Thursday, September 1, 2016

Macam-Macam Kelainan dan Cara Menjaga Rangka Manusia

Macam-Macam Kelainan dan Cara Menjaga Rangka Manusia

Macam-macam kelainan dan cara menjaga rangka manusia. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Kita sebagai manusia harus bisa menjaga dan merawat rangka kita hingga tua nanti. Sebab rangka merupakan pondasi bagi tubuh kita untuk berdiri, berjalan, dan melakukan aktivitas lain. Dapat dibayangkan jika manusia tidak memiliki rangka maka yang terlihat hanyalah gumpalan daging tanpa bentuk dan untuk melakukan aktivitaspun sangat sulit. Saat masih bayi, tulang manusia masih dalam masa perkembangan dan penguatan sehingga tulang seorang bayi harus selalu dijaga agar tetap sehat dan kuat. Ketika dewasa tulang sudah semakin baik dan kuat tetapi setelah menginjak lansia (lanjut usia) tulang akan melemah lagi dan kondisipun tidak baik-baik saja karena banyak sel yang akan berkurang.

A. Kelainan Pada Rangka Manusia

Jika sebuah rangka atau tulang tidak dijaga dengan baik maka akan mengalami suatu kelainan. Kelainan tulang dapat terjadi tanpa mengenal usia, baik pada usia anak-anak, dewasa bahkan lansia (lanjut usia). Umumnya, kelainan tulang dapat menyebabkan perubahan bentuk tulang. Kelainan tersebut terjadi pada tulang belakang dan juga tulang kaki. Biasanya kelainan pada tulang belakang terjadi karena kebiasaan duduk dengan posisi yang salah. Berikut ada tiga jenis kelainan tulang belakang yaitu :
  1. Kifosis merupakan kelainan pada tulang belakang yang terlalu bengkok ke belakang. Keadaan ini dapat terjadi karena kondisi punggung tidak lurus ketika duduk atau bisa jadi terlalu berat mengangkat beban. 
  2. Lordosis merupakan kelainan tulang belakang terlalu bengkok ke depan. Keadaan ini dapat terjadi karena kondisi tulang salah posisi duduk. Hal tersebut dapat mengakibatkan posisi ketika berdiri atau duduk jadi tidak baik. 
  3. Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang terlalu bengkok ke kiri maupun ke kanan. Keadaan ini dapat terjadi karena terbiasa duduk dalam posisi miring sebelah atau kebiasaan membawa beban yang terlalu berat pada salah satu sisi. 
Macam-macam kelainan tulang
Macam-macam kelainan tulang
Tulang kaki juga dapat mengalami suatu kelainan. Kelainan pada tulang kaki dapat dibedakan menjadi dua macam, antara lain :
  1. Tulang kaki melengkung ke luar seperti huruf O
  2. Tulang kaki melengkung ke dalam seperti huruf X
Kelainan Pada Kaki
Kelainan Pada Kaki
Kelainan tulang kaki yang ditunjukkan gambar diatas dapat disebut dengan rakhitis. Rakhitis merupakan kelainan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Sebenarnya vitamin D sangat penting bagi tubuh kita sebab digunakan untuk pembentukan tulang, apalagi jika masih masa kanak-kanak.

Dari penjelasan diatas telah disinggung bahwa tulang atau rangka dapat mengalami kelainan. Nah, kelainan pada tulang dapat diserang oleh beberapa penyakit. Biasanya penyakit tersebut akan menyerang orang yang sudah lanjut usia (lansia). Penyakit yang terjadi di rangka atau tulang antara lain :
  1. Rematik. Penyakit rematik merupakan suatu penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada persendian dan disertai dengan pembengkakan sendi. Biasanya rematik dapat terjadi di pergelangan tangan, siku dan pergelangan kaki.
  2. Osteoporosis. Penyakit osteoporosis merupakan suatu penyakit pengeroposan tulang. Penyakit ini dapat terjadi akibat tubuh kekurangan kalsium (zat kapur). Kebanyakan osteoporosis menyerang perempuan yang sudah lanjut usia. 
  3. TBC Tulang. Penyakit jenis ini disebabkan oleh kuman Tuberkulosis (TBC). Kuman ini akan menyerang tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi lemah dan bernanah. Penderita TBC tulang akan merasakan sakit yang luar biasa pada tulangnya. 
  4. Flu Tulang. Penyakit flu tulang merupakan suatu penyakit yang mana tulang tidak dapat digerakkan sebagaimana mestinya. 

B. Cara Menjaga Kesehatan Rangka

Rangka atau tulang harus selalu dijaga sejak dini hingga tua agar tulang tetap sehat dan kuat. Cara menjaga kesehatan tulang sangat mudah di lakukan. Jika ingin memiliki rangka atau tulang yang sehat, marilah mulai dari sekarang kita menjaganya. Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga rangka yaitu :

1. Membiasakan sikap tubuh yang benar

Selalu berusaha untuk membiasakan sikap tubuh yang benar. Misalnya pada posisi duduk, sikap yang harus dilakukan adalah punggung sedikit menyender pada kuris. Posisi duduknya harus tegap dan lurus serta letak bahu ke arah belakang. Paha juga harus menempel pada kursi dan bagian pinggang harus menyentuh sandaran belakang kursi. Ketika berdiri tubuh harus dalam posisi tegak. Sedangkan pada saat tidur, tubuh sebaiknya dalam posisi lurus dan telentang. Jangan membiasakan tidur dengan tengkurap karena hal tersebut dapat mengganggu rangka dan juga pernapasan.

2. Makan makanan bergizi

Makanan bergizi untuk menjaga rangka atau tulang yaitu makanan yang mengandung kalsium, vitamin D dan fosfor. Sehingga tulang yang hanya diberikan vitamin D saja tidak mampu menguatkan dan memelihara tulang. Makanan yang mengandung banyak kalsium terdapat pada susu, buah-buahan, dan ikan. Sedangkan yang mengandung fosfor terdapat pada jagung, dan kacang-kacangan. Makanan yang mengandung Vitamin D terdapat pada susu, ikan dan kuning telur.

3. Mengangkat beban semaksimalnya

Mengangkat beban berat adalah salah satu penyebab terjadinya kelainan pada tulang. Banyak orang yang memaksakan untuk mengangkat beban lebih berat dari kemampuannya. Hal tersebut dapat memicu tulang menjadi lelah, jika keadaan seperti itu terus berlanjut maka lama kelamaan tulang menjadi patah. Maka lebih baik mengangkat beban sesuai kemampuan. Kalau perlu angkatlah beban berat pada bahu kiri dan kalau sudah lelah pindah ke bahu kanan. Cara tersebut sangat efektif untuk meminimalisir kelelahan pada punggung.

4. Berolahraga secara rutin

Dengan berolahraga secara teratur mampu memperkuat tulang. Waktu yang sangat baik untuk berolahraga adalah pada pagi hari. Karena pagi hari terdapat sinar matahari yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Perlu kalian ketahui bahwa sinar matahari pagi dapat membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D.


Demikanlah artikel tentang macam-macam kelainan dan cara menjaga rangka manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system