Tuesday, September 6, 2016

[Artikel Lengkap] Macam-Macam Gaya Dalam Fisika

[Artikel Lengkap] Macam-Macam Gaya Dalam Fisika

Macam-macam gaya dalam fisika. Dalam dunia fisika, istilah “gaya” tidak asing lagi di telinga kita. Gaya didefinisikan sebagai tarikan atau dorongan yang diberikan pada sebuah benda. Sebenarnya gaya mempunyai besar dan arah, seperti gambar vektor di bawah ini. Dalam menggambarkan sebuah gaya dapat menggunakan sebuah baris yang berupa anak panah.
Gambar Diagram Gaya
Gambar Diagram Gaya
Dari gambar vektor diatas, dapat dikatakan bahwa titik O adalah titik pangkal gaya atau titik tangkap gaya. Sedangkan OA adalah panjang anak panah yang menggambarkan besar gaya, arah anak panah menunjukkan arah gaya tersebut. Dalam Sistem Satuan Internasional (SI), gaya dapat dinyatakan dengan satuan Newton yang di lambangkan dengan huruf N. alat yang dapat digunakan untuk mengukur gaya adalah neraca pegas atau dinamometer.

Macam-Macam Gaya

Berdasarkan ada atau tidaknya sentuhan dengan benda, gaya dapat dibedakan menjadi dua macam antara lain :

1. Gaya Sentuh

Gaya sentuh merupakan gaya yang mampu bekerja pada sebuah benda dengan melalui sentuhan pada benda tersebut. Gaya sentuh memiliki beberapa contoh, antara lain :
  • Gaya Otot, merupakan sebuah gaya yang mampu dilakukan oleh otot-otot manusia. Gaya otot ini sangat fleksibel karena dapat dikendalikan oleh koordinasi biologis manusia, sehingga gaya otot tidak hanya dapat mendorong saja melainkan dapat menarik sebuah benda. Contoh  gaya otot adalah menendang bola, kegiatan tarik tambang, dan sebagainya. 
  • Gaya Pegas, merupakan sebuah gaya yang dapat disebabkan dan ditimbulkan oleh pegas atau benda yang mempunyai sifat elastis. Contoh gaya pegas adalah ketika kita menarik busur anak panah, karet gelang yang ditarik, dan sebagainya.
  • Gaya Gesek, merupakan sebuah gaya yang dapat menimbulkan gesekkan ketika dua benda saling bersentuhan. Dalam gaya gesek terdapat adanya sebuah hambatan pada kedua benda tersebut. Contoh gaya gesek adalah ketika kita mengerem sepeda, mengasah pisau, mengamplas dinding, seseorang menghapus papan tulis, dan sebagainya.
2. Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh merupakan gaya yang mampu bekerja pada sebuah benda tanpa menyentuh sama sekali benda tersebut. Gaya tak sentuh memiliki beberapa contoh, antara lain :
  • Gaya Gravitasi, merupakan sebuah gaya yang dapat diakibatkan oleh adanya gaya tarik menarik bumi terhadap semua benda yang ada di permukaan bumi ini. Sehingga gaya gravitasi sering disebut dengan gaya tarik bumi. Kecepatan masing-masing benda yang jatuh ke bumi berbeda-beda. Banyak orang yang berkata bahwa kecepatan benda pada gaya gravitasi ini dipengaruhi berat benda. Sebenarnya gaya gravitasi ini dipengaruhi oleh gaya gesek karena mampu menahan gerak benda yang akan jatuh sehingga benda akan melambat. Dengan adanya gravitasi bumi dapat menyebabkan makhluk hidup tetap berdiri di atas permukaan bumi dan tidak melayang-layang di udara. Contoh gaya gravitasi adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonnya, benda yang dilempar keatas akan kembali dan jatuh ke tanah. 
  • Gaya Listrik, merupakan sebuah gaya yang ditimbulkan oleh sebuah benda yang bermuatan medan listrik. Contoh gaya listrik adalah ketika sisir atau penggaris plastik yang telah di gosokkan ke rambut kering, maka dapat menarik sobekan kertas-kertas kecil, kipas angin akan menyala ketika dihubungkan dengan sumber listrik, dan sebagainya. 
  • Gaya Magnet, merupakan sebuah gaya yang ditimbulkan oleh magnet. Benda yang terbuat dari bahan besi atau baja dapat ditarik oleh magnet sedangkan benda dari plastik dan kayu tidak dapat ditarik oleh magnet. Contoh gaya magnet adalah paku akan tertarik dan menempel pada batang magnet. Pasir akan menempel jika di dekatkan dengan magnet, dan sebagainya. 

Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Dengan adanya gaya pada sebuah benda maka dapat mengakibatkan benda tersebut mengalami perubahan. Jadi, gaya dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap benda. Nah, pengaruh gaya tersebut antara lain:
  • Gaya dapat mempengaruhi kecepatan gerak benda. Contohnya ketika motor bergerak lambat setelah di gas maka kecepatan motor tersebut bertambah.
  • Benda yang semula diam menjadi bergerak. Contohnya kursi yang semula diam ketika dipindah dan didorong akan bergerak. 
  • Benda yang semula bergerak menjadi diam. Contohnya ketika kita bersepeda benda tersebut akan bergerak dan setelah direm sepeda tersebut akan berhenti dan diam. 
  • Gaya dapat mempengaruhi arah gerak benda. Contohnya ketika kita melempar bola ke bawah atau lantai maka arah akan berubah setelah membentur lantai. 
  • Gaya dapat mempengaruhi  bentuk benda. Contohnya sebuah kaleng minum yang kosong, jika diinjak maka kaleng tersebut akan penyok sehingga bentuk benda akan berubah. 

Demikianlah artikel tentang macam-macam gaya dalam fisika. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat membaca…

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system