Wednesday, May 18, 2016

8 Cara Ampuh Untuk Sukses Dalam Menjalankan Presentasi

8 Cara Ampuh Untuk Sukses Dalam Menjalankan Presentasi.


Cara Ampuh Sukses Presentasi. Semua orang pasti mengalami nervous atau grogi pada saat ingin melakukan presentasi. Seseorang yang sudah berkali-kali presentasi terkadang juga masih mengalami grogi, apalagi bagi orang yang baru pertama melakukan presentasi. Grogi merupakan perasaan tidak nyaman ketika hendak berbicara di depan orang banyak. Jika seseorang sudah mulai grogi, maka mereka akan mulai gelisah dan serba takut. Hal tersebut justru akan merugikan kita, sebab grogi membuat kita tidak sukses berpresentasi. 

Rasa grogi bisa timbul pada siapa saja, terlebih bagi mereka yang jarang berbicara dengan orang banyak. Sebuah presentasi juga dapat dijadikan tolak ukur tentang kepintaran seseorang dalam hal bicara. Sebuah presentasi akan gagal jika kita memiliki rasa grogi yang tinggi. Biasanya rasa grogi akan muncul setelah nama kita dipanggil maju kedepan. Tetapi setelah berjalannya presentasi ada yang rasa grogi itu hilang sendiri dan ada juga yang grogi masih sampai akhir presentasi. Timbulnya rasa grogi di diri sendiri dapat dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya :
  • Kurang percaya diri
  • Tidak menguasai materi yang akan di presentasikan
  • Takut salah bicara 
  • Selalu berpikir yang negatif
Terkadang ada seseorang yang takut mendengar kata presentasi dan memilih untuk menghindarinya. Tetapi sebuah presentasi yang merupakan tugas apalagi di dunia perkuliahan harus dijalankan karena hal tersebut dapat mempengaruhi nilai. Banyak orang yang tidak sukses berpresentasi itu dikarenakan kekhawatiran yang timbul dalam diri seseorang itu sendiri. Jika rasa grogi masih ada saat presentasi maka akan membuat kita tidak fokus. Nah berikut ada beberapa cara ampuh agar presentasi sukses.
  1. Tingkatkan rasa percaya diri. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang karena hal tersebut mempengaruhi proses presentasi. Jika seseorang kurang percaya diri, maka presentasi tidak berjalan lancar bahkan bisa gagal.
  2. Harus selalu optimis. Rasa optimis perlu dimiliki saat hendak berpresentasi. Ciptakaan pikiran optimis bahwa presentasi akan berjalan lancar sesuai rencana. Rasa optimis yang tinggi bisa membuat kita lebih semangat dalam berpresentasi. 
  3. Hindari rasa grogi. Tetap tenang saat akan maju kedepan atau saat mulai berpresentasi. Rasa tenang akan menciptakan rasa percaya diri yang lebih tinggi. Usahakan jangan mempunyai rasa grogi yang dapat menggagalkan presentasi kita. Jika kita masih grogi usahakan untuk mengatur nafas beberapa kali sebelum maju ke depan. 
  4. Menguasai materi dengan baik. Pemahaman materi sangat penting, sebab jika kita tidak paham dengan materi maka akan sulit untuk menjawab pertanyaan dari audience. Kebanyakan audience memberikan sebuah pertanyaan yang menjebak, oleh karena itu kita harus benar-benar paham tentang materi yang telah dibuat dan banyak-banyaklah membaca materi. 
  5. Perbanyak bergaul dengan banyak orang. Memiliki banyak pergaulan bisa membantu kita untuk latihan bicara di depan banyak orang.
  6. Tetap relevan. Saat mempersiapkan sebuah presentasi, pertimbangkan hal-hal terkecil sekalipun. Seperti membatasi materi saat ditampilkan di slide. Jangan gunakan semua materi utnuk ditampilkan, pilihlah yang penting-penting saja atau materi pokoknya saja. Hal tersebut dapat digunakan untuk menjawab sebuah pertanyaan. 
  7. Perhatikan waktu. Memperhatikan waktu saat presentasi juga sangat penting. Berusahalah membagi waktu antara penyampaian materi dengan tanya jawab dengan audience. Jika kehabisan waktu di penyampaian materi maka presentasi itu gagal sebab tidak terjadi interaksi antara yang berpresentasi dengan audience. 
  8. Membuat poin-poin penting tentang materi. Buatlah catatan penting tentang materi untuk mempermudah kita menjawab saat ada pertanyaan dari audience. Dalam membuat catatan lebih baik di print untuk mempermudah kita.

Hal terpenting yang mempengaruhi kesuksesan dalam berpresentasi yaitu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Percaya diri timbul dari diri kita sendiri asal kita mau terus belajar dan selalu berpikir positif. Demikianlah cara ampuh agar presentasi sukses.
Selamat mencoba…

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system