Thursday, September 1, 2016

Mengenal 4 Macam Fungsi Rangka Pada Manusia

Mengenal 4 Macam Fungsi Rangka Pada Manusia 

Mengenal macam-macam fungsi rangka pada manusia. Artikel yang lalu telah kita bahas tentang bagian-bagian rangka manusia. Pada kesempatan kali  ini akan membahas kelanjutan rangka yaitu fungsi serta cara merawatnya. Rangka merupakan tulang-tulang yang tersusun secara teratur. Tulang-tulang tersebut banyak mengandung kalsium (zat kapur), fosfat dan kolagen (zat perekat). Sehingga tulang memiliki sifat yang sangat keras dan kaku. Secara umum, rangka manusia terdiri dari tiga bagian yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan dan rangka anggota gerak. Masing-masing rangka pada manusia memiliki fungsi yang berbeda-beda tetapi tetap bersambungan karena sebuah rangka tidak dapat berdiri sendiri. Nah, dibawah ini akan di jelaskan tentang fungsi rangka manusia. Jadi, simaklah artikel ini hingga selesai.

Fungsi Rangka Manusia

Rangka manusia memiliki banyak fungsi yang berakitan erat dengan tubuh kita. fungsi-fungsi tersebut antara lain :

1. Memberi Bentuk Tubuh

Fungsi rangka yang pertama adalah memberi bentuk tubuh. Jika tubuh kita tidak memiliki rangka maka yang ada hanyalah tumpukan daging tanpa bentuk. Jadi, rangka akan membuat tubuh kita memiliki bentuk yang sangat sempurna dan juga indah. Dengan adanya rangka maka dapat digunakan untuk membedakan bentuk tubuh seseorang karena manusia memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Misalnya ada yang memiliki tubuh yang tinggi dan ada juga yang memiliki tubuh yang pendek. Ada yang memiliki jari-jari baik tangan maupun kaki yang panjang dan ada yang memiliki jari yang pendek. Pada tulang tengkorak akan membentuk wajah atau kepala seseorang. 

2. Menopang dan Menegakkan Badan

Fungsi rangka selanjutnya yaitu menopang dan menegakkan badan. Manusia memiliki tulang duduk dan tulang kaki yang sangat kuat. Tulang-tulang tersebut sangat berguna untuk menopang tubuh manusia sehingga aktivitas atau kegiatan manusia sehari-hari akan lebih mudah. Contohnya ketika kita duduk maka tubuh akan ditopang oleh tulang duduk sedangkan saat berdiri tubuh kita ditopang oleh tulang-tulang kaki. Rangka kaki dan telapak kaki pada manusia memiliki ukuran yang cukup panjang sehingga dapat digunakan untuk berdiri tegak, berjalan bahkan berlari dengan sangat cepat. 

3. Melindungi Alat Tubuh

Rangka manusia juga dapat berfungsi untuk melindungi alat tubuh yang penting. Karena tulang merupakan bagian tubuh yang sangat keras sehingga tulang mampu melindungi tubuh dari benda-benda keras. Ada beberapa bagian tubuh manusia yang memiliki kondisi yang cukup rapuh dan mudah terluka serta rusak jika bagian tubuh tersebut terkena langsung benda keras. Bagian-bagian tersebut antara lain :
  • Rangka kepala (tengkorak) mampu melindungi otak, mata, telinga, hidung dan saluran pernapasan bagian atas
  • Ruas tulang leher mampu melindungi tengkorak dan kerongkongan
  • Tulang pinggul mampu melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi bagian dalam
  • Rangka rongga dada mampu melindungi alat pernapasan yaitu paru-paru, jantung dan sebagian alat pencernaan makanan
  • Tulang belakang mampu menegakkan badan dan juga melindungi sumsum tulang belakang. Saraf-saraf yang terdapat pada sumsum tulang belakang dapat menghubungkan semua bagian tubuh dengan otak. Jadi, jika sumsum tulang belakang rusak maka dapat menimbulkan kelumpuhan. 
4. Tempat Melekatnya Otot (Daging)

Sebenarnya otot melekat pada rangka. Tanpa adanya rangka, otot tidak memiliki tempat untuk melekat. Sehingga dapat mengakibatkan seluruh anggota badan akan terasa kaku dan tidak bisa digerakkan. Umumnya, otot bekerja dengan cara relaksasi dan kontraksi. Antara rangka dan otot saling bekerjasama untuk melakukan sebuah gerakan. Tetapi tulang dan otot dalam melakukan kerjasama harus dengan bantuan sendi agar dapat menghasilkan gerakan yang baik. Sendi merupakan hubungan antara dua tulang yang dapat menghasilkan gerakan. Sendi yang terdapat di dalam tubuh manusia memiliki berbagai jenis. Jenis-jenis sendi tersebut antara lain :

1. Sendi Engsel

Sendi Engsel
Sendi Engsel
Sendi engsel memiliki fungsi seperti pintu yang dapat digerakkan hanya dengan satu arah. Letak sendi engsel pada manusia yaitu pada lengan maupun kaki. Sendi engsel lengan terletak di siku yang dapat menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang hasta (tulang pengumpil). Sedangkan sendi engsel kaki terletak di lutut yang dapat menghubungkan tulang paha dengan tulang betis dan kering. 



2. Sendi Pelana

Sendi Pelana
Sendi Pelana
Sendi pelana berbeda dengan sendi engsel. Kalau sendi engsel hanya satu arah sedangkan sendi pelana dapat digerakkan menuju dua arah baik ke samping maupun ke depan. Letak sendi pelana terdapat di antara tulang pangkal ibu jari tangan dan tulang pertama pergelangan tangan. 




3. Sendi Peluru

Sendi Peluru
Sendi Peluru
Sendi peluru yaitu sebuah sendi yang yang terbentuk antara tulang yang pada bagian ujungnya berbentuk bola dengan tulang yang berbentuk mangkok. Dari kondisi tersebut maka sendi peluru dapat digerakkan ke semua arah atau berputar. Sendi peluru terdapat di antara tulang lengan atas dengan gelang bahu, serta terdapat di  antara tulang paha dan tulang panggul. Jika kita ingin mengetahui letak dan arah pergerakan sendi peluru maka dengan cara menggerakkan lengan atas maupun daerah pangkal paha. 


4. Sendi Putar

Sendi Putar
Sendi Putar
Sendi putar terdapat pada pertemuan antara tulang yang mampu berputar mengelilingi tulang lain yang bertugas sebagai poros. Contohnya yaitu pada pertemuan antara tulang leher pertama dengan tulang leher kedua. Dari pertemuan kedua sendi tersebut maka kepala dapat bergerak berputar. Jika kita ingin mengetahui letak dan arah pergerakan sendi putar maka dengan cara memutar kepala kita sendiri. 



5. Sendi Geser

Sendi Geser
Sendi Geser
Pada sendi geser hanya mampu melakukan sedikit gerakan. Contohnya pada sendi pergelangan tangan. Pada bagian pergelangan tangan terdapat kurang lebih 20 sendi geser. 






Demikianlah artikel tentang fungsi rangka manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat membaca.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system