Friday, May 20, 2016

Inilah 8 Khasiat Jambu Biji Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Kesehatan

Inilah 8 Khasiat Jambu Biji Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Kesehatan.


Khasiat Jambu Biji. jambu biji sering disebut juga jambu klutuk. Nama latin jambu biji adalah Psidium guajava. Batang kayu pohon ini keras, berdiri tegak dan cabangnya banyak. Bentuk daun yang panjang dan lonjong ukurannya kira – kira 10x4 cm.  Daging buahnya berwarna merah dan terdapat biji – biji kecil yang ada di dalam daging. Vitamin yang terkadung didalamnya dalah vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Biji buah ini bersifat keras bila belum matang, dan jika sudah matang buahnya lunak. Jambu biji ini mudah dalam menanamnya dan bisa hidup di halaman kita sehingga tidak cemas bila membutuhkannya.

Khasiat jambu biji :
  1. Mengatasi diabetes. Tidak hanya mengkudu saja yang bisa menurunkan kadar gula di dalam tubuh tapi jambu biji juga dapat di gunakan untu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Karena tinggi kandungan dalam jambu biji dapat mengatur penyerapan ula di dalam tubuh. Cara melakukannya yaitu dengan mengonsumsi jambu biji.
  2. Mengatasi penglihatan. Banyak orang yang terkena penyakit mata sering mengonsumsi wortel akan tetapi ternyata jambu biji juga dapat digunakan untuk mengatasi penglihatan sseorang. Karena jambu ini mengandung vitamin A yang sangat baik untuk mata kita.
  3. Mengobati luka. Kandungan yang terdapat di jambu biji adalah astringent yang dapat membantu menghentikan pendarahan saat luka. Dengan cara menghaluskan 3 lembar daun lalu tempelkan ke daerah yang terkena luka.
  4. Mengobati diare. Jambu biji sangat di kenal baik digunakan untuk mengatasi penyakit diare. Karena dapat membunuh baktrei Staphylococcus aureus. Baktrei ini adalah penyebab utama penyakit diare. Cara mengatasinya adalah dengan merebus daunnya kira – kira 30 gram dan segenggam beras lalu rebus dengan air 2 gelas setelah itu minum 2 kali sehari.
  5. Mengobati demam berdarah. Daun jambu biji sangat ampuh dalam mengatasi demam berdarah karena memiliki kandungan enzim Quercetin yang berguna untuk menghambat proses pembentukan enzim mRNA sehingga dapat membunuh virus demam berdarah tadi. Caranya dengan merebus daun biji sebanyak 5 lembar lalu rebus dengan air 2 gelas. Lalu minum setiap 4 jam sekali hingga sembuh.
  6. Sebagai obat sariawan. Sariawan juga dapat diatasi dengan daun jambu biji. Caranya dengan merebus kira – kira satu genggam daun jambu biji dan 1 jari kulit pohon jambu biji kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring lalu minumlah 2 kali sehari.
  7. Mengatasi sakit kulit. Mengatasi sakit kulit juga dapat diatasi dengan daun jambu biji. Caranya mudah hanya dengan menghaluskan segenggam daun jambu biji dan tambahkan 7 kuntum jambu biji lalu tempelkan pada kulit yang sakit.
  8. Menurunkan berat badan. Tak perlu susah – susah untuk menurunkan berat badan. Karena komponen di dalam buah ini dapat menurunkan berat badan. Seperti serat, protein, dan vitamin. Sehingga dapat membuat perut menjadi kenyang bila kita memakannya. Jika kita memakannya di saat makan siang sehingga cukup untuk mengganjal perut sampai makan malam.
Demikianlah khasiat jambu biji bagi kesehatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita agar tetap sehat. Semoga ini bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system