Friday, August 5, 2016

[Artikel Lengkap] Macam – Macam Alat Pernapasan Pada Hewan

[Artikel Lengkap] Macam – Macam Alat Pernapasan Pada Hewan

Macam-macam alat pernapasan pada hewan. Bernapas merupakan kegiatan makhluk hidup untuk menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2). Semua makhluk hidup yang ada di bumi ini pasti mempunyai alat pernapasan. Karena dengan alat pernapasan makhluk hidup dapat bertahan hidup. Alat pernapasan yang dimiliki setiap makhluk hidup berbeda-beda sesuai dengan tempat hidupnya. Misalnya ikan memiliki alat pernapasan khusus yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang alat pernapasan pada hewan. Simak artikel ini sampai selesai agar lebih paham dan jelas.

Alat Pernapasan Pada Hewan

Hewan juga bernapas layaknya manusia. Karena tujuan bernapas yaitu untuk bertahan hidup, sedangkan hewan yang tidak bisa bernapas akan mati. Nah, berikut ini ada beberapa macam-macam alat pernapasan pada hewan, diantaranya:

1. Pada Burung
Gambar Burung
Gambar Burung
Burung bernapas dengan menggunakan paru-paru. Burung juga memiliki alat pernapasan berupa pundi-pundi (kantong) udara yang berdinding tipis. Pundi-pundi tersebut dapat digunakan untuk menyimpan udara ketika terbang. Sebenarnya pundi-pundi udara  terhubung dengan paru-paru sehingga ketika pundi-pundi udara menggelembung maka burung memiiki tubuh yang sangat ringan.
Pada saat burung terbang, dia tidak menghirup udara lewat hidung tetapi pernapasannya berasal dari udara yang telah disimpan di pundi-pundi udara. Kemudian ketika burung melebarkan sayapnya, burung tersebut mengisi kembali pundi-pundi udaranya dengan hidung. 

2. Pada Ikan

Gambar Ikan
Gambar Ikan
Ikan bernapas dengan menggunakan insang. Letak insang yaitu disebelah kanan dan kiri kepala. Insang memiliki empat pasang. Insang juga terdiri dari lembar-lembar insang dan lengkungan. Lembaran insang berwarna merah sebab mengandung pembuluh darah dan juga sebagai tempat pertukaran udara, sedangkan lengkung insang berwarna putih yang memiliki fungsi sebagai tempat melekatnya lembaran insang. 
Ada beberapa ikan yang dapat hidup di dalam lumpur, padahal daerah yang berlumpur memiliki air yang sangat kurang. Tetapi jenis ikan yang hidup di lumpur memiliki lipatan-lipatan insang yang disebut dengan labirin. Labirin digunakan untuk menyimpan udara (oksigen). Contoh ikan yang hidup di lumpur yaitu lele dan gabus.

3. Pada Reptil

Contoh hewan reptil yaitu ular, kadal, buaya dan cicak. Reptil bernapas dengan menggunakan paru-paru. Proses pernapasan pada reptil adalah udara (oksigen) masuk melalui hidung lalu masuk ke batang tenggorokan dan terakhir ke paru-paru. Pada hewan reptil, paru-paru berada di dalam rongga dada yang di lindungi oleh tulang rusuk. Reptil memiliki paru-paru yang sederhana hanya beberapa lipatan dinding yang memiliki fungsi sebagai pembesar permukaan pertukaran gas. Pada reptil jenis kadal, kura-kura dan buaya paru-parunya lebih kompleks hanya dengan beberapa belahan yang membuat paru-paru memiliki tekstur layaknya spon. Tetapi khusus reptil buaya, lubang hidung dapat ditutup ketika menyelam agar air tidak bisa masuk ke paru-paru. 

4. Pada Cacing
Gambar Cacing
Gambar Cacing
Cacing bernapas dengan menggunakan permukaan tubuhnya. Cacing memiliki kulit yang sangat tipis. Cacing juga memiliki tempat yang lembab sehingga kulit cacing terjaga kelembapannya. Dengan kulit yang lembab maka kulit cacing akan selalu basah dan berlendir. Hal tersebut justru akan memudahkan cacing dalam menyerap udara (oksigen). Oksigen dapat diikat oleh pembuluh darah yang terdapat di permukaan kulit tipisnya karena mengandung hemoglobin yang selanjutnya akan disebarkan ke seluruh tubuh. 


5. Pada Serangga
Gambar Serangga
Gambar Serangga

Contoh hewan yang termasuk serangga adalah belalang, rayap, kupu-kupu dan lalat. Serangga bernapas dengan menggunakan trakea. Trakea merupakan pembuluh-pembuluh halus yang bercabang dan memenuhi seluruh bagian tubuh serangga kemudian bermuara pada stigma. Stigma merupakan lubang yang terletak disisi tubuh bagian kanan dan kiri. Fungsi stigma yaitu sebagai jalan keluar masuknya udara. Pada serangga, oksigen tidak disebarkan melalui darah tetapi melalui sistem trakea.

6. Pada Mamalia

Gambar Mamalia
Gambar Mamalia

Hewan mamalia merupakan hewan yang menyusui anaknya. Hewan jenis ini ada yang hidup di darat dan ada juga yang hidup di air. Mamalia bernapas dengan menggunakan paru-paru. Contoh mamalia yang hidup di air adalah paus dan lumba-lumba, sedangkan yang hidup di darat adalah kambing, sapi dan kerbau. Pada paus dan lumba-lumba, dia mengeluarkan kepalanya ke permukaan air yang bertujuan untuk menghirup udara (oksigen) dan mengeluarkan karbon dioksida serta uap air. 



7. Pada Katak (Amfibi)

Gambar Katak
Gambar Katak

Hewan katak (amfibi) merupakan hewan yang dapat hidup di darat dan di air. Proses pertumbuhan katak adalah dimuali dari telur, berudu (cerobong), katak muda dan katak dewasa. Jika masih berudu, mereka bernapas dengan insang. Tetapi setelah dewasa, mereka bernapas dengan paru-paru dan kulit. Insang pada berudu terletak diluar tubuhnya yang terdiri dari lembaran-lembaran kulit luar yang halus dan mengandung kapiler darah. 




8. Pada Kalajengking dan Laba-laba

Kalajengking dan laba-laba dapat hidup di 2 alam yaitu di darat dan di air. Kalajengking dan laba-laba yang hidup di darat bernapas dengan paru-paru buku, sedangkan yang hidup di air bernapas dengan insang buku. Paru-paru buku terdiri dari gulungan yang berasal dari invaginasi perut. Pada setiap paru-paru buku terdapat lembaran-lembaran tipis (lamella) yang tersusun berjajar. Paru-paru buku mempunyai spirakel yang digunakan sebagai tempat masuknya oksigen dari luar tubuh. 

Nah, selesai sudah artikel tentang alat-alat pernapasan pada hewan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. 

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system