Wednesday, September 14, 2016

12 Jenis Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia

12 Jenis Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia


12 jenis gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sebenarnya Indonesia memiliki kurang lebih 127 gunung berapi. Gunung berapi merupakan gunung yang terbentuk akibat material hasil erupsi menumpuk di sekitar pusat erupsi. Indonesia memiliki banyak gunung berapi karena Indonesia adalah bagian dari cincin api pasifik. Gunung berapi yang terdapat di Indonesia dapat terbentuk akibat zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Umumnya gunung berapi di Indonesia yang masih aktif berada di wilayah yang memiliki penduduk kurang lebih 5 juta. Apabila gunung berapi meletus akan menyebabkan magma keluar dari dalam gunung yang berupa lahar atau lava. Selain lava gunung berapi juga dapat menyebabkan aliran lumpur, abu, awan panas, kebakaran hutan, gelombang tsunami dan sebagainya. Jadi penduduk yang tinggal di dekat gunung berapi harus selalu memperhatikan tanda-tanda alam serta peringatan yang diberikan oleh pemerintah. Nah, untuk lebih jelasnya tentang gunung berapi yang paling aktif simaklah artikel ini sampai selesai.

Jenis-Jenis Gunung Berapi

Berdasarkan aktivitasnya, gunung berapi dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu aktif, istirahat dan tidak aktif (mati). Sedangkan menurut bentuknya, gunung berapi dapat dibedakan menjadi empat yaitu kerucut (strato), perisai (tameng), cinder cone dan kaldera. Berikut adalah daftar nama gunung berapi, antara lain :

1. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung adalah gunung berapi yang terdapat di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Di dekat gunung SINABUNG terdapat gunung Sibayak yang keduanya termasuk gunung berapi aktif di Sumatera Utara dengan ketinggian gunung mencapai 2.451 meter dan sebagai puncak tertinggi di provinsi tersebut. Sejak tahun 1600, gunung ini tidak pernah tercatat meletus lagi tetapi pada tahun 2010 gunung ini mendadak aktif kembali dan meletus. Letusan terakhir gunung ini terjadi sejak September tahun 2013 hingga kini.

2. Gunung Merapi

Gunung Merapi memiliki ketinggian puncak sekitar 2.968 meter di atas permukaan laut pada tahun 2006. Letak gunung Merapi yaitu di bagian tengah Pulau Jawa dan termasuk salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Pada lereng gunung Merapi sebelah selatan terletak dalam administrasi wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan sisanya berada dalam Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Magelang di sebelah barat, Kabupaten Boyolali di sebelah utara dan timur serta Kabupaten Klaten di sebelah tenggara. Gunung Merapi merupakan gunung yang paling berbahaya sebab menurut catatan modern, gunung ini dapat mengalami letusan setiap dua hingga lima tahun sekali dan di sekitar gunung terdapat pemukiman penduduk yang sangat padat.

3. Gunung Lokon

Gunung Lokon terletak di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung Lokon memiliki ketinggian 1.580 mdpl dan memiliki puncak gunung yang berjarak sekitar 5.300 meter di sebelah barat laut kota Tomohon serta sekitar 6.700 meter di sebelah barat daya kota Kecamatan Pineleng. Terakhir meletus pada tahun 2001 dan beberapa lokasi di kota Manado yang memiliki jarak kurang lebih 25 km dari gunung tersebut di tutupi oleh hujan debu yang mengguyur kota tersebut karena tiupan angin.

4. Gunung Rinjani

Letak gunung Rinjani yaitu di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi ke dua yang ada di Indonesia dengan ketinggian puncak 3.726 mdpl. Gunung ini menjadi gunung terfavorit bagi para pendaki karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Gunung Rinjani memiliki luas kurang lebih 41.330 ha dan menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

5. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Letaknya kurang lebih 20 km ke arah utara kota Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian puncak sekitar 2.084 meter. Gunung tangkuban perahu ini di kelilingi oleh kebun teh serta pepohonan pinus.

6. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau berada di selat Sunda pulau Jawa serta Sumatra. Gunung Krakatau merupakan kepulauan vulkanik yang masih tetap aktif. Pada tahun 1883 mengalami letusan yang sangat dahsyat karena awan panas dan tsunami yang mengakibatkan  tewasnya kurang lebih 36.000 jiwa.

7. Gunung Gede

Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang berada di pulau Jawa, Indonesia. Lokasi gunung Gede terdapat di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Gunung Gede memiliki ketinggian sekitar 1.000-3.000 mdpl. Rata-rata suhu di puncak gunung Gede yaitu sekitar 180C dan pada malam hari suhu puncak sekitar 50C dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun.

8.Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang aktif di Jawa Timur. Puncak gunung Bromo sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut. Gunung Bromo memiliki bentuk yang bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir yang luasnya sekitar 10 kilometer persegi. Daerah berbahaya gunung ini berupa lingkaran yang jari-jarinya 4 km dari kawah Bromo. Gunung ini terkenal sebagai obyek wisata utama di Jawa Timur. Jadi orang yang mendatangi tempat ini dilarang melewati lingkaran tersebut karena berbahaya.

9. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang tergolong aktif di Indonesia. Letaknya yaitu di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar serta Kabupaten Malang. Gunung ini memiliki ketinggian puncak sekitar 1.731 mdpl. Sejak tahun 1000 M, gunung Kelud sudah meletus kurang lebih 30 kali dan letusan terakhir gunung ini terjadi pada tahun 2014.

10. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung memiliki ketinggian puncak sekitar 2.167 meter di atas permukaan laut. Letaknya kurang lebih 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Di areal gunung Galunggung yang luasnya kurang lebih 120 hektare dijadikan obyek wisata serta daya tarik winawisata. Disamping itu terdapat wisata lain seluas kurang lebih 3 hekatare dijadikan pemandian air panas yang memiliki banyak fasilitas seperti kolam renang.

11. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu yaitu gunung berapi yang bertipe Starto. Letak gunung Merbabu berada di lokasi Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng samping timur, Provinsi Jawa Tengah.

12. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi yang ada di Sumatra, Indonesia. Ketinggian puncak sekitar 3.805 mdpl dan sebagai puncak tertinggi di luar Papua. Letak gunung Kerinci yaitu di Provinsi Jambi, tepatnya di Pegunungan Bukit Barisan sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini memiliki kawah yang airnya berwarna hijau dengan luas 400x120 meter. Di sebelah timur terdapat danau Bento yang berbetuk rawa berair jernih serta di belakang terdapat gunung tujuh yang memiliki kawah sangat indah.


Demikianlah artikel tentang 12 jenis gunung berapi paling aktif di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system