga lansia suka mengkonsumsi tempe mendoan, sebab rasanya gurih dan renyah. Tempe mendoan juga empuk kalau di makan, jadi bagi lansia yang sudah tidak mempunyai gigi juga dapat mengkonsumsinya. 

Kebanyakan tempe mendoan sering dibuat camilan dari pada di buat lauk pauk. Paling enak tempe mendoan di makan selagi masih hangat karena tempe masih dalam keadaan renyah. Mengkonsumsi tempe mendoan bisa juga dengan menyelupkannya ke sambal kecap pedas manis agar rasanya tambah nikmat. Tetapi bagi yang tidak suka sambal tempe mendoan cukup dimakan langsung sudah enak. Tempe mendoan sangat terkenal di mana-mana baik di daerah pedesaan maupun perkotaan, karena memiliki rasa yang begitu khas. Alasan semua orang menyukai tempe mendoan yaitu rasanya enak, bergizi dan yang paling penting yaitu murah. Jadi seua orang dapat menjangkaunya. 

Tempe mendoan sering disajikan pada saat musim hujan, karena waktu dingin-dingin paling enak makan yang hangat-hangat terutama gorengan yaitu tempe mendoan. Cara membuatnya pun mudah, sehingga siapa saja dapat membuatnya. Tetapi terkadang ada yang masih bingung dengan cara membuatnya. Terlebih mereka bingung akan bumbu-bumbu yang digunakan. Nah, jika anda mempunyai waktu senggang cobalah belajar membuat tempe mendoan sendiri di rumah. Karena buatan sendiri akan jauh lebih sehat dan akan mendapatkan kesenangan tersendiri setelah mencoba. Bahan dan bumbu yang digunakan juga mudah di dapatkan. Berikut adalah resep membuat tempe mendoan.

Bahan-bahan :
  1. Tempe : 250 gr
  2. Tepung terigu : 100 gr
  3. Tepung beras : 50gr
  4. Daun bawang : 2 buah
  5. Air                 : Secukupnya
  6. Minyak goreng : Secukupnya (untuk menggoreng)
Bumbu yang dihaluskan :
  1. Kunyit          : 2 cm
  2. Bawang merah : 5 siung
  3. Bawang putih : 5 siung
  4. Ketumbar         : 1/2 sendok teh
  5. Garam : Secukupnya
  6.  Gula : Secukupnya
Cara Membuat :
  1. Tempe di iris tipis-tipis lebih dahulu
  2. Campurkan tepung terigu, tepung beras dan bumbu yang sudah dihaluskan dalam satu wadah dan aduk rata
  3. Daun bawang di iris kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam adonan
  4. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan sampai pas
  5. Celupkan tempe satu per satu ke dalam adonan tersebut hingga tempe tertutup semua
  6. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng tempe tersebut
  7. Tunggu sebentar sampai tempe berwarna kuning kecoklatan sambil di bolak balik
  8. Tempe mendoan siap untuk disajikan.

Demikianlah resep cara membuat tempe mendoan yang gurih dan renyah. Cobalah membuat sendiri tempe mendoan dengan mengacu resep di atas atau boleh mencoba secara ramai-ramai dengan teman agar suasana lebih menyenangkan. Selamat mencoba, semoga berhasil..

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system