Saturday, May 28, 2016

Cara Membuat Perkedel Tempe Yang Lezat

Cara Membuat Perkedel Tempe Yang Lezat


Cara membuat perkedel tempe. Tempe sangat mudah di temukan, di warung-warung bahkan supermarket pun menjualnya. Banyak olahan yang berasal dari tempe seperti tempe mendoan, tempe goreng, tempe bacem dan masih banyak lagi. Kali ini akan membahas cara membuat perkedel tempe yang tidak kalah enaknya dengan perkedel kentang. Mungkin sebagian orang masih asing dengan perkedel tempe. Karena selama ini kebanyakan orang mendengar perkedel kentang. Perkedel tempe juga memiliki rasa yang gurih, sama seperti makanan lain yang berbahan dasar tempe. Sehingga tempe masih menjadi makanan favorit bagi semua kalangan. Perkedel tempe bisa dijadikan lauk pauk dan juga bisa di jadikan camilan.

Alasan mengganti kentang menjadi tempe untuk perkedel yaitu karena tempe memiliki nilai gizi yang tinggi. Perkedel tempe sangat cocok bagi anak anda, bisa dijadikan bekal untuk di bawa ke sekolah. Perkedel tempe juga dapat dijadikan camilan yang sehat untuk semua orang. Dalam membuat perkedel tempe alangkah baiknya jika menggunakan tempe yang masih dalam keadaan bagus dan segar. Supaya citarasa tempe masih khas dan hasil olahanpun rasanya tetap enak. Perkedel tempe merupakan salah satu variasi dari olahan tempe dengan bahan yang digunakan pastinya sangat murah untuk semua kalangan. Dari rasa pun tidak kalah dengan makanan yang lain. 

Perkedel kentang dan perkedel tempe memiliki citarasa yang berbeda. Jika perkedel kentang, bahan dasar yang digunakan adalah kentang sehingga citarasa khas kentang akan kita rasakan, begitupun dengan perkedel tempe maka citarasa yang kita dapatkan adalah rasa tempe. Tetapi kedua makanan tersebut sama-sama enak dan gurih. Perkedel tempe bisa dibuat sendiri di rumah karena cara membuatnya sangat mudah. Bumbu-bumbu yang di gunakan juga mudah di dapat. Jika membuat sendiri jauh lebih sehat dan pastinya tanpa bahan pengawet. Agar dalam membuatnya dapat berhasil, ikutilah langkah-langkah cara membuat perkedel tempe di bawah ini. 

Bahan-bahan :
  1. Tempe : 1 batang tempe
  2. Daun bawang : 1 lembar
  3. Tepung terigu : 4 sdm
  4. Telur : 2 butir
  5. Minyak goreng : secukupnya (untuk mnggoreng)
Bahan yang dihaluskan :
  1. Cabai merah : 3 buah
  2. Bawang putih : 2 siung
  3. Bawang merah : 5 butir
  4. Terasi matang : 1 sdt
  5. Garam : ½ sdt
  6. Merica bubuk : ¼ sdt
  7. Gula pasir : 1 sdt

Cara membuat :
  • Kukus tempe terlebih dahulu, kemudian haluskan
  • Campurkan halusan tempe tadi dengan bumbu yang telah di haluskan, aduk hingga rata
  • Masukkan daun bawang yang telah di iris kecil-kecil
  • Kemudian tambahkan tepung terigu ke dalam adonan tersebut, aduk lagi hingga rata
  • Kocok lepas telurnya
  • Bentuk bulat-bulat adonan tersebut sampai adonan habis
  • Lalu gulingkan adonan bulatan tadi ke kocokan telur dan balurkan ke tepung
  • Panaskan minyak, goreng adonan tempe sampai berwarna kecoklatan
  • Angkat dan tiriskan

Begitu mudahkan cara membuat perkedel tempe. Biasanya perkedel tempe sangat cocok untuk dijadikan lauk pauk untuk sarapan karena rasanya yang gurih. Selamat mencoba resep di atas, semoga berhasil…

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system