Saturday, August 13, 2016

[Artikel Lengkap] Alat Peredaran Darah Pada Manusia

[Artikel Lengkap] Alat Peredaran Darah Pada Manusia



Alat peredaran darah pada manusia. Telah kita ketahui bahwa di dalam tubuh manusia terdapat darah. Darah yaitu cairan yang berwarna merah dan berasa asin yang terdapat di dalam tubuh. Bagaimana darah bisa berwarna merah? Nah, perlu diketahui bahwa darah mengandung haemoglobin sehingga darah memiliki warna merah. Darah dapat mengalir ke seluruh tubuh melalui alat peredaran darah. Alat peredaran darah manusia berupa jantung, darah dan pembuluh darah. Darah yang terdapat di dalam tubuh memiliki fungsi untuk membawa zat-zat penting seperti oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh. Untuk mengetahui lebih jelas tentang alat peredaran darah manusia, simaklah artikel ini dengan baik.


Alat Peredaran Darah

Sudah kita ketahui diatas, bahwa alat peredaran darah manusia terdiri dari jantung, darah dan pembuluh darah. Masing-masing bagian mempunyai tugas sendiri-sendiri.


1. Jantung

Gambar Jantung
Gambar Jantung
Jantung merupakan organ dalam tubuh yang paling penting atau paling vital. Letak jantung berada di dalam rongga dada sebelah kiri diatas diafragma. Jantung memiliki ukuran sebesar kepalan tangan pemiliknya. Dalam jantung terdapat empat ruang yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel). Jantung sendiri terdiri dari beberapa kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang dapat disebut dengan miokardia. Jantung mempunyai tiga katup yaitu :
  1. Katup Vena Semilunair yang terdapat di pangkal aorta (arteri besar). Fungsinya adalah untuk mencegah aliran balik dari aorta dan arteri pulmonalis kiri ke bilik selama diastole
  2. Katup Valvula Bikuspidalis yang terdapat diantara bilik (ventrikel) kiri dan serambi (atrium) kiri. Fungsinya adalah untuk mencegah aliran darah pada aorta dan arteri pulmonalis kembali menuju ventrikel selama diastole
  3. Katup Valvula Trikuspidalis yang terdapat diantara bilik (ventrikel) kanan dan serambi (atrium) kanan. 
Jantung mempunyai fungsi sebagai tempat untuk memompa darah dengan cara menguncup (berkontraksi) dan mengembang (berelaksasi). Dengan cara kerja yang seperti itu maka akan mengakibatkan terjadinya denyut jantung (denyut nadi). Kecepatan yang dimiliki denyut jantung (denyut nadi) itu tergantung dari kegiatan atau aktivitas yang telah kita lakukan. Pada umumnya, jika kita sedang beristirahat  maka jantung akan berdenyut kira-kira 60-80 kali setiap menit. Jadi, semakin aktif kita bergerak maka denyut jantung akan semakin cepat.

2. Darah

Darah adalah sebuah cairan yang berwarna merah dan mengalir di dalam tubuh manusia. Fungsi dari darah yaitu untuk membawa sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Darah juga dapat digunakan untuk membawa sisa-sisa dari metabolisme yang akan dibuang melalui sistem ekskresi. Darah terdiri dari :
  • Plasma, merupakan bagian darah yang berfungsi untuk membawa sari makanan langsung ke seluruh tubuh. Plasma ini terdiri dari 91,5% air. Plasma mengandung protein-protein yang berupa albumin yang berfungsi untuk menjaga tekanan osmotik darah, globulin yang berfungsi untuk membentuk antibodi serta fibrinogen yang berfungsi untuk pembekuan darah. 
  • Sel-sel Darah, terdiri atas :
  1. Entrosit (sel darah merah), berfungsi untuk membawa sari-sari makanan dan oksigen karena sel darah merah mengandung haemoglobin. Entrosit memiliki bentuk tidak berinti dan terbentuk di sumsum tulang pipa dan tulang pipih
  2. Leukosit (sel darah putih), berfungsi sebagai antibodi atau sistem pertahanan dan kekebalan tubuh. Leukosit terbentuk di sumsum tulang dan juga kelenjar limfa
  3. Trombosit (keping darah), berfungsi untuk membekukan darah yang telah keluar dari tubuh kita karena luka. Trombosit terbentuk dibagian sumsum tulang belakang dan dapat bertahan hidup selama kurang lebih 8 hari. Bentuk trombosit yaitu tidak berinti dan bulat atau lonjong.

3. Pembuluh Darah
Proses Pembuluh Darah Mengalirkan Ke Seluruh Tubuh
Proses Pembuluh Darah Mengalirkan Ke Seluruh Tubuh
Pembuluh darah merupakan sebuah saluran sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya dari seluruh tubuh menuju ke jantung. Pada dasarnya, pembuluh darah terdiri dari pembuluh darah nadi, vena dan kapiler.
  • Arteri (pembuluh nadi), merupakan pembuluh darah yang memiliki dinding tebal yang berfungsi untuk membawa darah beroksigen dari jantung menuju ke seluruh tubuh. 
  • Arteriole, merupakan pembuluh darah kecil yang berfungsi untuk menghubungkan langsung antara kapiler dengan arteri
  • Kapiler, merupakan sebuah cabang yang terkecil dari arteri dan vena. Kapiler memiliki diameter 5-10 mikrometer. Di dalam kapiler akan terjadi pertukaran antara air, oksigen, karbon dioksida, nutrient dan limbah. Kapiler berfungsi untuk membawa darah ke dalam vena
  • Venule, merupakan pembuluh darah kecil yang berfungsi untuk menghubungkan langsung antara kapiler dengan vena
  • Vena (pembuluh balik), merupakan pembuluh darah kecil yang bertugas untuk membawa darah terdeoksigenasi ke jantung dari jaringan. 

Antara Arteri (pembuluh nadi) dan Vena (pembuluh balik) terdapat beberapa perbedaan-perbedaan pokok. Dibawah ini merupakan perbedaan antara arteri dan vena.
Perbedaan Arteri dan Vena
Perbedaan Arteri dan Vena

Macam-macam Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah manusia dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

1. Peredaran Darah Besar


Peredaran darah besar sering disebut dengan peredaran darah sistematik. Peredaran darah besar merupakan sebuah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya akan oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung kemudian disebarkan ke seluruh jaringan tubuh. Dibawah ini adalah skema peredaran darah besar.

Skema Peredaran Darah Besar

2. Peredaran Darah Kecil


Peredaran darah kecil sering disebut dengan peredaran darah pulmonalis. Darah yang kaya akan karbon dioksida yang berasal dari bilik kanan akan dialirkan menuju ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Sedangkan pada alveolus paru-paru darah tersebut akan bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang kemudian akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis. Dibawah ini adalah skema peredaran darah kecil.

Skema Peredaran Darah Kecil


Demikianlah artikel tentang alat peredaran darah pada manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system