Tuesday, August 9, 2016

11 Jenis Penyakit Pada Alat Pencernaan Manusia

11 Jenis Penyakit Pada Alat Pencernaan Manusia


Penyakit pada alat pencernaan manusia. Sudah kita ketahui bahwa alat pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Dari semua alat pencernaan manusia tersebut setiap bagian  memiliki tugas sendiri-sendiri dalam memproses makanan. Tetapi intinya semua alat pencernaan berfungsi sebagai tempat untuk mencerna seluruh makanan yang telah masuk ke dalam tubuh manusia. Alat pencernaan sangat penting bagi tubuh manusia, sebab jika ada salah satu alat pencernaan yang tidak dapat berfungsi dengan baik maka secara otomatis kesehatan tubuh kita akan terganggu. Banyak sekali jenis penyakit yang ada pada alat pencernaan dari yang ringan hingga berat. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha menjaga alat pencernaan kita agar tidak terkena penyakit dan kesehatan kita tetap sehat. Berikut akan di bahas tentang penyakit yang menyerang alat pencernaan, jadi simaklah artikel ini hingga selesai.

Penyakit Pada Alat Pencernaan Manusia

Umumnya, penyakit pada alat pencernaan manusia disebabkan oleh kebiasaan kita dalam mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau bisa jadi terlalu banyak makan makanan yang berinstan. Dari kegiatan tersebut dapat menimbulkan masuknya kuman ke dalam tubuh kita seperti bakteri dan virus. Di bawah ini ada beberapa penyakit pada alat pencernaan, antara lain :

1. Sakit Gigi

Umumnya, sakit gigi disebabkan oleh adanya lubang pada gigi akibat infeksi bakteri. Gejala sakit gigi yaitu rasa nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala dan demam. Biasanya rasa ngilu akan muncul dan hilang secara tiba-tiba dan terjadi ketika kita sedang makan dan minum. Seorang penderita sakit gigi biasanya menganggap remeh padahal sakit gigi jika dibiarkan akan mengganggu organ yang lainnya seperti jantung, mata dan ginjal. Jadi, jika anda sedang sakit gigi segeralah mencabutkan gigi anda agar tidak merembet ke gigi yang lainnya.

2. Maag (Radang Lambung)

Maag merupakan sebuah gejala penyakit yang menyerang lambung di karenakan luka atau peradangan pada lambug. Gejala maag biasanya lambung akan terasa perih dan mual. Penyakit maag terjadi karena kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita sudah dalam keadaan lapar dan tidak segera makan akan menyebabkan lambung kita kosong. Dari hal tersebut dapat mengakibatkan asam lambung menjadi naik sehingga dapat melukai lambung saat kita mencerna makanan.

3. Diare

Diare merupakan suatu kondisi dimana terlalu sering buang air besar (BAB) dibanding dengan biasanya. Diare dapat disebabkan oleh virus, bakteri, alergi, dan kurang gizi. Pengobatan diare dapat dilakukan dengan pemberian obat seperti norit atau karbotablet yang bahannya mengandung karbon. Diare yang terus menerus dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas karena cairan yang ada di dalam tubuh berkurang. Tetapi ada satu cara yang paling tepat untuk mengembalikan cairan tubuh kita yaitu dengan memberikan larutan oralit.

4. Sariawan

Sariawan merupakan suatu penyakit pada selaput lendir mulut yang berupa luka pada mulut dan berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan cekung. Penyebab sariawan adalah panas dalam atau luka pada rongga mulut dan lidah serta kekurangan vitamin C. Penderita sariawan akan merasakan perih yang luar biasa ketika makan sehingga penderita akan malas makan dan lama kelamaan kondisi tubuh akan menurun.

5. Hepatitis

Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat infeksi virus pada hati. Hepatitis dapat dibagi menjadi dua yaitu hepatitis akut yaitu hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan dan hepatitis kronis yaitu hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan.

6. Disentri

Disentri merupakan sebuah penyakit yang menyerang usus dan disebabkan oleh bakteri. Gejala awal disentri adalah demam, muntah-muntah dan diare terus menerus. Terdapat dua macam disentri yaitu disentri basiler yang disebabkan oleh bakteri dari keluarga shigella dan disentri amebik yang disebabkan oleh keluarga amoeba. Biasanya disentri basiler lebih ringan disbanding dengan disentri amoeba. Cara pencegahan disentri yaitu dengan menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan makan.

7. Radang Usus Buntu (Appendictis)

Radang usus buntu merupakan suatu penyakit yang menyerang usus buntu. Gejalanya adalah sakit pada perut sebelah kanan bawah. Radang usus buntu dapat terjadi jika lubang antara usus buntu dan usus besar naik tersumbat kemudian tertutup. Jika usus buntu sudah tertutup maka bakteri dalam usus buntu akan membuat dinding usus buntu terinfeksi. Cara pengobatannya yaitu dengan melakukan operasi.

8. Wasir (Ambeyen)

Wasir (ambeyen) merupakan sebuah gangguan pembengkakan pada pembuluh vena disekitar anus. Umumnya wasir tergolong penyakit yang ringan tanpa menimbulkan gejala. Penderita yang sering mengalami wasir adalah ibu-ibu hamil dan orang yang sering duduk dalam beraktivitas.

9. Cacingan

Penderita cacingan biasanya kurang menjaga kebersihan sehingga dapat menyebabkan telur-telur cacing dapat masuk ke dalam mulut dan lama kelamaan akan hidup di dalam usus manusia. Orang yang sering terkena cacingan adalah anak-anak karena mereka tidak bisa menjaga kebersihan saat bermain di luar rumah.

10. Malnutrisi (Kurang Gizi)

Malnutrisi merupakan penyakit yang di sebabkan terganggunya pembentukan pada enzim pencernaan. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh sel-sel pankreas atropi yang mengalami banyak kehilangan reticulum endoplasma. Contohnya adalah penyakit kwashiorkor yaitu suatu penyakit akibat kekurangan protein. Penyakit jenis ini sering menyerang anak-anak.

11. Sembelit 

Sembelit merupakan suatu gejala yang ditandai dengan sulitnya buang air besar (BAB). Sembelit dapat di sebabkan karena makanan yang kita makan kurang berserat sehingga dapat menganggu proses pencernaan dalam tubuh. Serat pada makanan sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu penyerapan air dalam usus besar.

Cara Merawat Alat Pencernaan Manusia


Begitu banyak jenis penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia. Oleh karena itu, kita harus merawat alat pencernaan kita agar terhindar dari berbagai penyakit. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk merawat alat pencernaan manusia, antara lain :
  • Menjaga kebersihan peralatan makan dan juga bahan makanan
  • Selalu makan makanan yang bergizi dan seimbang
  • Makan secara teratur
  • Minum air putih yang cukup
  • Selalu menggosok gigi secara teratur agar kebersihan gigi dan mulut selalu terjaga
  • Biasakan mencuci tangan sebelum makan
  • Biasakan menguyah makanan sampai halus dan lembut agar mudah dicerna oleh lambung
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Demikianlah artikel tentang penyakit pada alat pencernaan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Ad Inside Post

Comments system